Budaya

Oleh humas on May 14, 2018

Jakarta (14/05) -- Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari memimpin rapat koordinasi (rakor) terkait dengan tindaklanjut Tim Reactif Monitoring Mission (RMM) International Union for Conservation Nature (IUCN) UNESCO di TRHS dan Persiapan Sidang Ke-42 World Heritage Center (WHC). Rapat dilaksanakan di ruang rapat Lt. 3 Kemenko PMK, Jakarta. Rakor dihadir dari berbagai instansi serta K/L terkait.

Oleh humas on May 09, 2018

Banda Aceh (08/05)--- Secara keseluruhan, isu kebudayaan memang masih belum menjadi salah satu bahasan penting di level kebijakan pemerintah. Padahal, sebagai simbol kekayaan suatu bangsa dan negara, negara yang kaya akan kebudayaan seperti Indonesia nyatanya masih harus berjuang keras mengelola, merawat, dan melestarikan kebudayaannya. Sebagai produk kebudayaan, keberadaan museum di tanah air juga masih belum jadi magnet penarik minat apalagi rasa bangga masyarakat.

Oleh humas on April 19, 2018

Jakarta (19/04)-- Upaya gotong-royong menjaga keluhuran budaya sebagai identitas bangsa sangat penting. Untuk itu, upaya menjaga dan melestarikan budaya Bangsa perlu terus dilakukan.

Oleh humas on April 10, 2018

Jakarta (10/04)--- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, meninjau kerjasama kebudayaan Indonesia dengan Google Cultural Institute di Paris, Perancis, Senin waktu setempat. Kegiatan ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Menko PMK selaku Ketua Delegasi Indonesia pada rangkaian sidang ke-204 Dewan Eksekutif Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Oleh humas on April 05, 2018

Jakarta (5/4) – Kedeputian Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Kemenko PMK), Melalui Asisten Deputi Warisan Budaya, Pamuji Lestari, Pagi ini mengadakan “Entry Briefing Reactive Monitoring Mission Tim IUCN Paris” di ruang rapat Taskin Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on March 26, 2018

Jakarta (26/3) - Salah satu prioritas program pemerintah yang akan diperkuat dan dipertajam ke depan adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkaitan erat dengan pendidikan, keterampilan, dan keahlian. Peningkatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan Nasional Tahun 2018 dan Peresmian Perpustakaan Digital Wakil Presiden di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional, Senin (26/3).

Oleh humas on March 13, 2018

Jakarta (13/03)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini melantik Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kemenko PMK di ruangan lt.1 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Pejabat dilantik itu adalah Nyoman Shuida yang nantinya mengisi jabatan sebagai Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan berdasarkan Keppres No.18/TPA/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya Kemenko PMK. Nyoman sebelumnya diketahui merupakan Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK. Usai diambil sumpah jabatannya, Nyoman lalu menandatangani SK dan Pakta Integritas.

Oleh humas on March 05, 2018

Jakarta(04/03)--Staf Ahli Bidang Sustainable Development Goals Pasca 2015 Kemenko PMK, Ghafur Akbar Dharma Putra, mewakili Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, membuka secara resmi festival Bedhayan 2018 di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu petang. Turut hadir dalam kesempatan ini Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Kemenko PMK, I Nyoman Shuida; Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, Sujatmiko; dan Asisten Deputi Warisan Budaya, Kemenko PMK, Pamuji Lestari. 

Oleh humas on March 04, 2018

Jakarta (04/03)--- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, mengingatkan masyarakat agar jangan melupakan Pancasila. Hal ini disampaikan Menko PMK saat menghadiri Karnaval Cap Go Meh di LTC Glodok, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Minggu siang.

"Jangan lupa jaga Pancasila, jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia , jaga Bhinneka Tunggal Ika," ujar Menko PMK.

Melihat antusiasme masyarakat yang ramai ingin menyaksikan karnaval budaya nusantara Cap Go Meh Glodok Tahun 2018, Menko PMK mengingatkan bahwa semua adalah satu saudara. 

Oleh humas on February 14, 2018

Jakarta (14/02)--- Program dan kegiatan bidang kebudayaan di tahun 2018 melalui Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan diharapkan mampu menghasilkan banyak hasil kerja yang berasal dari suatu alur kerjasama dari kementerian dan lembaga negara terkait.

Oleh humas on January 18, 2018

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meminta seluruh pihak untuk meningkatkan perhatian terhadap museum-museum di Indonesia. Ini disampaikan Plt. Deputi Bidang Koordinasi kebudayaan Kemenko PMK, I Nyoman Shuida atas musibah kebakaran yang terjadi di Museum Bahari Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/01) lalu.

"Insiden ini menjadi peringatan bagi semua pihak untuk lebih peduli terhadap warisan budaya yang ada," ucap Nyoman Shuida saat ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (17/01).

Oleh humas on January 11, 2018

Jakarta (11/01) – Festival Seni Europalia Indonesia (FSEI) akan berakhir pada bulan Januari 2018. Terkait dengan hal tersebut, Kemenko PMK menggelar Rakor Persiapan Penutupan FSEI 2017-2018 di ruang rapat lantai III, Kemenko PMK Jakarta. 

Oleh humas on December 19, 2017

Bogor (19/12) – Data dan informasi terkait kebudayaan, khususnya keberadaan cagar budaya dan permuseuman sangat beragam. Karena itu diperlukan penyelarasan data dan informasi terkait hal tersebut. 

Oleh humas on December 18, 2017

Bogor (18/12)--- Tim Koordinasi Pelestarian dan Pengelolaan Warisan Budaya dan Alam Indonesia telah dibentuk melalui SK Menko PMK No.20/2016 tertanggal 2 September 2016 lalu. Melalui SK Menko PMK ini, ditegaskan bahwa warisan budaya dan alam Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang perlu dilesatarikan dan dikelola secara tepat, dilakukan berkelanjutan serta perlu dikoordinasikan lintas kementerian/lembaga.

Oleh humas on December 13, 2017

Makassar (13/12) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelestarian dan Pengelolaan Warisan Budaya Regional Tengah  yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (13/12). Rakornas kali ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’man dan dihadiri oleh SKPD, Kepala BPCB, Kepala Museum, perwakilan dari perguruan tinggi, dan komunitas masyarakat.

Oleh humas on December 07, 2017

Jakarta (07/12) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali melaksanakan fungsi koordinasi, singkronisasi dan pengendalian (KSP) kegiatan Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS) yang kali ini dipusatkan di Balai Warga, Kelurahan P. Panggang, Kabupaten Administartif Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (7/12). Kegiatan GBBS merupakan kerja bareng dengan Kemenko Maritim, Kemenko Perekonomian, Kemendikbud, Kemenpar, Kemen LH, Bank Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif, Pemkab Kepulau Seribu, dan kelompok masyarakat lainnya.

Oleh humas on November 27, 2017

Jakarta (27/11) – Menko PMK Puan Maharani mendampingi Wakil Perdana Menteri RRT Liu Yandong beraudiensi dengan Wapres Jusuf Kalla di Istana Wapres Jakarta. Sejumlah agenda High Level Meeting People to People Exchange Mechanism  (HLM-PEM) yang akan digelar di Surakarta tanggal 28-29 November 2017.

Oleh humas on November 25, 2017

Jakarta (25/11),  Bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Y.B Satya Sananugraha mendampingi agenda pertama kunjungan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Liu Yandon, beserta beberapa menteri dari Republik Rakyat Tiongkok dalam pertunjukan kesenian budaya antara Indonesia dan China.

Oleh humas on November 23, 2017

Jakarta (23/11)--- Malam ini, Menko PMK, Puan Maharani, berkesempatan membuka Konser Musik dalam rangka Peringatan 70 Tahun karier bermusik Legenda dan Pendiri Panbers Band, mendiang Benny Panjaitan, di Gedung Graha Bakti Budaya, Tim, Jakarta Pusat. “Dalam kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak para seniman musik untuk tidak meninggalkan anak-anak kita. Kita tentu sudah lama tidak mendengar lagu anak-anak yang melegenda seperti bintang kecil, pelangi-pelangi, kebunku, dan lain sebagainya. Mari ciptakan musik dan lagu untuk an

Oleh humas on November 23, 2017

Jakarta (23/11) --- Asisten Deputi Warisan Budaya pada Kedeputian bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Pamuji Lestari, pagi ini membuka dan memimpin rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan festival seni Europalia Indonesia (FEI) 2017-2018. Rapat ini bertempat diruang rapat lantai 3, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 16, 2017

Cirebon (16/11) --- Bertempat di Ballroom Hotel Prima Cirebon, Jawa Barat. Siang ini Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida yang diwakili Asisten Deputi (Asdep) Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka Setiawan, memimpin rapat koordinasi (rakor) pembangunan karakter dan peneguhan jati diri masyarakat berbasis budaya. Rakor diawali dengan suguhan tarian Topeng dari sanggar Adi Ningrum Cirebon. 

Oleh humas on November 16, 2017

Belitung (16/11) -- Staf Ahli Menko PMK Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial dan Jati Diri Bangsa, Haswan Yunaz,  memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Multipihak Pengelolaan dan pelestarian Warisan Budaya di Kabupaten Belitung, Propinsi Bangka Belitung, Kamis (16/11). Rakor diikuti oleh instansi kementerian/lembaga terkait, SKPD dilingkup Propinsi Bangka Belitung, dunia pendidikan dan komunitas masyarakat.

Oleh humas on November 13, 2017

Bukit Tinggi (13/11) --- Asisten Deputi (Asdep) Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka Setiawan, mewakili Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida, senin pagi membuka dan memimpin rapat koordinasi pembangunan karakter dan peneguhan jati diri masyarakat berbasis budaya yang diselenggarakan di Bukittinggi, (Sumbar), rakor ini bertempat di Hotel Grand Rocky, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Oleh humas on November 11, 2017

Banyuwangi, Jatim (11/11)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang tadi membuka pesta budaya tahunan ‘Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)’ di komplek Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. Adapun thema Banyuwangi Ethno Carnival 2017 ini adalah “Majestic Ijen” yang akan mempertontonkan keagungan Gunung Ijen yang sangat dibanggakan Masyarakat Banyuwangi. Explorasi Gunung Ijen akan disuguhkan melalui  peragaan kostum bertema penambang belerang, blue fire, dan kawah Ijen.

Oleh humas on November 10, 2017

Jakarta (10/11) -- Asisten Deputi Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari, sore ini membuka rapat koordinasi (rakor) terkait penyebarluasan Buku 366 Cerita Rakyat Nusantara di Ruang rapat lt. 6 Kemenko PMK, Jakarta. Tujuan rakor pada hari ini adalah untuk mendapatkan pemahaman dan kesamaan persepsi tentang manfaat dan kegunaan dari buku 366 Cerita Rakyat Nusantara dalam pembangunan manusia dan Kebudayaan.

Pages

Subscribe to RSS - Budaya