Oleh humas on November 07, 2019

Foto : 

  • Deni Adam Malik

Jakarta (7/11) - Kepala Biro Umum Kemenko PMK, Indah Suwarni didampingi Kepala Bagian Protokol Kemenko PMK, Heri Sukoco menerima studi banding Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politi (FISIP) Universitas Padjajaran (UNPAD) Studi Keprotokolan. Pertemuan dilaksanakan di ruang rapat lt.14 Kemenko PMK, Jakarta, Kamis pagi (7/11).

Mengawali arahannya, Indah menyampaikan informasi mengenai tata organisasi Kemenko PMK. Menurutnya, Kemenko PMK adalah kementerian koordinator yang mengkoordinasikan 7 Kementeriaan dan beberapa Lembaga. "Jadi kantor kami ini hanya mengkoordinasikan, bukan kementerian teknis," jelasnya.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Kemenko PMK memiliki 7 kedeputian dan 1 kesekretariatan. Masih-masing kedeputian memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai kementerian/lembaga yang dikoordinasikan. Sementera kesekeretariatan dipimpin oleh Sekretaris yang bertanggung jawab mendukung/memberikan pelayanan pada tugas-tugas pimpin."Nah bagian protokol Kemenko PMK adanya di sekretariat dan dipimpin oleh pejabat Eselon III," jelasnya.

Menjadi seorang protokol, kata Indah, harus memiliki kualifikasi yang mumpuni dan kredibel, berintegritas, memiliki kemampuan komunikasi yang cakap, detail, serta memiliki gestur tubuh yang luwes namun berwibawa. Menjadi seorang protokol 'tidak boleh baperan' sebab tugas protokol berhubungan langsung dengan pimpinan dan orang banyak.  

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab kemudain dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah.

Kategori: 

Reporter: 

  • Deni Adam Malik