Oleh humasnew on August 15, 2018

Jakarta (15/03)- Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kedudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan rapat Persiapan Pelaksanaan FGD Kajian Pelaksanaan Dana Desa di ruang rapat Lt 6 Kemenko PMK.  Rapat dipimpin oleh Asisten Deputi (Asdep) bidang Koordinasi  Pemberdayaan Desa, Herbert H.O Siagian.

Pada pengantarnya, Herbert menyampaikan beberapa agenda yang dibahas dalam rapat ini antara lain rencana kerjasama penyusunan kajian evaluasi penggunaan dana desa. Agenda kegiatan yang akan dilaksanakan berupa Forum Discusition Group (FGD) dengan peserta yang terdiri dari kepala desa unggulan, para pendamping desa, atau tenaga ahli kabupaten,dan para Kadis kabupaten yang disepakati. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada 24-25 Agustus di Jawa Barat. 

“Melalui kegiatan ini desa-desa yang sudah diidentifikasi sebagai desa unggul dapat memberikan testimoni dan sharing  kesuksesan,” ujarnya.

Herbert mengungkapkan bahwa sejak pelaksanaan UU Desa sebanyak 149,31 triliun telah diberikan pemerintah untuk dana desa. Besarnya anggaran yang dialokasikan harus diimbangi kualitas penggunaan dana desa untuk mengurangi kesenjangan.

“Pemanfaatkan dana desa harus diibangi dengan peningkatan kualitas pemanfaatnya,” tegasnya.
Rapat persiapan ini dihadiri perwakilan dari Friedrich-Ebert Stiftung (FES), Demografi UI, Unpar, dan undangan yang lainnya.