Oleh humas on August 28, 2019

Foto : 

  • Anggun Wahyu P

Jakarta (28/08) - Dalam rangka persiapan peresmian patung Soekarno di Mexico pada bulan September 2019, Kemenko PMK pagi ini menggelar rakor lanjutan rencana peresmian patung soekarno di Mexico di ruang rapat lantai 3 Kemenko PMK, Jakarta. Rakor di pimpin oleh Deputi Koordinasi Bidang Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, dan didampingi oleh Asisten Deputi warisan budaya Kemenko PMK, Pamudji Lestari. 

Dalam pengantarnya, Nyoman menjelaskan bahwa Menko PMK akan melakukan kunjungan kerja ke Meksiko pada bulan September 2019, dengan agenda meresmikan patung soekarno di taman soekarno yang dilengkapi dengan lukisan mural dan hiasan taman. Selain itu, Menko PMK akan melakukan Courtesy Call dengan menteri pendidikan dan menteri Kebudayaan Meksiko,  sekaligus menyaksikan penandatangan MoU, dan disambut dengan performance culture dari kedua negara. 

Nyoman berharap pembangunan patung Soekarno segera dapat terwujud karena sebagai bangsa kita patut berbangga salah satu founding father kita dipilih oleh negara lain sebagai sosok yang inspiratif dan mendapatkan tempat di Mexico City.

"Kita harapkan hal ini semakin mempererat hubungan kedua bangsa dan makin memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Mexico baik itu budaya, pendidikan ataupun sejarah bangsa Indonesia " Tambah Nyoman. 

Sementara itu, pending issue mengenai bantuan pemerintah indonesia untuk sekolah di Meksiko city, pemerintah akan memberikan buku-buku cerita rakyat untuk anak-anak berbahasa Inggris sejumlah 100 buku yang diserahkan saat kunjungan Menko PMK ke Meksiko.  Kemudian, pengiriman guru bahasa Indonesia penutur asing dari pusat pengembangan strategi dan diplomasi kebahasaan ke sekolah Indonesia di Meksiko di tahun 2020.

Asisten Deputi warisan budaya Kemenko PMK, Pamudji Lestari, menambahkan konsep MOU bidang pendidikan dan bidang Kebudayaan sudah disampaikan biro KLN kementerian Pendidikan dan kebudayaan kepada kementerian Luar negeri. Apabila hingga tanggal 6 September 2019 belum ada tanggapan konsep MOU dari pihak Meksiko, maka telah disiapkan konsep letter of intent oleh biro KLN Kementerian Pendidikan dan kebudayaan dan kementrian luar negeri

Kategori: 

Reporter: 

  • Anggun Wahyu P

Editor: 

  • Puput Mutiara