Budaya

Oleh humas on September 13, 2018

Takengon (13/9) -- Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pemberdayaan Kawasan Strategis dan Khusus Kemenko PMK, Widjanarko Setiawan mewakili Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK memberikan arahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pengisian Indikasi Program pada Masterplan RTRW Aceh. Rakor dilaksanakan di aula Kabupaten Aceh Tengah, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Kamis pagi (13/9). Rakor di buka oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Oleh humas on September 10, 2018

Sebagai rangkaian dari Lokakarya Penggerak Perdamaian yang diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) bekerja sama dengan Paritas Institut, pada hari Minggu (9/9) kurang lebih sebanyak 10 pemuda lintas iman terjun langsung membangun dialog keberagaman Indonesia Bersatu melalui kunjungan ke berbagai tempat ibadah di Purwokerto. Malam sebelumnya, pemuda lintas iman ini telah menginap bersama masyarakat Hindu di Pura Pedaleman Giri Kendeng, Jawa Tengah.

Oleh humas on September 10, 2018

Kehadiran Festival Payung Indonesia 2018 dengan ribuan payung penuh warna dan lukisan, turut membuat pesona candi Borobudur semakin cantik. Selama 3 hari pada 7-9 September 2018, berbagai kreasi berbahan payung telah memanjakan pengunjung untuk betah berlama-lama. Bertemakan ‘Sepayung Indonesia, Lalitavistara’, Festival Payung Indonesia dipamerkan dengan ragam kreasi penuh makna, sebagaimana kisah dalam relief Borobudur yang menunjukkan payung sebagai simbol tahapan kehidupan manusia dan perekat keberagaman.

Oleh humas on September 08, 2018

Pada hari Jumat (7/9), bertempat di Griya Gusdurian Purwokerto, Lokakarya Penggerak Perdamaian secara resmi dibuka. Lokakarya ini merupakan inisiatif Paritas Institut bekerja sama dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang menyasar pemuda lintas iman di daerah-daerah. 

Oleh humas on September 04, 2018

Solo, Jateng (04/09)--- Sejarah telah memperlihatkan bagaimana kekayaan budaya Indonesia dengan segala isinya menunjukan adanya kesamaan karakter, seperti karakter gotong royong, persatuan dan tolong menolong di antara sesama bangsanya. Seiring berjalannya kehidupan berbangsa, masyarakat yang menghormati dan selalu menjunjung tinggi sejarah dan warisan budayanya akan  melahirkan generasi masa depan bangsa yang memiliki karakter itu.

Oleh humas on September 04, 2018

Bandung (3/9) – Perubahan perilaku buang sampah di sungai merupakan sebuah elemen penting yang dapat berkontribusi signifikan terhadap upaya revitalisasi Sungai Citarum. Perubahan perilaku ini terlihat sederhana, namun jika dilakukan oleh seluruh warga di sekitar DAS Citarum, dampaknya akan sangat positif. 

Oleh humas on August 28, 2018

Jayapura (28/08)-- Pemerintah sangat memberikan perhatian yang luar biasa pada sektor kebudayaan. Wujud perhatian itu tertuang dalam nawa cita dan Tri sakti yakni pembangunan dilaksanakan dengan berkepribadian dalam kebudayaan.

Hal ini diungkapkan Asisten Deputi Warisan Budaya, Kementerian Koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan (Kemenko PMK), Pamudji Lestari dalam acara Rakor Pelestarian dan Pengelolaan Noken sebagai Warisan Takbenda Dunia dan Taman Nasional Lorenz sebagai Warisan Alam Dunia yang dilaksanakan di hotel Grand Abe, Jayapura.

Oleh humas on August 13, 2018

Maraknya penggalangan dana dengan kotak kardus bertuliskan “Untuk Korban Bencana” di jalan-jalan raya mendapatkan perhatian serius dari Kemenko PMK. Tanpa mengurangi penghargaan pada para relawan pengumpul dana itu, Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) perlu mewanti-wati agar kegiatan filantropis perlu diperhatikan akuntabilitas dan transparansinya. “Tindakan mereka sangat positif, peka, solid dan cepat tanggap membantu korban bencana.

Oleh humas on August 08, 2018

Jakarta (08/08) --  Kebudayaan bukan sektor sampingan bukan juga sektor yang asal dikerjakan tapi kebudayaan merupakan sektor yang sangat strategis bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, I Nyoman Shuida saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemajuan kebudayaan tahap ke-3 yang diselenggarakan di ruang rapat utama Lt. 7 Kemenko PMK, Jakarta. Rakornas diikuti oleh Kemendikbud, Kemendagri, Kemen PPN/Bappenas, para Gubernur, Bupati dan Walikota yang diundang.

Oleh humas on August 03, 2018

Jakarta (03/07) --- Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida, yang diwakili oleh  Staf Ahli Kemenko PMK Bidang Sustainable Develepment  Goal’s  ( SDGs), Ghafur Dharmaputra, pagi ini membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemajuan Kebudayaan. Rakornas ini bertempat dilantai 7, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on August 03, 2018

Jakarta (03/8) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membuka secara resmi pameran seni koleksi Istana Kepresidenan RI di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Dalam pameran tersebut sejumlah lukisan dan beberapa patung yang biasa menghuni Istana Kepresidenan ditampilkan.

Dalam sambutannya, Menko PMK mengatakan, pemeran tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut Asian Games 2018. Ia berharap Galeri Nasional bisa menjadi tempat wisata bagi warga negara asing yang datang saat perhelatan Asian Games.

Oleh humas on July 31, 2018

Jakarta (31/07)--- Bangsa Indonesia yang kaya akan budaya, saat ini, sesungguhnya berada dalam situasi bahwa kecintaan dan pemahaman kita akan kebudayaan Indonesia semakin hilang arah. Dampaknya pun dapat terlihat jelas dengan semakin lunturnya nilai-nilai karakter bangsa seiring memudarnya nilai-nilai budaya bangsa di tengah kehidupan kita sehari-hari.

Oleh humas on July 29, 2018

Tokyo (29/7) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menghadiri rangkaian acara Festival Indonesia di Hibiya Park, Tokyo. Festival Indonesia ini diselenggarakan untuk memperingati dan memeriahkan perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.

Oleh humas on July 21, 2018

Bogor (20/07) – Pemerintah melalui Kemenko PMK tengah mempertimbangkan keberlanjutan Indeks Kesejahteraan Rakyat (IKraR). Keberlanjutan IKraR akan disesuaikan dengan perubahan nomenklatur dari Kemenko Kesra menjadi Kemenko PMK. Karena itu pula diusulkan nama baru IKraR serta usulan indikator barunya. 

Oleh humas on May 14, 2018

Jakarta (14/05) -- Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari memimpin rapat koordinasi (rakor) terkait dengan tindaklanjut Tim Reactif Monitoring Mission (RMM) International Union for Conservation Nature (IUCN) UNESCO di TRHS dan Persiapan Sidang Ke-42 World Heritage Center (WHC). Rapat dilaksanakan di ruang rapat Lt. 3 Kemenko PMK, Jakarta. Rakor dihadir dari berbagai instansi serta K/L terkait.

Oleh humas on May 09, 2018

Banda Aceh (08/05)--- Secara keseluruhan, isu kebudayaan memang masih belum menjadi salah satu bahasan penting di level kebijakan pemerintah. Padahal, sebagai simbol kekayaan suatu bangsa dan negara, negara yang kaya akan kebudayaan seperti Indonesia nyatanya masih harus berjuang keras mengelola, merawat, dan melestarikan kebudayaannya. Sebagai produk kebudayaan, keberadaan museum di tanah air juga masih belum jadi magnet penarik minat apalagi rasa bangga masyarakat.

Oleh humas on April 19, 2018

Jakarta (19/04)-- Upaya gotong-royong menjaga keluhuran budaya sebagai identitas bangsa sangat penting. Untuk itu, upaya menjaga dan melestarikan budaya Bangsa perlu terus dilakukan.

Oleh humas on April 10, 2018

Jakarta (10/04)--- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, meninjau kerjasama kebudayaan Indonesia dengan Google Cultural Institute di Paris, Perancis, Senin waktu setempat. Kegiatan ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Menko PMK selaku Ketua Delegasi Indonesia pada rangkaian sidang ke-204 Dewan Eksekutif Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Oleh humas on April 05, 2018

Jakarta (5/4) – Kedeputian Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Kemenko PMK), Melalui Asisten Deputi Warisan Budaya, Pamuji Lestari, Pagi ini mengadakan “Entry Briefing Reactive Monitoring Mission Tim IUCN Paris” di ruang rapat Taskin Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on March 26, 2018

Jakarta (26/3) - Salah satu prioritas program pemerintah yang akan diperkuat dan dipertajam ke depan adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkaitan erat dengan pendidikan, keterampilan, dan keahlian. Peningkatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan Nasional Tahun 2018 dan Peresmian Perpustakaan Digital Wakil Presiden di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional, Senin (26/3).

Oleh humas on March 13, 2018

Jakarta (13/03)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini melantik Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kemenko PMK di ruangan lt.1 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Pejabat dilantik itu adalah Nyoman Shuida yang nantinya mengisi jabatan sebagai Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan berdasarkan Keppres No.18/TPA/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya Kemenko PMK. Nyoman sebelumnya diketahui merupakan Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK. Usai diambil sumpah jabatannya, Nyoman lalu menandatangani SK dan Pakta Integritas.

Oleh humas on March 05, 2018

Jakarta(04/03)--Staf Ahli Bidang Sustainable Development Goals Pasca 2015 Kemenko PMK, Ghafur Akbar Dharma Putra, mewakili Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, membuka secara resmi festival Bedhayan 2018 di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu petang. Turut hadir dalam kesempatan ini Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Kemenko PMK, I Nyoman Shuida; Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, Sujatmiko; dan Asisten Deputi Warisan Budaya, Kemenko PMK, Pamuji Lestari. 

Oleh humas on March 04, 2018

Jakarta (04/03)--- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, mengingatkan masyarakat agar jangan melupakan Pancasila. Hal ini disampaikan Menko PMK saat menghadiri Karnaval Cap Go Meh di LTC Glodok, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Minggu siang.

"Jangan lupa jaga Pancasila, jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia , jaga Bhinneka Tunggal Ika," ujar Menko PMK.

Melihat antusiasme masyarakat yang ramai ingin menyaksikan karnaval budaya nusantara Cap Go Meh Glodok Tahun 2018, Menko PMK mengingatkan bahwa semua adalah satu saudara. 

Oleh humas on February 14, 2018

Jakarta (14/02)--- Program dan kegiatan bidang kebudayaan di tahun 2018 melalui Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan diharapkan mampu menghasilkan banyak hasil kerja yang berasal dari suatu alur kerjasama dari kementerian dan lembaga negara terkait.

Oleh humas on January 18, 2018

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meminta seluruh pihak untuk meningkatkan perhatian terhadap museum-museum di Indonesia. Ini disampaikan Plt. Deputi Bidang Koordinasi kebudayaan Kemenko PMK, I Nyoman Shuida atas musibah kebakaran yang terjadi di Museum Bahari Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/01) lalu.

"Insiden ini menjadi peringatan bagi semua pihak untuk lebih peduli terhadap warisan budaya yang ada," ucap Nyoman Shuida saat ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (17/01).

Pages

Subscribe to RSS - Budaya