Oleh humasnew on April 06, 2018

Siaran Pers Nomor: 77/Humas PMK/IV/2018
Menko PMK Dorong Buruh Bersinergi dengan Pemerintah
Jakarta (05/04) -- Kita patut memberikan apresiasi terhadap peran dari Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) sebagai salah satu organisasi buruh yang dideklarasikan pada 25 April 1992 lalu karena organisasi ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan buruh. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Kongres VI SBSI yang dilaksanakan di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis malam (5/4).
“Melalui organisasi buruh ini, para buruh dapat memperjuangkan kepentingannya secara gotong royong,” tambah Menko PMK.
Menurut Menko PMK, pemerintah dan buruh harus bersinergi sebab banyak persoalan yang harus dibenahi bersama antara pemerintah dan buruh. Hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan buruh dan peningkatan kualitas sumber daya manusia buruh harus dilakukan secara terintegrasi, bersinergi, dan terkoordinasi.
Menko PMK juga mengatakan bahwa saat ini diantara buruh masih terdapat kesenjangan pengetahuan, keterampilan, risiko sosial dan lain sebagainya. Untuk itu, kebersamaan dengan semangat gotong royong sangat diperlukan untuk mengatasi kesenjangan tersebut.
“Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pemerintah saat ini memberikan prioritas dalam membangun tenaga kerja Indonesia yang profesional,” terang Menko PMK.
Ditambahkannya,  Pemerintah terus berupaya mengurangi gap antara kebutuhan industri dan kesediaan tenaga kerjanya. Pemerintah dan dunia industri sedang bersinergi dalam menyusun kurikulum, program pelatihan dan sertifikasinya.
“Saya menyadari peran buruh sangat penting dalam ikut menggerakkan industri dan roda perekonomian nasional. Untuk itu buruh dituntut dapat terus meningkatkan kapabilitasnya dalam menghadapi kemajuan industri,” kata Menko PMK.
Dengan buruh Indonesia yang berkemajuan, menurut Menko PMK, akan memperkuat Indonesia sebagai negara yang berdikari.
Turut hadir dalam pembukaan Kongres VI SBSI, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto; Ketua Umum SBSI Mukhtar Pakpahan; dan Cagub Jawa Barat Tb. Hasanudin.
*********************
Bagian Humas dan Perpustakaan,
Biro Hukum, Informasi dan Persidangan,
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaanroinfohumas@kemenkopmk.go.idwww.kemenkopmk.go.id
Fb: KemenkopmkRI
Twitter@kemenkopmk