Perlindungan Sosial dan Kemiskinan

Oleh humas on May 17, 2018

Jakarta (17/05) – Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, T. B Choesni, hari ini bertemu dengan Advisor Gender & Social Inclusion PROSPERA, Dr. Nadja Jacubowski Torres.

Oleh humas on May 16, 2018

Jakarta- Keberdaan juru Bahasa Isyarat ( JBI) /Interpreter sangat dibutuhkan sebagai jembatan atau penghubung komunikasi antara penyandang disabilitas tuli dan rungu wicara dengan masyarakat luas. Keberadaan JBI di Indonesia masih sangat minim, mengakibatkan tuli dan tuna rungu mengalami kesulitan saat mengakses fasilitas publik mulai dari pemerintahan, pendidikan, transportasi publik, pengadilan, rumah sakit, dan  lain sebagainya.

Oleh humas on May 15, 2018

 

Jakarta (15/05) -- Asisten Deputi (Asdep) Bidang Kompensasi Sosial Kemenko PMK, Herbin Manihuruk memimpin rapat koordinasi teknis (Rakornis) terkait dengan Persiapan Perluasan Bantuan Pangan Non Tunai tahap II Mei 2018. Rakornis dilaksanakan di Hotel Haris Vertu, Jakarta dan di hadiri oleh perwakilan Kemensos, Kemendagri, Kantor KSP, BI, OJK, TNP2K, serta Himbara.

Oleh humas on May 14, 2018

Jakarta (14/05) - Program Bantuan Pangan merupakan upaya pemerintah mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SGDs) untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat tidak mampu. Intervensi Pemerintah dalam bentuk bantuan sosial berperan menurunkan angka kemiskinan dan kesenjangan. Oleh karenanya, Pemerintah serius mengambil sejumlah langkah yang diharapkan dapat menyempurnakan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai  (BPNT).

Oleh humas on May 09, 2018

Jakarta (09/05) – Kemenko PMK khususnya Keasdepan Kompensasi Sosial hari ini menerima audiensi DPRD Banten di Kantor Kemenko PMK Jakarta.

Para anggota DPRD Banten tersebut diterima oleh Asisten Deputi Bidang Kompensasi Sosial Kemenko PMK Herbin Manihuruk. Dalam kesempatan itu Herbin menjelaskan terkait penyaluran bantuan sosial secara umum dan penyalurannya di Banten secara khusus.

Oleh humas on May 04, 2018

Jakarta (04/05)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, Jumat pagi kembali memimpin rapat koordinasi yang membahas rencana kunjungan kerja Menko PMK, Puan Maharani, ke Provinsi Jawa Tengah. pertengahan Mei 2018 mendatang. Rakor turut dihadiri oleh para asisten deputi di lingkungan Kemenko PMK dan para K/L terkait. Menko PMK direncanakan berkunjung ke wilayah sekitar Kota Solo, Jawa Tengah, pada 11 - 12 Mei 2018.

Oleh humas on May 03, 2018

Bandung (2/4)--- Plt. Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan, Kemenko PMK, Sonny Harry B. Harmadi, melakukan pertemuan dengan para Konsultan Pendampingan Wilayah (KPW) Jawa Barat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), serta Tenaga Ahli (TA) Kab. Bandung di Hotel Luxton Dago, Bandung. Pertemuan dimaksud dalam rangka percepatan penyaluran Dana Desa (DD) dan pemantauan pelaksanaan PKTD di Kabupaten Bandung.

Oleh humas on May 01, 2018

Jakarta (30/04)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, kembali memimpin rapat koordinasi yang membahas kunjungan kerja Menko PMK, Puan Maharani, ke Provinsi Jawa Tengah pertengahan Mei 2018 mendatang. Rakor pada Senin siang ini dihadiri oleh para asisten deputi di lingkungan Kemenko PMK dan para K/L terkait. Menko PMK direncanakan berkunjung ke wilayah sekitar Kota Solo, Kab Boyolali, dan Kab Klaten pada 11 - 12 Mei 2018.

Oleh humas on April 30, 2018

Jakarta (30/04) -- Peringatan HLUN Tahun 2018 ini mengangkat tema “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia” dengan sub tema “Memperkuat Hubungan Lintas Generasi yang Harmonis Menuju Lansia Bermartabat”

Demikian disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Ahmad Choesni saat memberikan sambutan pembukaan Seminar dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2018 yang diselenggarakan di, Hotel Grand Mercure, Jakarta, Senin (30/4).

Oleh humas on April 24, 2018

Jakarta (24/04) – Jika tak ada aral melintang, Menko PMK Puan Maharani akan melakukan kunjungan kerja ke Surakarta pada 10-11 Mei 2018. Sebagai persiapan, Kemenko PMK menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Awal Kunjungan Kerja Menko PMK di Ruang Rapat Lantai 4 Kemenko PMK, Jakarta. 

Oleh humas on April 23, 2018

Jakarta (23/04)--- Nota Kesepahaman/MoU Pencegahan dan Penanganan Pemasungan PDM/ODGJ oleh Kemsos, Kemkes, Kemdagri, Polri dan BPJS Kesehatan, tertanggal 9 Januari 2017. Disusul kemudian dengan Perjanjian Kerjasama Pencegahan dan Penanganan Pemasungan PDM/ODGJ oleh Kemsos, Kemkes, Kemdagri, Polri dan BPJS Kesehatan, tertanggal 5 Juni 2017. Namun dalam pelaksanaannya, masih diperlukan perubahan sosial dalam penanganan PDM dan ODGJ yang dipasung dengan mengembangkan pelayanan dasar yang terintegrasi, dan terkoordinasi secara berkesinambungan antar Kementerian/Lembaga.

Oleh humas on April 20, 2018

Jakarta (20/04) – Kemenko PMK meminta Kemensos untuk menelusuri Kabupaten/ Kota yang belum mencapai 100% dalam percepatan realisasi Bansos Rastra, terutama dalam periode Januari-Maret 2018. Demikian amanat Rapat Teknis Evaluasi Pelaksanaan Penyaluran Bansos Rastra 2018 yang berlangsung, Jumat ini di Hotel Haris Vertu Jakarta.

Oleh humas on April 19, 2018

Jakarta (19/04)--Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, TB Achmad Choesni, hari ini membuka Rakor mengenai Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Triwulan I Tahun 2018 di ruang rapat lt.4 Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Menurut Choesni PKH ini merupakan satu-satunya program pemerintah untuk memotong rantai kemiskinan secara struktural.

Oleh humas on April 18, 2018

Jakarta (18/04) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) terkait dengan persiapan perluasan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018. Rakor dipimpin langsung oleh Menko PMK, Puan Maharani.

Oleh humas on April 17, 2018

Jakarta (17/04)--- Sektor perlindungan sosial di Indonesia terus berkembang dan diperbaiki pelaksanaannya, walaupun tetap memiliki tantangan untuk dapat memberikan dukungan yang memadai kepada lansia. Mayoritas lansia miskin di Indonesia belum terlindungi oleh perlindungan sosial.

Oleh humas on April 10, 2018

Jakarta (10/04)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, siang tadi membuka rapat koordinasi untuk membahas kelanjutan perkembangan terkini penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) hasil turunan dari Undang-undang No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas. Sesuai dengan opsi percepatan dengan pendekatan kolaboratif antarK/L terkait, RPP sebelumnya diketahui ditargetkan dapat diselesaikan pada April 2018 ini. Disabilitas merupakan isu multisektor, tidak hanya terikat pada sektor sosial saja.

Oleh humas on April 09, 2018

Jakarta (9/04) – Kemenko PMK melalui Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kemenko PMK, Ade Rustama mengapresiasi Lembaga Bahtsul Masail PBNU. Demikian disampaikannya saat menerima audiensi jajaran pengurus Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) di Kantor Kemenko PMK Jakarta.

Oleh humas on March 29, 2018

Bali (28/03)--- Setelah DI Yogyakarta dan Bandung, Jawa Barat, Kemenko PMK melalui Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia kembali menggelar rapat Koordinas, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) terkait konsolidasi berbagai program dan kegiatan pemberdayaan disabilitas dan lansia dengan daerah di Provinsi Bali. Rapat dibuka dan diarahkan langsung oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Ade Rustama, lalu dilanjutkan dengan pemaparan dari Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, dan Dinas Sosial Provinsi Bali.

Oleh humas on March 27, 2018

Mamuju (27/03) – Menko PMK Puan Maharani mengunjungi korban banjir bandang di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat selasa siang ini. Pada kesempatan itu, Menko Puan memberikan berbagai bantuan kepada korban banjir dan akan mengkoordinasikan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk melakukan revitalisasi sungai yang menjadi penyebab banjir bandang tersebut.

Oleh humas on March 22, 2018

Jakarta (22/03)--- Undang-undang No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas menyebutkan bahwa salah satu hak penyandang disabilitas adalah berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi. Sementara isu strategis RPJMN 2015-2019 butir ke-98 menyatakan bahwa Pemerintah bertekad meningkatkan ketersediaan akses lingkungan dan system social yang inklusif bagi penyandang disabilitas, lanjut usia, anak, dan kelompok masyarakat marjinal pada setiap aspek kehidupan.

Oleh humas on March 22, 2018

Jakarta (22/03) – Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Ahmad Choesni memyampaikan sambutan dan arahan dalam kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) 2018 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta (22/3).

Oleh humas on March 20, 2018

Jakarta (20/03) – Pemerintah akan memperluas program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada tahun ini hingga mencapai target 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk tahap awal, perluasan BPNT tersebut direncanakan akan dilaksanakan di 24 Kabupaten/Kota.

Oleh humas on March 19, 2018

Jakarta (19/03) -- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Ahmad Choesni didampingi Asisten Deputi Bidang Kompensasi Sosial Kemenko PMK, Herbin Manihuruk memimpin rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Penyaluran Perluasan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018. Rakor diselenggarakan di ruang rapat Lt.3, Kantor Kemenko PMK. Hadir dalam rakor tersebut perwakilan dari Kemenko Perekonomian, Bappenas, kemensos, Kemdagri, BI, OJK, KSP, TNP2K, Perum Bulog dan Himbara.

Oleh humas on March 15, 2018

Jakarta ( 15/03) --- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan  Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb A. Choesni, siang ini membuka rapat koordinasi teknis terkait pembuatan dashboard monitoring pelaksanaan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Rakornis ini merupakan tindak lanjut dari rakor sebelumnya yang sudah dilaksanakan pada tanggal 9 maret 2018.

Oleh humas on March 15, 2018

Jakarta(15/03)—Hari ini, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan peluncuran Pekan Lansia 2018. Kemenko PMK mendukung upaya Yayasan Swastivarna sebagai satu organisasi masyarakat yang bergerak di bidang lelanjutusiaan untuk melaksanakan Pekan Lansia 2018. Upaya ini diharapkan dapat diintegrasikan ke dalam rangkaian kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Maret.

Pages

Subscribe to RSS - Perlindungan Sosial dan Kemiskinan