Oleh humas on October 11, 2018

Nusa Dua Bali (11/10) -- Inti dari pembangunan kesetaraan dan keadilan gender ialah menemukan koridor untuk saling berbagi secara adil dalam segala aktivitas tanpa membedakan laki dan perempuan. Demikian disampaikan Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK yang mewakili Menko PMK Puan Maharani dalam 2018 Tri Hita Karana Forum Sustainable Development yang merupakan rangkaian acara IMF dan World Bank Annual Meeting 2018.

Berbicara di sessi Special Focus : Wornen on a Mission, Menko Puan menyampaikan ada beberapa agenda yang perlu menjadi perhatian para pemimpin dalam upaya pemberdayaan perempuan yang diantaranya adalah, meningkatkan pengintegrasian perspektif pemberdayaan perempuan dalam berbagai sektor ; meningkatkan pemahamanmasyarakat tentang pentingnya peran perempuan dalam pepemahaman ; termasuk penguatan regulasi nasional untuk menjamin ruang yang luas bagi peran perempuan. Selain itu juga membangun kerjasama antar kelompok dan negara untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi penguatan peran perempuan.

Agenda pemberdayaan perempuan dirasa penting memenginga populasi perempuan diseluruh dunia mencapai 49% lebih atau 3,8 milyar jiwa. Perempuan, sebutnya, telah menjadi subyek  dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. "Menyertakan perempuan dalam proses   pembangunan bukan sekedar kebijakan afirmatif, akan tetapi merupakan kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia," ujarnya. 

Diibaratkan krmudian, peran laki-laki dan perempuan sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayapnya sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya. Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali. "Inilah semangat yang harus kita tanamkan bersama dalam membangun dunia dimana perempuan dan laki-laki dalam harkat, martabat, kemajuan dan kesejahteraaan yang sama. "Semoga forum ini dapat memberikan berbagai kontribusi dalam membangun kemajuan peran perempuan," pungkasnya.

Categories: