Oleh humasnew on January 10, 2018

Jakarta (10/01)--- Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, hari ini memimpin Rapat Koordinasi mengenai pengelolaan manajemen Guru dan mekanisme penyaluran Bantuan Operasional sekolah (BOS) di ruang rapat lt. 3 gedung Kemenko PMK dan dihadiri oleh perwakilan dari kementerian dan lembaga terkait seperti kemdikbud, kemenag kemdagri, kemenkeu, dan BPKP.Dalam pengantar rapat, Agus mengatakan bahwa rakor kali ini menindaklanjuti surat dari Sekretariat Wakil Presiden, Nomor: B-1868/ka.setwapres/SM.01.00/12/2017, hal: perubahan wewenang urusan pendidikan menengah kepada pemerintah provinsi dan terkait tindak lanjut Rakor pada tanggal 10 November 2017 lalu, tentang Manajemen Guru. “Kita akan membahas dua hal pada rapat hari ini yaitu mengenai pengelolaan manajemen guru, dan mekanisme penyaluran bos”, tutur Agus.

Menurut Agus,  untuk pemenuhan kebuhtuhan Guru, ia meminta agar Kementerian terkait dapat mengkaji seberapa banyak kebutuhan guru yang diperlukan; melakukan data ril banyaknya guru yang betul-betul mengajar di sekolah; dan yang terakhir membuat cluster prosentase untuk tingkat SD, SMP, dan SMA di daerah-daerah yang mendesak untuk dipenuhi kebutuhan gurunya.

Sementara itu, Juknis penyaluran BOS mengacu pada juknis. Agus mengatakan jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki agar segera diperbaiki sehingga tidak menghambat penyaluran BOS. Ia juga meminta agar hal ini dapat segera ditindaklanjuti dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Categories: