Perempuan dan Anak

Oleh humas on December 14, 2019

Jakarta (13/12) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat koordinasi lanjutan (ke-3) penyusunan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (RAN PTPPO) tahun 2020-2024 di Hotel Oria, Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra menjelaskan bahwa tujuan RAN adalah untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam upaya pencegahan TPPO serta penanganan korban dan penindakan terhadap pelak TPPO.

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ghafur Dharmaputra hadir sekaligus memberikan keynote speech dalam acara Summit on Girls 2019 yang diselenggarakan Plan Indonesia di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (10/12).
 

Oleh humas on December 11, 2019

Indramayu (11/12) – Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, Wagiran meninjau perkembangan tata kelola layanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Kabupaten Indramayu.

Oleh humas on December 10, 2019

Jakarta (10/12) – Rencana pemerintah melakukan revitalisasi program bimbingan pranikah salah satunya adalah untuk mencegah lahirnya keluarga miskin baru. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah keluarga di Indonesia per-Maret 2019 sebanyak 47.116.000 dengan jumlah keluarga berstatus sangat miskin dan miskin mencapai 9,4% atau sekitar 9.600.000, pun jika ditambah dengan keluarga hampir miskin menjadi 16,82% atau sekitar 14 juta keluarga.
 

Oleh humas on December 06, 2019

Jakarta (6/12) -- Kemenko PMK jumat ini menggelar rakornis  terkait dengan evaluasi Program Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN-AKSA) 2019 dan pemantapan Program Kegiatan GN-AKSA 2020. Rapat dipimpin oleh Ghafur Dharmaputra Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK.

Oleh humas on December 03, 2019

Jakarta (29/11) – Menindaklanjuti rakor pembahasan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (RAN PPTPPO) yang diselenggarakan pada 4 November 2019, Kemenko PMK, Jumat pagi, menggelar rakor lanjutannya.

Oleh humas on December 02, 2019

Jakarta (28/11) -- Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra, didampingi oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Wagiran, memimpin Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Perkembangan Pembangunan LTSA di Kemenko PMK, Rabu kemarin (27/11). Rapat koordinasi ini membahas permasalahan yang dihadapi K/L terkait pembangunan LTSA dan perkembangannya. Selain itu, dibahas pula rencana pembentukkan TIM Kecil untuk merumuskan alternatif solusi bagi pembangunan LTSA yang efektif.

Oleh humas on November 29, 2019

Jakarta (15/11) -- Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama kementerian/lembaga terkait mengadakan rapat lanjutan membahas tentang Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya memastikan agar isi RUU PKS benar-benar dapat memberikan keadilan bagi korban kekerasan seksual.

Oleh humas on November 26, 2019

Jakarta (26/11) – Masih tingginya angka penahanan dan pemenjaraan terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Indonesia merupakan salah satu permasalahan dalam UU  Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Kedepan, diharapkan penerapan hukum terhadap ABH tetap memperhatikan kepentingan anak serta tidak mengutamakan penahanan. Demikian salah satu harapan banyak pihak dalam Forum Diskusi Nasional (FDN) Sistem Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak (KTA) ; “Refleksi 5 Tahun Implementasi UU Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA).”

Oleh humas on November 25, 2019

Kerinci (25/11)--- Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Kemenko PMK, Wagiran, Senin pagi  menghadiri Rapat Teknis Persiapan Pembangunan LTSA di Kab. Kerinci. LTSA (Layanan Terpadu Satu Atap) sebelumnya diketahui merupakan amanat pasal 38 UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI). Dalam kesempatan ini, Wagiran mengatakan, "Pembangunan LTSA di Kab. Kerinci harus diupayakan dapat berjalan, agar calon PMI dapat bekerja secara legal dan mempunyai kompetensi, serta terhindar dari permasalahan.

Oleh humas on November 25, 2019

Jakarta (25/11) – Kemenko PMK mengadakan evaluasi program Gerakan Sosial Indonesia Bebas Anak Jalanan. Termasuk mengkoordinasikan strategi pencegahan dan penanganan anak jalanan dan anak terlantar tahun 2020-2024. Kegiatan itu berlangsung dalam rakor dan sinkronisasi memperkuat peran keluarga dalam pencegahan dan penanganan anak jalanan dan anak terlantar yang berlangsung senin pagi di sebuah hotel di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. 

Oleh humas on November 22, 2019

Jakarta (22/11) -- Keluarga merupakan pondasi penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Keluarga yang kokoh, tangguh, dan berketahanan akan berdampak terhadap ketahanan nasional.

Deputi Bidang Koordinasi Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ghafur Dharmaputra mengatakan salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan bimbingan pranikah bagi calon pengantin (catin).

Oleh humas on November 22, 2019

Palu, Sulteng (21/11)--- Masih dalam rangka upaya mewujudkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan peran perempuan melalui Kementerian dan Lembaga dalam hal pemenuhan hak perempuan, termasuk di dalamnya mengawal selalu terpenuhinya kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen, Kemenko PMK menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang diikuti oleh segenap jajaran pimpinan daerah se-Sulawesi Tengah di Kota Palu, Sulteng, Kamis pagi.

Oleh humas on November 19, 2019

Jakarta (19/11) – Terkait rencana peningkatan kualitas bimbingan pranikah, Menko PMK Muhadjir Effendy, selasa siang menerima tim penyusun modul bimbingan perkawinan untuk calon pengantin Kementerian Agama. Tim yang dipimpin Alissa Wahid ini sangat mendukung wacana Menko PMK untuk memberikan bimbingan pranikah kepada calon pengantin. 

Oleh humas on November 18, 2019

Jakarta (18/11) – Upaya pemerintah menciptakan generasi unggul di masa depan salah satunya melalui rencana peningkatan kualitas bimbingan pranikah. Secara teknis, bimbingan pranikah dilakukan terhadap calon pasangan suami istri tentang bagaimana membangun keluarga yang berkualitas.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah seyogianya menjalankan tanggung jawab untuk menyiapkan keluarga yang betul-betul bisa melahirkan generasi unggul dan berdaya saing.

Oleh humas on November 18, 2019

Jakarta (18/11)--- Pembahasan Rancangan Undang-undang Keseteraan Gender (RUU KG) disepakati akan terus berlanjut termasuk regulasi turunannya. Jika masih terkendala dengan penetapan Panitia Antar Kelembagaan (PAK), disarankan untuk segera disusun timeline-nya agar dapat diukur lama penyelesaiannya. Pembahasan RUU KG ini juga disimpulkan butuh komitmen bersama agar menjadi produk regulasi baru yang semangatnya tentu saja terciptanya rasa berkeadilan dalam kehidupan antara laki-laki dan perempuan.
 

Oleh humas on November 17, 2019

Yogyakarta (16/11) -- Menko PMK Muhadjir Effendy mengajak PP Aisyiyah untuk mendukung program Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Ajakan tersebut disampaikannya dalam Tanwir Aisyiyah II periode 2015-2020 di Universitas Aisyiyah, Gamping, Sleman.

Oleh humas on November 16, 2019

Jakarta (15/11) -- Pembangunan keluarga berkualitas yang berketahanan dan berkesejahteraan dapat diintervensi sejak dini melalui pembekalan tentang ilmu dan pengetahuan berkeluarga. Pemerintah telah memulai pembekalan ini sejak lama melalui Program Kursus Calon Pengantin, kemudian berubah nama menjadi Bimbingan Pra Nikah, dan sekarang menjadi Bimbingan Perkawinan.

Oleh humas on November 15, 2019

Jakarta (14/11) – Kemenko PMK tengah mempersiapkan Forum Diskusi Nasional (FDN) Sistem Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak (KTA) ; “Refleksi 5 Tahun Implementasi UU Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA).” Terkait dengan itu, Kemenko PMK menggelar rapat persiapannya. 

Oleh humas on November 13, 2019

Jakarta (13/11)—- Keberadaan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) bagi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN) semakin mendesak diperlukan. Hal itu untuk menjamin hak-hak tenaga kerja Indonesia (TKI), mencegah TKI ilegal, dan perdagangan manusia (human trafficking). Dukungan dari semua pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan LTSA. Meskipun jumlahnya semakin banyak, seiring komitmen kuat para pemerintah daerah, LTSA yang sudah berdiri masih memerlukan evaluasi.

Oleh humas on November 12, 2019

Jakarta (12/11) – Pemerintah lintas kementerian/lembaga melakukan rapat bersama dalam rangka membahas mengenai persiapan teknis Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Jakarta.

Oleh humas on November 10, 2019

Palembang (10/11) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak kaum perempuan untuk sedini mungkin mempersiapkan generasi unggul masa depan bangsa. Hal itu dapat dimulai dari mencegah lahirnya bayi stunting sejak masih dalam kandungan.

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mencegah bayi lahir stunting adalah dengan menjaga agar asupan gizi ibu hamil terpenuhi secara baik. Pasalnya, 1.000 hari pertama kehidupan merupakan masa-masa paling menentukan kualitas tumbuh kembang anak.

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ke Malang, Jawa Timur, diikuti oleh lebih dari 30 jurnalis media cetak dan elektronik, lokal hingga nasional. Seluruh pejabat eselon 1, mulai Sekretaris Menko PMK (Sesmenko PMK), jajaran para deputi, dan juga staf ahli turut menjamu sekaligus membuka forum dialog bersama para awak media.

Oleh humas on November 05, 2019

Jakarta (04/11)--- Menggunakan data yang terpadu dan dapat dievaluasi oleh masing-masing K/L terkait; perlunya semacam piket kerja dari K/L yang terlibat dalam Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PP-TPPO) agar sekretariat dapat bekerja maksimal; perlunya peran aktif BUMN terutama di sektor perhubungan dan transportasi; dan terakhir menindaklanjuti draft RAN TPPO 2020 – 2024 dengan waktu pengisian draft paling lambat dua minggu sejak hari ini.

Oleh humas on November 01, 2019

Jakarta (1/10) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, jumat siang, menyambangi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Menko PMK, dalam kesempatan itu ditemui Menteri PPPA, Bintang Puspayoga. 

Pages

Subscribe to RSS - Perempuan dan Anak