Oleh humas on April 10, 2018

Jakarta (9/4) – Plt Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, desa dan Kawasan Kemenko PMK, Sonny Harry Budiutomo, di dampingi oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Desa, Herbert Siagian, membuka Rakor teknis tentang pemanfaatan data statistik untuk pembangungan desa di ruang taskin Kemenko PMK, Jakarta.

Tujuan rapat ini adalah kesepakatan pemahaman data statistik desa yang valid dan terintegrasi, dalam rangka mendukung efektifitas pelaksanaan SKB 4 Menteri dan pelaksanaan padat karya tunai desa. Dalam rapat tersebut Sonny mengatakan bahwa ada lima masalah dan tantangan data desa , diantaranya terlalu banyak permintaan data ke desa, data yang diminta melebihi kapasitas pemerintah desa, akses dan penggunaan data, Kualitas data, satu regulasi tentang data.

“untuk itu perlu rencana tindak lanjut kesepakatan pemahaman data statistic desa untuk mengefektifkan SKB 4 Menteri dan pelaksanaan padat karya tunai desa ” Tambah Sonny. Dengan demikian, sinergi statistik desa dengan prioritas 1000 desa selaras dengan penanganan stunting pada survey Badan Pusat Statistik (BPS).

Dalam rakor tersebut dihadiri oleh Direktur statistik ketahanan sosial Badan Pusat Statistik, Harmawanti Marhaeni, Perwakilan dari Bappenas, Kementerian Keuangan, Sekretariat Kabinet, TNP2K 

Categories: