Perlindungan Sosial dan Kemiskinan

Oleh humas on November 15, 2018

Jakarta(15/11)—Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK, Ade Rustama, memimpin rapat koordinasi menindak lanjuti hasil seminar Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pemberian konsensi dan insentif bagi penyandang disabilitas.

Oleh humas on November 14, 2018

Jakarta (14/10)--- Untuk mewujudkan kehidupan yang inklusif bagi penyandang disabilitas diperlukan perubahan kultural yang salah satunya adalah melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai bentuk edukasi dan penyadaran bagi seluruh komponen stakeholders tentang isu disabilitas. Selain itu, cara yang harus ditempuh lainnya adalah dengan terbitnya regulasi turunan dari UU No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas agar pengarusutamaan isu disabilitas dapat dimulai dari sisi pemerintah.

Oleh humas on November 12, 2018

Jakarta (12/11) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri (RTM) tentang Evaluasi Sosialisasi Penyaluran Bantuan dan Jaminan Sosial (KIS, KIP, PKH, Bansos Pangan) di ruang rapat Lt. 1 Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin sore (12/11). RTM kali ini dilaksanakan sebagai upaya Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) program pemerintah.

Oleh humas on November 11, 2018

Boyolali (11/10)--- Sebagai salah satu program prioritas nasional saat ini, upaya meningkatkan kualitas hidup manusia dilakukan melalui skema pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang meliputi bidang kesehatan (KIS), pendidikan (KIP), dan ekonomi keluarga (PKH dan BPNT). Hari Sabtu ini, Menko PMK, Puan Maharani, hadir di Kab Boyolali, Jawa Tengah, untuk bersilaturahmi sekaligus memastikan bahwa bantuan sosial itu dilaksanakan dengan tepat sasaran dan tepat manfaat.

Oleh humas on November 09, 2018

Surakarta (9/11) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini melakukan rangkaian kunjungan kerja di Kota Surakarta. Menko PMK menyampaikan program bantuan sosial yang diberikan pemerintah sebagai komitmen dan kepedulian bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Oleh humas on November 09, 2018

Sukoharjo (09/11) -- Usai melaksanakan kunjungan kerja di Kota Surakarta, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya  untuk menyerahkan bantuan sosial pemerintah di Pendopo Bupati Sukoharjo.

Dalam sambutannya Menko PMK menyampaikan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah harus terus dijaga. Semua program bantuan yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan.

Oleh humas on November 09, 2018

Bogor (08/10)--- “Bicara masalah lansia adalah bicara tentang masa depan. Berbagai layanan dasar untuk lansia diselenggarakan negara adalah demi memenuhi hak-hak dasar mereka. Namun dalam menyelenggarakan layanan itu, Pemerintah pusat tidak mungkin bekerja sendiri tetapi butuh keterlibatan pemerintah daerah, masyarakat bahkan keluarga di mana para lansia itu tinggal.” Demikian penegasan Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK, Ade Rustama, saat membuka rapat koordinasi kebijakan perlinduangan sosial bagi lansia di Kota Bogor, Jabar, Kamis pagi. 

Oleh humas on November 08, 2018

Jakarta (8/11) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) terkait Kesiapan Perluasan Penyaluran Bantuan pangan Non-Tunai (BPNT) Tahap IV November 2018. RTM dihadiri oleh Mensos Agus Gumingan Kartasasmita, Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widyanto, Kemendagri, Kemenkeu, Kemen PPN, Kemen BUMN, Bank Indonesia, KSP, Himbara, dan instansi terkait lainnya.  

Oleh humas on October 31, 2018

Jakarta (31/10) --- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Ahmad Choesni, pagi ini membuka rapat koordinasi tindak lanjut Sistem Informasi Manajemen (SIM) Program Keluarga Harapan (PKH). Rakor bertempat di ruang rapat Hotel Haris Vertu, Jakarta.

Oleh humas on October 29, 2018

Jakarta (26/10) – Untuk menguatkan kegiatan dan tata kelola Kedeputian Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, selama dua hari (Jumat-Sabtu,26-27/10) diselenggarakan rapat terkait di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta.  

Oleh humas on October 25, 2018

Jakarta (25/10)--- Kemenko PMK tengah berupaya mendorong penguatan sinergitas antar K/L dengan berbagai organisasi disabilitas.

Oleh humas on October 19, 2018

Jakarta (19/10) – Hasil rakor pengawasan pelaksanaan program JKN pada 24 Agustus lalu mengamanatkan perlunya pembentukan Tim Pengawas Pelaksanaan Program JKN lintas Kementerian/ Lembaga (K/L). Jumat pagi ini rakor kembali digelar untuk menyempurnakan Tim Pengawas Pelaksanaan Program JKN lintas.

Oleh humas on October 18, 2018

Jakarta (18/10) – Pemerintah terus berkomitmen menggelontorkan program usaha ekonomi produktif bagi masyarakat kurang mampu. Terkait hal itu, pemerintah melalui Kemenko PMK tengah menjajaki kerjasama dengan Program Mekaar (Membina Keluarga Sejahtera) yang diinisiasi oleh Permodalan Nasional Madani (PNM). 

Oleh humas on October 18, 2018

Jakarta (18/10) -- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni menyampaikan sambutannya dalam Seminar Sharing Best Practice tentang Pemberian Konsesi dan Insentif Bagidang Disabilitas di Jerman. Seminar hasil kerja sama Kemenko PMK dan Friedrich Ebert Stiftung (FES) diselenggarakan di Hotel Double Tree, Jakarta, Kamis (18/10).

“Seminar Sharing Best Practice ini sangat penting dalam mendorong penerapan terwujudnya Indonesia yang inklusif,” ujar Choesni mengawali sambutannya.

Oleh humas on October 17, 2018

Jakarta (17/10) – Untuk mewujudkan fasilitas umum ramah disabilitas, pemerintah harus bersinergi dengan para penyandang disabilitas. Dengan begitu, aspirasi dan keinginan mereka dapat terwujud.

Oleh humas on October 15, 2018

Jakarta (15/10) – Kemenko PMK semakin mempersiapkan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018. Kali ini, rakor diselenggarakan untuk menyempurnakan tema nasional HDI 2018, penetapan panitia inti hingga lokasi pelaksanaan acara puncak HDI 2018. 

Oleh humas on October 02, 2018

Jakarta (02/10) -- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni didampingi oleh Asisten Deputi (AsdeP) Bidang Jaminan Sosial Kemenko PMK, Togap Simangusong menerima audiensi dari Kator Pusat Friedrich-Ebert-Stiftung (FES) di Jerman, Rombongan FES dipimpin oleh Anggota Dewan FES Rolf Mutzenich. Audiensi FES Kantor Pusat dalam rangka kunjungan kerja ke Indonesia. 

Kemenko PMK dan FES sudah bekerja sama sejak tahun 2012 dan Deputi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial adalah Focal Point kerja sama ini. 

Oleh humas on September 28, 2018

Jakarata (28/9) -- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni didampingin Asisten Deputi (Asdep) Bidang Kompensasi Sosial Kemenko PMK, Herbin Manihuruk memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Eselon I terkait persiapan perluasan program Bantuan Pangan Naon Tunai (BPNT) tahap III. Rakor dilaksanakan di Jakarta, pada Jum'at siang.  

Oleh humas on September 24, 2018

Jakarta (24/9) --- Dalam rangka evaluasi pelaksanaan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama tentang pencegahan dan penanganan pemasungan bagi penyandang disabilitas mental (PDM) / orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) antara Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kepolisian, serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Oleh humas on September 13, 2018

Jakarta (13/9)— Penyandang disabilitas memiliki hak dan potensi dalam pembangunan. Pemerintah pun berperan dalam mendukung kewirausahaan penyandang disabilitas. Demikian diungkapkan Deputi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial TB. A. Choesni dalam Rakor mengenai program pengembangan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas di Kantor Kemenko PMK Jakarta. 

Oleh humas on September 03, 2018

Jakarta (03/9) -- Asisten Deputi (Asdep) Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kemenko PMK, Ade Rustama memimpin rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Kemenko PMK Mandiri, Lomba Kreasi Pangan Nusantara, dan Bazaar Ekonomi Kreatif. Rapat dilaksanakan di ruang rapat Lt.4 Kantor Kemenko PMK, Jakarta. Rapat juga diikuti pejabat Eselon II, III dan IV Kemenko PMK.

Oleh humas on August 30, 2018

Jakarta (30/08)--- Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di bawah koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian Kemenko PMK, terus merambah seluruh lapisan masyarakat. Sinkronisasi yang dilakukan itu adalah dengan memadukan program kerja bantuan sosial dengan semangat dan nilai-nilai Revolusi Mental. Program Keluarga Harapan (PKH) di lapangan diakui telah membawa banyak manfaat bagi masyarakat miskin. Mereka dapat menikmati bantuan itu atas bantuan para SDM PKH yang setiap saat selalu setia membantu di wilayah kerjanya masing-masing.

Oleh humas on August 23, 2018

Jakarta (23/8) – Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni didampingi Asdep Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia Kemenko PMK, Ade Rustama menyampaikan arahan pada Rapat Koordinasi terkait dengan Literasi Pelayanan Keuangan Yang Akses Bagi Penyandang Disabilitas. Rakor dihadiri perwakilan Kemensos, Kemendikbud, Bappenas, BI, OJK , serta K/L terkait lainnya. Rakor diselenggarakn di ruang rapat Lt.4 Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on August 23, 2018

Jakarta (23/08) – Bantuan pangan non tunai tahun ini ditargetkan mencapai 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).Untuk mencapai target tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) terkait dengan persiapan perluasan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahap III yang akan disalurkan pada bulan Oktober 2018. 

Oleh humas on August 15, 2018

Jakarta (14/08)--- Menindaklanjuti hasil pertemuan koordinasi Sekjen LPSK dengan Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, pada Selasa sore tadi dilaksanakan rapat tindak lanjut dalam rangka penyampaian informasi hasil konsultasi dengan Direktur Sistem dan Prosedur Pendanaan Pembangunan Bappenas di ruang rapat lt.4 gedung Kemenko PMK Jakarta. Rapat dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni. 

Pages

Subscribe to RSS - Perlindungan Sosial dan Kemiskinan