KEMENKO PMK -- Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Warsito menegaskan pentingnya Indeks Pemerataan Mutu dan Akses Pendidikan (IPMAP). Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi membahas Pengembangan Indeks Pemerataan Mutu dan Akses Pendidikan (IPMAP), di Jakarta, pada Senin (19/8/2024).
"IPMAP sebagai alat yang esensial dalam memantau, mengawasi, dan mengendalikan keberhasilan program-program pendidikan yang selama ini masih memerlukan pengukuran yang komprehensif dan terintegrasi," ujar Warsito.
Deputi Warsito menyoroti bahwa banyak program pendidikan di Kemendikbudristek yang memerlukan pemantauan berkelanjutan, yang tidak mungkin dilakukan secara efektif tanpa adanya alat ukur seperti IPMAP.
"IPMAP diharapkan mampu mengidentifikasi ketimpangan-ketimpangan dalam berbagai komponen pendidikan, termasuk jumlah guru, siswa, dan rombongan belajar, serta kualitas tenaga pendidik yang terlihat dari komposisi guru bergelar S1 dan guru bersertifikasi," jelasnya.
Selain itu, menurut Warsito, IPMAP juga dapat membantu dalam menilai Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Murni (APM), dan Angka Partisipasi Sekolah (APS), yang mana sangat krusial dalam memahami dinamika akses pendidikan, khususnya di sekolah-sekolah swasta yang selama ini kurang mendapat perhatian dari segi anggaran dan pelatihan guru.
Dengan IPMAP, pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota dapat melakukan intervensi cepat di daerah-daerah yang mengalami krisis mutu dan akses pendidikan. Masukan terkait IPMAP ini akan menjadi dasar untuk mengklasifikasikan daerah-daerah berdasarkan mutu dan akses pendidikan, sehingga pemerintah dapat menentukan daerah mana yang memerlukan perhatian khusus, serta daerah mana yang dapat dijadikan sebagai model dengan mutu dan akses pendidikan yang baik.
Rapat yang dipimpin oleh Jazziray Hartoyo, Asdep PAUD, Dasar, dan Menengah ini merupakan rapat pertemuan awal untuk mendapatkan saran terkait IPMAP. Rapat dihadiri oleh Sesditjen Guru dan Tenaga Kependidikan; Perwakilan Sesditjen PAUD Dikdasmen; Perwakilan dari berbagai Direktorat Guru PAUD dan Dikmas, Guru SD, Guru Dikmen dan Diksus, dan PPG, Ditjen GTK; Perwakilan dari berbagai Direktorat SD, SMP, SMA, dan PMPK, Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek; Stastisi Ahli Madya, Badan Pusat Statitistik (BPS); Perwakilan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN); Perwakilan Direktorat Pendidikan dan Agama, Bappenas, dan Perwakilan dari Direktorat SUPD IV Kemendagri