Oleh humas on December 11, 2019

Indramayu (11/12) – Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, Wagiran meninjau perkembangan tata kelola layanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Kabupaten Indramayu.

Wagiran menyampaikan, bahwa Kabupaten Indramayu merupakan daerah asal/kantong PMI, oleh karena itu pembangunan LTSA merupakan prioritas yang bertujuan untuk membantu para calon PMI dalam mengurus persyaratan menjadi PMI. Pembangunan LTSA Kabupaten Indramayu termasuk awal dibanding LTSA lain, setelah Kabupaten Nunukan, namun, baru optimal pada tahun 2017.

Perkembangan penempatan PMI asal Kabupaten Indramayu yang bekerja di luar negeri sejak tahun 2013 sampai sengan tahun 2018 berturut turut  sebanyak 28.410 orang; 25.521 orang; 19.025 orang; 16.625 orang; 17.625 orang; dan tahun 2018 sebanyak 22.398 orang.

Kepala Seksi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indramayu, Sukirman menyampaikan sampai dengan bulan November 2019 tercatat sekitar 20.000 orang sudah mendaftar pada LTSA Indramayu. Sebanyak 40% pendaftar dengan Negara tujuan yaitu Taiwan dengan dominasi pekerjaan sebagai Care Taker (perawat lansia). 

LTSA Indramayu, kata Sukirman, saat ini  dapat melayani penggantian paspor rusak atau paspor hilang selain dari layanan penerbitan paspor dan perpanjangan paspor bagi calon PMI. Layanan penggantian paspor rusak atau paspor hilang bagi calon PMI diklaim merupakan layanan yang saat ini belum ada di LTSA lain. Selain itu, sejak awal Oktober 2019 BPJS Ketenagakerjaan dan Perbankan juga sudah bergabung untuk memberikan dukungan layanan jaminan sosial dan yang terkait dengan perbankan.

Dalam kesempatan yang sama, Wagiran juga menyampaikan ke depannya peran pemerintah daerah mempunyai peran yang lebih besar dalam menyiapkan Calon PMI yang lebih kompeten. Di samping itu, Wagiran juga menggali permasalahan yang dialami untuk mencari alternatif solusi yang tepat. 
(Sumber: Asdep2/Dep VI).