Oleh humas on February 10, 2018

PyeongChang (09/02)— Menko PMK mengapresiasi pesan perdamaian yang menjadi tema Olimpiade Musim Dingin ke-23 saat menghadiri Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin tersebut pada hari Jumat, 9 Februari, di kota PyeongChang, Korea Selatan. “Tema keterhubungan dalam damai merupakan tema yang sangat representatif bagi acara Olimpiade yang melibatkan puluhan negara dari seluruh dunia. Ini merupakan bukti nyata bahwa olahraga merupakan elemen penting pemersatu berbagai bangsa,” kata Menko PMK. 

International Olympic Committee (IOC) yang merupakan Komite Olimpiade Internasional memberikan status High-Ranking IOC Guest kepada Menko PMK, Puan Maharani, dalam undangan untuk menghadiri dalam Upacara Pembukaan Olimpiade. Pemberian status high-ranking tersebut didasari pada peran penting Menko PMK dalam koordinasi pelaksanaan Asian Games XVIII di Jakarta Palembang. Kehadiran Menko PMK dalam meninjau penyelenggaraan Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin ke-23 diharapkan dapat menunjang kesuksesan upacara pembukaan Asian Games XVIII Jakarta-Palembang mendatang.

Rangkaian acara dalam upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin ke-23 dibuka oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In. Kepala Negara lain yang turut hadir dalam Upacara Pembukaan Olimpiade tersebut adalah Presiden Perancis Emmanuel Macron, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier,  Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Raja Belanda Willem Alexander, Presiden Swiss Alain Berset, Presiden Korea Utara Kim Yong-nam, Gubernur Kanada, serta Wakil Presiden Kolombia.  Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 mempertandingkan 15 cabang olahraga yang diikuti oleh 95 negara dan memperebutkan lebih dari 100 medali emas