Oleh humasnew on October 04, 2018

Jakarta (4/10) --- Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini bangsa dan negara Indonesia sedang menghadapi penanganan dampak bencana gempa bumi dan tsunami Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong pada tanggal 28 September 2018 lalu serta sampai saat ini pemulihan dampak bencana di NTB, juga masih dalam pelaksanaan. 

Kita semua masih merasakan duka cita dan prihatin yang mendalam bagi saudara-saudara sebangsa dan setanah air kita yang terkena musibah bencana, demikian yang diucapkan Menko PMK dalam pembukaan Media Briefing Indonesia 2018 Asian Para Games di Ruang Heritage, Kemenko PMK, Jakarta.

Pemerintah saat ini telah mengambil langkah-langkah pemulihan bagi wilayah dan masyarakat terdampak bencana. Dengan kekuatan nasional, semangat gotong royong, serta dukungan dari negara-negara sahabat, Menko PMK menyakini pemulihan dapat semakin cepat dilakukan. Sebelumnya, Menko PMK bersama Presiden telah mengunjungi Palu untuk memastikan penanganan bencana cepat dilakukan. 

Lebih lanjutnya Menko PMK menjelaskan sebagai satu rangkaian dari penyelenggara Asian Games 2018, Indonesia sebagai tuan rumah, juga diberi kepercayaan untuk bisa menyelenggarakan Indonesia  Asian Para Games ke III tahun 2018 sesuai dengan jadwal penyelenggaraan yang akan dilaksanakan tanggal 6 Oktober untuk pembukaannya dan 13 Oktober untuk penutupannya. 

Tema yang diambil dalam Indonesia  Asian Para Games 2018 adalah ”The Inspiring Spirit and Energy of Asia" yang juga memiliki arti semangat meraih kemajuan yang melampaui berbagai keterbatasan, Semangat yang ditunjukkan melalui jiwa pantang menyerah dalam mencapai prestasi tertinggi, semangat persaudaraan, sportivitas, dan solidaritas sosial.

Indonesia Asian Para Games 2018 akan diikuti 43 negara dengan 2.832 atlet, 1.826 official, diliput oleh 1.151 media, dan didukung oleh 13.000 relawan dan juga akan mempertandingkan 18 cabor dengan 531 nomor pertandingan, di 19 venue dengan ketentuan venue 8 cabor di GBK, 10 cabor di Jakarta, dan 1 cabor di Sentul.

“Seluruh persiapan sudah selesai 100 persen sehingga insya Allah kita sudah siap untuk melaksanakan Asian Para Games. Kesiapan venue, transportasi, akomodasi, wisma atlet (para village), keamanan, penyelenggaraan pertandingan, sudah disiapkan oleh panitia atas dukungan Kementerian dan Lembaga terkait”, ujar Menko PMK.

Menko PMK juga berharap agar pada kesempatan ini para media serta teman teman wartawan ikut membantu mempromosikan Indonesia 2018 Asian Para Games. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi; Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita; Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari; Chef de Mission (CdM) Asian Para Games 2018, Arminsyah; Kepala BPTJ Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono, serta beberapa perwakilan lainnya.

Categories: