TIM RB Kemenko PMK Bahas Tindak Lanjut Exit Meeting Evaluasi RB dan SAKIP 

Jakarta (21/01) -  Staf Ahli Menko PMK Bidang Transformasi Birokrasi yang juga merupakan Ketua Tim Reformasi Birokrasi Kemenko PMK Didik Suhardi memimpin rapat Tindak Lanjut Exit Meeting Evaluasi RB dan SAKIP yang telah dilakukan oleh KemenPAN RB beberapa waktu lalu. 

Dalam rapat tersebut, Tim RB Kemenko PMK yang berasal dari seluruh unit kerja di Kemenko PMK membahas tindak lanjut dari evaluasi KemenPAN RB. 

"Penting bagi Kemenko PMK untuk melengkapi dokumen pendukung agar peningkatan reformasi birokrasi Kemenko PMK terlihat nyata," ujar Didik dalam rapat koordinasi yang dihadiri secara luring dan daring oleh pejabat Eselon 2, dan para pejabat fungsional tertentu di lingkup Kemenko PMK, pada Kamis (21/1).

Seperti diketahui, ada 8 area dalam reformasi birokrasi Kemenko PMK, yaitu: Area Manajemen Perubahan, Area Deregulasi Kebijakan, Area Penataan dan Penguatan Organisasi, Area Penataan Tata Laksana, Area Penataan Sistem Manajemen SDM, Area Penguatan Pengawasan, Area Akuntabilitas Kinerja, dan Area Kualitas Pelayanan Publik. 

Didik menerangkan, berdasarkan Bab II PermenPANRB No. 26 Tahun 2020, ada 3 aspek komponen pengungkit yang menjadi penilaian RB, yaitu aspek pemenuhan, hasil antara area perubahan; dan aspek reform. Hal Ini yang membedakan penilaian tahun ini dengan penilaian pelaksanaan RB pada tahun-tahun sebelumnya.

"Penilaian evaluasi juga akan dilakukan sampai ke level unit kerja. Nantinya hasil tindak lanjut dari rapat ini akan disampaikan ke KemenPAN RB," pungkas Staf Ahli Didik Suhardi. (*)

Reporter: