Pemerintah Segera Kaji Pertandingan Sepak Bola Dengan Penonton

Malang (11/4) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkesempatan menyaksikan pertandingan Perempat Final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta versus Barito Putera di Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu malam (10/4). Pertandingan dengan tribun penonton kosong itu berakhir 1-0 untuk kemenangan Persija. 

 

Muhadjir mengapresiasi pelaksanaan Piala Menpora 2021. Menurut dia, terlaksananya Piala Menpora bisa menjadi motivasi untuk menghidupkan kembali persepakbolaan nasional yang mengalami hibernasi selama masa pandemi.

 

"Dalam hal ini karena (Piala Menpora 2021) untuk memberikan motivasi agar persepakbolaan nasional kita segera bergeliat. Karena sudah lama mengalami hibernasi," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Menko PMK mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah berupaya menemukan bentuk aktivitas persepakbolaan nasional yang ideal di tengah pandemi yang abnormal ini.

 

Termasuk mengkaji kemungkinan memulai pertandingan dengan menghadirkan penonton.

 

"Jadi sekarang ini memang masih mencari bentuk, termasuk kita jajaki kemungkinan mulai ada penonton. Dalam waktu dekat nanti akan kita evaluasi pelaksanaan ini," ungkapnya.

 

"Karena bagaimanapun pertandingan sepak bola tiada penonton seperti makanan gak ada garamnya," imbuh dia.

 

Menko PMK menjelaskan, isu olahraga merupakan salah satu yang menjadi fokus perhatian pemerintah. Dia mengatakan, pemerintah juga saat ini memantau pelaksanaan pertandingan olahraga dan menyiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021. 

 

"Saya selaku Menko PMK yang salah satu tugasnya mengkoordinasi bidang olahraga. Tentu saja saya ikut bertanggung jawab terus mendorong dan memantau termasuk menyiapkan PON Papua," jelasnya.

 

*Sorot Pencarian Talenta Muda Sepak Bola

 

Menko PMK mengatakan, kegiatan Piala Menpora 2021 yang digelar di beberapa tempat telah berjalan dengan baik, termasuk penerapan protokol kesehatannya. Karena itu, dia mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Piala Menpora akan menjadi dasar pertimbangan untuk pelaksanaan event olahraga di masa pandemi.

 

"Secara umum sangat bagus, event (Piala Menpora 2021) yang digelar di beberapa tempat dan kita memang pantau, kemudian ini bisa menjadi dasar untuk pertimbangan melaksanakan event selanjutnya," kata Muhadjir Effendy.

 

Lebih lanjut, Menko PMK menyadari bahwa kompetisi dalam dunia olahraga khususnya sepak bola sangat penting untuk ajang mencari talenta-talenta muda berbakat.

 

"Karena yang namanya olahraga khususnya sepak bola itu tanpa didukung frekuensi pertandingan yang cukup banyak itu tidak mungkin kita bisa melakukan talent scouting. Melacak pemain berbakat," ujarnya.

 

Muhadjir mengatakan, olahraga sepak bola sangat menjadi perhatian masyarakat. Bahkan, ungkapnya, Presiden RI Joko Widodo juga menaruh perhatian pada sepak bola dan pencarian bakat talenta muda. 

 

"Pak Presiden juga sangat perhatian karena kemarin juga baru saja ada rapat kabinet terbatas untuk membahas pencarian bakat, dan kita punya program cara merekrut talenta muda olahraga dan lebih spesifik sepak bola," tuturnya.

 

Karenanya, dia meminta pemerintah daerah juga menaruh perhatian khusus dalam olahraga sepak bola serta pencarian dan pembinaan talenta muda berbakat. 

 

"Bagaimanapun sepakbola merupakan salah satu cabang yang sangat mendapatkan perhatian masyarakat. Terutama pemerintah daerah itu harus menaruh perhatian betul pada sepak bola," katanya.

 

Selain itu juga, Muhadjir telah meminta kepada Mendikbud Nadiem Makarim untuk memulai kembali pelaksanaan Piala Siswa yakni pertandingan sepak bola tingkat SMP dimulai kembali seiring dengan mulai diberlakukan sekolah tatap muka. Hal itu dilakukan untuk mendorong pencarian talenta muda berbakat.

 

"Kemudian juga saya mendorong Mas Mendikbud untuk bisa segera melaksanakan Piala Siswa. Dan ini merupakan talent scouting untuk mencari talenta sepak bola nasional," pungkasnya.

Kontributor Foto:
Reporter: