Berita dan Artikel

Oleh humas on February 26, 2020

Jakarta (25/02) – Sebagai bentuk pelindungan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI), sejak tahun 2015 hingga 2019, pemerintah telah membangun 42 Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di 10 provinsi dan 32 kabupaten/kota di Indonesia. Hal itu merupakan salah satu cara untuk mempermudah CPMI/PMI dalam pengurusan dokumen, mencegah dan mengurangi PMI nonprosedural.

Oleh humas on February 25, 2020

Jakarta (24/2) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dukungan pemulihan bencana banjir dan longsor Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Rakor tersebut secara khusus membahas upaya untuk menggalang dukungan pemulihan sarana dan prasarana keagamaan seperti masjid, pondok pesantren dan madrasah.

Oleh humas on February 24, 2020

Jakarta (24/2) -- Pemerintah akan segera melakukan evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) World Dream dan juga Diamond Princess. Namun dalam prosesnya, evakuasi akan dilakukan bertahap dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan dari dua kelompok tersebut, evakuasi pertama akan dilakukan terhadap 188 ABK dari World Dream. Evakuasi secara transfer (boat to boat) dari Kapal World Dream ke Kapal Rumah Sakit dr. Soeharso milik TNI.

Oleh humas on February 24, 2020

Jakarta (21/2) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar rapat koordinasi pemulihan korban peristiwa Talangsari di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (21/2). Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Kemenko Polhukam, Setkab, Kemensos, Kemendikbud, Kemendes PDTT, Kemenkes, dan LPSK.

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Dody Usodo HGS mengatakan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk membahas persiapan kegiatan pemulihan korban Talangsari oleh kementerian/lembaga di bawah koordinasi Kemenko PMK.

Oleh humas on February 23, 2020

Jakarta (23/2) – Dewasa ini aksi perundungan atau yang sering disebut dengan istilah bullying baik berbentuk kekerasan fisik ataupun psikis marak terjadi di lingkungan sekolah. Salah satu contoh kasus bullying fisik di sekolah menimpa seorang siswa kelas VII di SMPN 38 Pekanbaru, Riau berinisial FA. Beberapa waktu lalu pada November 2019 ia menjadi korban bully fisik oleh teman sekelasnya. FA mengalami babak belur dan hidung patah akibat kepalanya dipukul dan dibenturkan dengan kayu oleh pelaku yang merupakan teman sekelasnya.

Oleh humas on February 23, 2020

Jakarta (23/2) -- Penyakit kanker merupakan salah satu penayakit yang tergolong sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Data dari Global Cancer Observasy (Globocan) menyebutkan bahwa di tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta.

Oleh humas on February 22, 2020

Jakarta (21/2) -- Rencana pemerintah melakukan revisi terhadap Peraturan Pemerintah 109/2019 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan terus menuai kontroversi. Sejumlah pihak terutama industri produk tembakau secara tegas telah menyatakan penolakan.

Oleh humas on February 22, 2020

Jakarta (22/02)- Menindaklanjuti arahan presiden agar dana desa tahap 1 dapat salur seawal mungkin di tahun 2020, pemerintah dalam hal ini Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Sonny Harry B. Harmadi melakukan kunjungan kerja ke enam kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Oleh humas on February 21, 2020

Jakarta (21/2) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Deputi Menko PMK Bidang Pendidikan dan Agama Agus Sartono menerima audiensi dari 15 orang pengurus Majelis Senat Akademik Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (MSA PTN BH) di Kantor Kemenko PMK, Jumat (21/2).

Ketua MSA PTN BH yang juga merupakan guru besar Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Nachrowi menjelaskan tujuan audiensi dengan Menko PMK adalah untuk menjalin silaturahim, mendiskusikan isu pendidikan terkini dan isu perguruan tinggi terkini.

Oleh humas on February 21, 2020

Jakarta (20/2) -- Sebanyak 74 awak kapal pesiar Diamond Princess yang berlayar di Perairan Yokohama, Jepang, telah dinyatakan sehat dan terbebas dari Novel Coronavirus (Covid-19). Terkait hal itu, pemerintah mengambil langkah cepat dengan akan langsung mengevakuasi mereka kembali ke Tanah Air.

Guna mempersiapkan proses evakuasi dan observasi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengadakan rapat koordinasi bersama sejumlah menteri dan pihak terkait lain di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (20/2).

Oleh humas on February 21, 2020

Surabaya (20/2) – Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra mendorong peningkatan kapasitas perempuan sebagai upaya mengatasi kemiskinan. “Perempuan harus mampu meningkatkan kesehatan dan potensinya melalui pelatihan dan pendidikan agar dapat diperhitungkan dalam seluruh aspek pembangunan”, dituturkan saat menjadi salah satu pembicara pada Festival Kepemimpinan Perempuan dan SDGs.

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (20/2) – Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Data Kementerian Agama Tahun 2019 menunjukkan penduduk muslim di Indonesia sebanyak 229.711.974 jiwa. Dengan jumlah muslim yang begitu banyak Indonesia memiliki potensi ekonomi islam sangat besar. Berdasarkan laporan terbaru State Of The Global Islamic Economy 2018/2019 menunjukkan bahwa potensi ekonomi Islam pada tahun 2023 diperkirakan mencapai US$ 3.809 Billion atau bila dikonversi ke rupiah sekitar Rp 500 Triliun.

Oleh humas on February 20, 2020

Cibinong (19/2) -- Kehidupan masyarakat terdampak pascabencana banjir dan longsor awal tahun lalu masih belum pulih. Setelah masa tanggap darurat bencana habis terhitung 30 Januari 2020, kini status penanganan bencana banjir dan tanah longsor berubah menjadi masa transisi bencana ke pemulihan sampai 30 April 2020.

Terkait hal itu, pemerintah memastikan bahwa dalam masa transisi semua proses penanganan pascabencana termasuk pembangunan infrastruktur berupa hunian bagi para pengungsi terdampak dapat berjalan lancar.

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (19/2) – Riset dan inovasi adalah faktor penting dalam memajukan bangsa. Dengan ragam sumber daya alam dan sumber daya manusia yang luar biasa, riset dan inovasi harusnya bisa dikembangkan dengan baik. Khususnya dalam riset dan inovasi di bidang kesehatan seperti obat-obatan dan alat kesehatan, pengembangan produksi dari dalam negeri sangat perlu untuk dikembangkan untuk mewujudkan kemandirian di sektor kesehatan nasional.

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (19/2) -- Lima tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke depan akan fokus pada lima agenda prioritas kerja. Prioritas paling utama yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM) diantaranya meliputi pembangunan di bidang kesehatan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kesehatan adalah modal paling dasar untuk membangun manusia Indonesia. Kesehatan tidak hanya penting untuk diri sendiri, tetapi juga menjaga keberlangsungan masa depan generasi penerus bangsa.

Oleh humas on February 18, 2020

Jakarta (18/2) -- Ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional akan kembali digelar pada 20-29 Agustus 2020. Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk kedua kali dipercaya sebagai tuan rumah setelah sukses penyelenggaraan pada 1983 lalu.

Pemerintah menargetkan MTQN 2020 tidak hanya sukses penyelenggaraan, tetapi juga merambah ke berbagai aspek. Mulai dari sukses administrasi, prestasi, hingga berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat sekitar dan daerah.

Oleh humas on February 18, 2020

Labuan Bajo (18/02) – Labuan Bajo sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata kelas dunia yang menawan, tidak hanya wisata alam dengan beragam pesonanya, tetapi juga memiliki beragam wisata adat dan kebudayaan yang sarat akan sejarah.

Oleh humas on February 18, 2020

Jakarta (18/2) – Pemerintah telah memberlakukan penyesuaian iuran peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kenaikan tersebut berlandaskan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.
 

Oleh humas on February 17, 2020

Jumat (14/2) -- Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai populasi disabilitas tertinggi. Namun sayangnya, hal tersebut tidak dibarengi dengan kuatnya partisipasi mereka dalam berbagai sektor antara lain pendidikan, pelatihan, penempatan kerja, dan lainnya.

Oleh karena itu, cara pandang kita terhadap disabilitas harus mulai diubah dengan menempatkannya sebagai subjek dalam menentukan kebijakan dan juga mengubah kebijakan yang semula hanya ditujukan untuk permasalahan sosial menjadi jaminan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Oleh humas on February 17, 2020

Jakarta (17/2) – Pemerintah telah berhasil memulangkan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau setelah dijemput dari Wuhan, Tiongkok. Pemerintah memastikan semua WNI dalam keadaan sehat tanpa ada yang terpapar virus Covid-19 atau virus korona. Kesuksesan pemerintah dalam melakukan observasi dan mencegah tersebarnya virus itu pun menuai apresiasi dari dunia internasional, salah satunya adalah dari World Health Organization (WHO).

Oleh humas on February 16, 2020

Jakarta (16/2) -- Sebagai negara yang menjadi bagian dari anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Indonesia wajib menyelenggarakan survei penduduk secara berkala. Mengingat Indonesia memiliki jumlah penduduk hampir mencapai 297 juta jiwa, survei dilakukan setiap 10 tahun sekali.

Tahun 2020, Indonesia untuk pertama kali akan melakukan survei penduduk secara daring (online). Survei online tersebut sudah dimulai sejak 15 Februari sampai 31 Maret mendatang melalui laman sensus.bps.go.id.

Oleh humas on February 16, 2020

Natuna (16/2) -- Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, Cina dan telah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau telah diterbangkan kembali ke kampung halamannya masing-masing pada Sabtu siang kemarin. Pemerintah terus mengawal proses pemulangan dan memastikan semua WNI yang dipulangkan dalam keadaan sehat.

Oleh humas on February 16, 2020

Natuna (15/2) -- Tepat 14 hari pasca menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok, telah diterbangkan kembali ke kampung halaman. Pemerintah memastikan prosesnya berjalan lancar dan semua WNI dalam keadaan sehat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendampingi proses pemulangan WNI hingga tiba di Jakarta dan kemudian melanjutkan ke daerah tujuan masing-masing.

Oleh humas on February 15, 2020

Jakarta (15/2) - Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengadakan konsolidasi kelembagaan Kelompok Kerja Perlindungan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (Pokja P3AKS) dengan melibatkan kementerian/lembaga dan masyarakat sipil pada (12/2).

Hal itu untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Permenko PMK) No. 2/2019 tentang Pokja P3AKS.

Oleh humas on February 14, 2020

Semarang (14/2) -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Agus menjelaskan kunjungan ini dilakukan untuk melihat kesiapan RS dalam menghadapi pandemi penyakit, tidak terkecuali Covid-19 atau yang lebih dikenal virus korona yang dewasa ini masih terus diwaspadai keberadaanya.

Oleh humas on February 14, 2020

Jakarta (14/2) -- Seiring telah ditetapkannya daerah tertinggal yang terentaskan tahun 2015-2019 berdasarkan Keputusan Menteri Desa PDTT No. 79/2019, pemerintah kembali akan menetapkan jumlah daerah tertinggal untuk dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Namun hingga saat ini, Peraturan Presiden (Perpres) tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 yang mestinya telah terbit sebelum Perpres RPJMN Tahun 2020-2024 urung rampung.

Oleh humas on February 14, 2020

Semarang (14/2) -- Pembangunan manusia merupakan satu proses yang tidak pernah berakhir, sejalan dengan siklus kehidupan manusia. Pembangunan manusia dimulai sejak seseorang membangun keluarga, mempunyai keturunan, mengasuh anak, menyekolahkan hingga dewasa sehingga kelak siap untuk berumah tangga kembali. Siklus ini berputar terus menerus.

Oleh humas on February 14, 2020

Jakarta (13/2) -- Pemerintah tengah fokus menyiapkan pedoman umum penyusunan Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP). Pedoman tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan kawasan perdesaan.

Dalam rangka penyusunan pedoman RPKP, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengundang para pejabat perwakilan kementerian/lembaga guna memperoleh masukan serta merumuskan format, substansi, dan hal-hal pokok yang harus termuat dalam pedoman umum penyusunan RPKP.

Oleh humas on February 13, 2020

Jakarta (12/2) -- Pemerintah telah melakukan upaya maksimal untuk memastikan Warga Negara Indonesia (WNI) yang didatangkan kembali dari Wuhan, Tiongkok, benar-benar berada dalam kondisi sehat dan terbebas dari Covid-19. Salah satunya melalui proses transit observasi yang dilakukan di Natuna, Kepulauan Riau.
 

Oleh humas on February 13, 2020

Jakarta (13/2) -- Pemerintah pusat telah melakukan koordinasi dan menentukan waktu pelepasan peserta transit observasi serta sejumlah petugas lainnya yang berada di Natuna, Kepulauan Riau, pasca observasi Covid-19 yaitu pada Sabtu (15/2) mendatang, bila sampai batas waktu observasi Pukul 12.00 hari itu dalam keadaan tetap sehat.
 
Hal itu merujuk aturan masa waktu efektif untuk observasi yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia yakni selama 14 hari atau dua pekan.
 

Pages

Subscribe to Berita dan Artikel