Bencana dan Kerawanan Sosial

Oleh humas on February 20, 2020

Cibinong (19/2) -- Kehidupan masyarakat terdampak pascabencana banjir dan longsor awal tahun lalu masih belum pulih. Setelah masa tanggap darurat bencana habis terhitung 30 Januari 2020, kini status penanganan bencana banjir dan tanah longsor berubah menjadi masa transisi bencana ke pemulihan sampai 30 April 2020.

Terkait hal itu, pemerintah memastikan bahwa dalam masa transisi semua proses penanganan pascabencana termasuk pembangunan infrastruktur berupa hunian bagi para pengungsi terdampak dapat berjalan lancar.

Oleh humas on February 15, 2020

Jakarta (15/2) - Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengadakan konsolidasi kelembagaan Kelompok Kerja Perlindungan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (Pokja P3AKS) dengan melibatkan kementerian/lembaga dan masyarakat sipil pada (12/2).

Hal itu untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Permenko PMK) No. 2/2019 tentang Pokja P3AKS.

Oleh humas on February 13, 2020

Lebak (12/2) -- Pemerintah baik pusat maupun daerah terus melakukan koordinasi guna mempercepat upaya penanganan pascabencana. Rabu (12/2), Plt Asisten Deputi Tanggap Cepat Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Kemenko PMK) Iwan Eka bersama Bupati Lebak Iti Octavia melakukan rapat koordinasi penanganan banjir bandang yang terjadi awal tahun lalu.

Oleh humas on February 04, 2020

Bogor (4/1) -- Indonesia terletak di garis kathulistiwa dan memiliki cincin api pasifik terbesar. Hal tersebut membuat Indonesia sangat akrab dengan bencana. Mulai dari bencana karena pengaruh cuaca seperti banjir, kebakaran hutan dan lahan, hingga bencana karena kondisi alam seperti gempa bumi, gelombang tsunami dan letusan gunung berapi. 

Oleh humas on February 04, 2020

Yogyakarta (31/1) -- Bencana alam adalah suatu fenomena yang tidak dapat dihindarkan. Seringkali, bencana yang disebabkan faktor alam mengakibatkan banyak kerugian mulai dari kerusakan infrastruktur, kerugian materi harta benda, hingga jatuhnya korban jiwa.

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Dody Usodo HGS mengatakan bencana adalah urusan bersama yang penanggulangannya bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata.

Oleh humas on February 03, 2020

Bogor (3/2) --  Genap satu bulan lalu, Indonesia dilanda bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di beberapa daerah terutama yang paling terdampak parah yaitu di Kabupaten Lebak, Banten, dan Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Khusus di Kecamatan Sukajaya, bencana banjir dan tanah longsor yang melanda masih menyisakan beberapa persoalan. Utamanya berkaitan dengan perbaikan infrastruktur dan pemukiman warga serta pemulihan kondisi alam yang masih rentan.

Oleh humas on February 03, 2020

Sentul (3/2) -- Indonesia dikenal sebagai negara yang berada di daerah cincin api pasifik sehingga menjadikan wilayahnya rawan diguncang gempa dan dilanda letusan gunung berapi. Posisi geografis dan geologi Indonesia yang berada di tiga lempeng aktif bagian selatan, utara, dan timur juga menyimpan potensi besar untuk terjadinya beragam jenis bencana.

Oleh humas on January 21, 2020

Jakarta (21/1) -- Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor, awal Januari lalu, menyisakan ragam persoalan mendesak untuk segera diselesaikan. Utamanya menyangkut masalah relokasi pemukiman warga yang terkena dampak bencana serta pemulihan kondisi alam melalui revegetasi tanaman Vetiver.

Oleh humas on January 15, 2020

Jakarta (15/1) -- Terorisme masih menjadi permasalahan serius yang dialami bangsa ini. Undang-Undang No. 5/2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme mengamanatkan, negara melalui pemerintah bertanggung jawab atas perlindungan terhadap korban terorisme.

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Doddy Usodo HGS menyatakan bahwa kementerian/lembaga memiliki peranan penting sebagai kunci keberhasilan pemenuhan hak korban terorisme secara terintegrasi.

Oleh humas on January 14, 2020

Jakarta (14/1) -- Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Doddy Usodo HGS memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) penanganan banjir bandang dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat serta di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten pada hari Selasa (14/1) di Ruang Taskin, Gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on January 09, 2020

Jakarta (8/1) -- Pemerintah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam rangka memperkuat upaya penanganan radikal terorisme di Kantor Wapres, Jakarta. Rapat dihadiri sejumlah menteri serta perwakilan eselon I dari beberapa kementerian. 

Diantaranya, Menko Polhukam, Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri PAN-RB, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Menteri Komunikasi dan Informasi, Kepala BNPT, Kepala POLRI, dan perwakilan Kementerian Dalam Negeri.

Oleh humas on January 07, 2020

Jakarta (7/1) -- Pasca banjir yang melanda DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada awal tahun 2020, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan rapat koordinasi dan sinkronisasi dengan kementerian/lembaga serta kepala daerah yang terdampak banjir di Kantor Kemenko PMK, Selasa (7/1).

Oleh humas on January 05, 2020

Jakarta (3/1) -- Banjir yang melanda Ibukota beberapa hari lalu masih menyisakan keprihatinan. Sekitar 1.300 warga terdampak banjir, termasuk anak-anak, kaum ibu, dan para lanjut usia (lansia)  terpaksa menempati 19 ruang kelas di SMPN 264 Jakarta dengan minim fasilitas akibat ketinggian air yang mencapai setingi pinggang orang dewasa.

Oleh humas on January 05, 2020

Lebak (4/1) -- Kondisi sejumlah wilayah di Tanah Air yang terdampak bencana banjir awal tahun hingga kini masih memprihatinkan. Di Kabupaten Lebak, Banten, beberapa jembatan yang menghubungkan antar desa terputus serta ribuan warga terpaksa bertahan di pengungsian akibat kehilangan rumah yang rusak dan terbawa arus.

Oleh humas on January 03, 2020

Jakarta (2/1) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan segera melakukan koordinasi bersama kementerian/lembaga terkait penyaluran bantuan bagi para korban banjir di sekitaran Ibukota. Bantuan yang dibutuhkan meliputi sembako, pakaian, selimut, dan juga perlengkapan sekolah.

Oleh humas on December 26, 2019

Kendal, Jawa Tengah (26/12) --- Kemenko PMK melalui Kedeputian Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Penanganan Bencana Angin Puting Beliung di Wilayah Kabupaten Kendal, Prov. Jawa Tengah pada 21 Desember lalu. 

Kegiatan monev dilakukan dalam rangka memastikan pemerintah daerah, Kabupaten Kendal, dalam menghadapi bencana puting beliung yang baru saja melanda beberapa wilayah Kabupaten Kendal pada kurun waktu tanggal 7 s/d 17 Desember 2019 yang melanda 9 Kecamatan dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal.

Oleh humas on December 20, 2019

Samarinda (18/12) --- Kemenko PMK Melalui Kedeputian Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Kebijakan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Wilayah Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut dalam rangka memastikan kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi musim hujan yang kerap menyebabkan bencana banjir dan longsor serta menerima masukan mengenai kebijakan PRB.

Oleh humas on December 06, 2019

Jakarta (6/12) -- Pemerintah lintas kementerian/lembaga kembali mempersiapkan strategi dan program guna menanggulangi masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih kerap terjadi di Indonesia.

Oleh humas on December 05, 2019

Sigi (4/12) – Tim Gugus Tugas Revolusi Mental (GTRM) PMK Bersatu dan Tim Sekretariat GTRM Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan pemantauan (monitoring) dan evaluasi realisasi penyaluran sumbangan sukarela pegawai Kemenko PMK untuk korban bencana gempa, tsunami, dan likuifasi di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Oleh humas on November 28, 2019

Magelang (28/11)--- Rangkaian program Ekspedisi Bakti Pemuda PMK yang diprakarsai oleh Kemenko PMK resmi berakhir pada Selasa lalu (26/11). Acara yang diikuti oleh 2.000 pemuda dari 8 Kab/Kota di Jawa Tengah ini (Kab. Klaten, Kab. Sukoharjo, Kab. Boyolali, Kota Surakarta, Kab. Karanganyar, Kab. Sragen, Kab. Wonogiri, dan Kota Magelang), resmi ditutup oleh Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Dody Usodo Hargo S.

Oleh humas on November 25, 2019

Jakarta (25/11)--- Upaya pemulihan pascabencana nyatanya tidak hanya perlu mendahulukan pembangunan fisik seperti rumah tangga dan fasilitas umum lainnya. Kondisi sosial ekonomi  yang biasanya ditandai dengan geliat ekonomi masyarakat agar dapat bangkit seperti semula juga perlu dipikirkan dan diperhatikan lebih jauh. Pemanfaatan dana desa yang tengah digulirkan Pemerintah dimungkinkan untuk dapat digunakan sebagai salah satu stimulus bergairahnya kembali kehidupan ekonomi msayarakat yang merupakan para penyintas pascaterjadinya bencana alam.

Oleh humas on November 21, 2019

Magelang (21/11) -- Peserta Ekspedisi Bakti Pemuda PMK diharapkan dapat  menjadi kader perubahan, dengan mempraktikkan perilaku bertanggung jawab, kerja keras, optimis, kerjasama, bersikap toleransi, dan memperkuat ke-bhineka tunggal ika-an Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat. 

Oleh humas on November 21, 2019

Jakarta (20/11) -- Guna memperkuat koordinasi kebencanaan, Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Rabu siang.  Didampingi seluruh Eselon 1 Kemenko PMK, Menko PMK disambut langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo dan seluruh jajaran Eselon 1 BNPB.

Oleh humas on November 17, 2019

Magelang (16/11) –  Pelaksanaan ekspedisi bakti pemuda PMK 2019 merupakan tindakan nyata pemerintah untuk menghadirkan kegiatan lingkup koordinasi Kemenko PMK melalui peningkatan pelayanan masyarakat, program-program pembangunan manusia kebudayaan di daerah. Demikian disampaikan Deputi Koordinasi Bidang Kerawanan Sosial dan dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo dalam pembukaan pelaksanaan ekspedisi bakti pemuda PMK 2019 gelombang pertama, di Lapangan Tentara Rindam IV Diponegoro Magelang, Jawa Tengah.

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ke Malang, Jawa Timur, diikuti oleh lebih dari 30 jurnalis media cetak dan elektronik, lokal hingga nasional. Seluruh pejabat eselon 1, mulai Sekretaris Menko PMK (Sesmenko PMK), jajaran para deputi, dan juga staf ahli turut menjamu sekaligus membuka forum dialog bersama para awak media.

Pages

Subscribe to RSS - Bencana dan Kerawanan Sosial