Menko PMK Muhadjir Effendy: PON 2020 Akan Berdampak Positif Untuk Papua

Merauke (23/1) -- Pasca peninjauan lokasi arena olahraga dan sarana prasarana tempat tinggal atlet untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2020 di Merauke, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy bersama Bupati Merauke Frederikus Gebze serta perwakilan kementerian dan lembaga menggelar rapat koordinasi dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan PON 2020. 

Diketahui sebelumnya Menko Muhadjir meninjau beberapa lokasi yaitu rumah susun (rusun) PUPR BPJN XXII Rimba Jaya Merauke, Arena balap motor di Tanah Tinggi, Stadion Sepak Bola Puteri Kaltapal di Tanah datar, dan rusun Pemkab Merauke (Universitas Musamus). 

Muhadjir memuji perkembangan kesiapan sarana prasarana pendukung dan arena olahraga. Menurutnya, persiapan saat ini sudah sangat baik dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditargetkan. 

Bupati Merauke Frederikus Gebze juga telah mencanangkan target selesai seluruh persiapam sarana prasarana dan arena olahraga pada akhir Juli 2020. "Tanggal 30 juli sudah harus clean and clear," tegas Gebze saat melakukan tinjauan di Merauke, Kamis (23/1).

Dalam rapat koordinasi, Menko Muhadjir menyampaikan PON ke-XX bisa memiliki dampak yang sangat baik untuk Papua. Menurutnya PON menjadi misi besar yang diusung oleh pemerintah baik pusat ataupun daerah untuk membangun citra positif Papua serta mampu mengangkat martabat masyarakat Papua.

"Bukan hanya di level nasional tapi juga di level Internasional. Citra positif yang akan kita angkat di level Internasional juga memperkokoh posisi provinisi Papua khususnya Papua Barat sebagai bagian yang tak terpisahkan dari NKRI," kata Muhadjir dalam rakor.

Kemudian menurut Muhadjir ajang PON juga tepat untuk mencari atlet-atlet yang memiliki talenta tinggi di seluruh Indonesia khususnya yang ada di Papua. Selain itu ajang PON juga bisa berdampak baik bagi sektor ekonomi masyarakat Papua. Muhadjir juga berharap agar dampak PON juga bisa membuat sektor ekonomi Papua bisa merambah ke negara tetangga seperti munculnya wisata olahraga di Papua.

"Sehingga ini bisa menimbulkan erek yang baik Saya harapkan nanti tujuannya bukan hanya di level nasional. Syukur-syukur kita bisa merambah ke negara tetangga kita," jelas Muhadjir.

Meskipun persiapan saat ini sudah sangat baik, tetapi Muhadjir berpesan agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar terus menjaga kerja sama dan koordinasi agar persiapan hingga hari penyelenggaraan bisa berjalan maksimal. 

Namun bukan hanya sampai hari penyelenggaraan, Muhadjir meminta agar semua pihak bisa menjaga fasilitas-fasilitas PON yang dibangun untuk bisa bermanfaat hingga jangka panjang. Bukan hanya sesaat saja.

"Terutama untuk pemda untuk betul-betul menghitung fasilitas kita angan sampai terbengkalai," pungkasnya.

Kontributor Foto:
Editor :
Reporter: