Berita dan Artikel

Oleh humas on November 19, 2018

Jakarta (19/11) – Forum Pemuda Nasional untuk SDGs telah diluncurkan dalam “Filantropi Indonesia Festival” pada Jumat, 13 November 2018 di Jakarta Convention Center. Acara peluncuran dihadiri Staf Ahli Menteri Bidang SDGs Pasca 2015 Ghafur Dharmaputra dan wakil dari media massa, berbagai organisasi hingga start up yang dirintis dan dikelola pemuda, organisasi pelajar dan mahasiswa, serta berbagai divisi pemuda yang bernaung pada beberapa organisasi keagamaan.

Oleh humas on November 19, 2018

Jakarta(19/11)--Plt Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko Bidang PMK, Ghafur Dharmaputra siang ini menerima audiensi dari Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), di ruang Taskin Kantor Kemenko PMK. KPPI merupakan organisasi perempuan pegiat politik yang didirikan tahun 2000 dengan anggota pengurus berasal dari seluruh partai politik peserta pemilu. 

Oleh humas on November 17, 2018

Jakarta (16/11) – Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA,  memimpin Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) untuk menyiapkan bahan kebijakan strategis terkait fokus pembangunan SDM dan percepatan pertumbuhan ekonomi. Rakornis dilaksanakan di Kantor Kemenko PMK dan diikuti perwakilan Kemeristekdikti, Kemendikbud, Bappenas, Kemenaker, dan Kementerian Perindustrian.

Oleh humas on November 16, 2018

Jakarta (16/11)—Perguruan Tinggi diharapkan berkolaborasi dengan melakukan pengabdian dan pemberdayaan ke Kawasan Perdesaan. Bentuknya bisa melalui riset-riset yang ada maupun melalui pendampingan ke masyarakat perdesaan. Untuk itu, Kemenko PMK menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kemitraan dan Kelembagaan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) di Kantor Kemenko PMK, Jumat siang (16/11). Rakor kali ini membahas rencana kerjasama kelembagaan dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mendukung pengembangan KPPN. 

Oleh humas on November 16, 2018

Jakarta (16/11) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Kepala Bidang Peningkatan Ketahanan Keluarga, Dra. Endang Rahayu memimpin rapat Pleno Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembentukan Keluarga Berkarakter. Rapat dilaksanakan di hotel Alila Pecenongan, Jakarta, Jum'at pagi (16/11). 

Oleh humas on November 16, 2018

Wonosobo (15/11) -- Kedeputian Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kemenko PMK yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Kesejahteraan Keluarga, Imam Gunadi menghadiri Festifal Hak Azasi Manusia (HAM) yang diselenggarakn di Gedung Sasana Adipura Kencana Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah pada 13-15 November 2018. Kegiatan Fistifal HAM diselenggarakan atas kerjasama Komisi Nasional (Komnas) HAM, Kantor Staf Presiden (KSP), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemeritah Kabupaten Wonosobo dan Internastional NGO Forum for Indonesian Development (INFID).

Oleh humas on November 16, 2018

Medan (16/11)--- Pembangunan pendidikan sejatinya merupakan tangung jawab yang tidak hanya oleh Pemerintah Pusat dan daerah tetapi juga perlu melibatkan peran masyaarakat mengingat kendala yang dihadapi dalam pembangunan pendidikan di tanah air mulai dari soal akses; ketersediaan dan kualitas tenaga pengajar; hingga soal fasilitas. Khusus untuk pendidikan madrasah, Pemerintah sudah mengupayakan melalui pembangunan madrasah, pemberian beasiswa, dan mengikutsertakan dalam Program Indonesia Pintar.

Oleh humas on November 15, 2018

Singapura (15/11) – Menko PMK mewakili Presiden RI menghadiri acara Penutupan Rangkaian Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-33 yang berlangsung pada 13-15 November di Suntec City Convention Centre, Singapura.

Sebelum acara penutupan, di hari ketiga ini para Pemimpin Negara ASEAN melanjutkan pertemuan dengan para Pemimpin negara-negara mitra dialog ASEAN yaitu dari India dan Amerika Serikat. 

Oleh humas on November 15, 2018

Jakarta(15/11)—Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK, Ade Rustama, memimpin rapat koordinasi menindak lanjuti hasil seminar Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pemberian konsensi dan insentif bagi penyandang disabilitas.

Oleh humas on November 14, 2018

Singapura (14/11) - Menko PMK, bersama beberapa Menteri lainnya, lanjut mendampingi Presiden RI pada Rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-33 di Suntec City Convention Centre, Singapura.

Pada hari kedua para Pemimpin Negara ASEAN melakukan sejumlah pertemuan dengan Pemimpin negara-negara mitra dialog ASEAN dari Australia, RRT, Republik Korea, Rusia hingga Jepang. Baik dalam bentuk pertemuan informal maupun pertemuan tingkat tinggi.

Oleh humas on November 14, 2018

Jakarta (14/11)— Rencana Aksi Nasional (RAN) Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (RAN PTPPO) 2015-2020 sudah akan berakhir tahun depan. Sehingga sudah saat untuk mengiventarisir program dan kegiatan Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PPTPPO) masing-masing Sub Gugus Tugas PTPPO yang akan dituangkan dalam RAN PTPPO periode 2020-2024.  

Oleh humas on November 14, 2018

Jakarta (14/10)--- Untuk mewujudkan kehidupan yang inklusif bagi penyandang disabilitas diperlukan perubahan kultural yang salah satunya adalah melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai bentuk edukasi dan penyadaran bagi seluruh komponen stakeholders tentang isu disabilitas. Selain itu, cara yang harus ditempuh lainnya adalah dengan terbitnya regulasi turunan dari UU No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas agar pengarusutamaan isu disabilitas dapat dimulai dari sisi pemerintah.

Oleh humas on November 14, 2018

Jakarta (14/11) – Dalam rangka mengoptimalkan upaya untuk menyamakan persepsi dan bergotong royong dalam pemajuan kebudayaan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, Kemenko PMK menyelenggarakan Rakornas Pemajuan Kebudayaan di salah satu hotel di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta.

Oleh humas on November 13, 2018

Singapura (13/11) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani beserta Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura, pada Selasa, 13 November 2018, pada pukul 12.30 waktu setempat.

Kedatangan Presiden ke Singapura kali ini dimaksudkan dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-33 ASEAN.

Oleh humas on November 13, 2018

Jakarta (13/11) – Kemenko PMK mengeluarkan sejumlah rekomendasi terkait Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional. Demikian hasil Dialog Kebudayaan, ‘Kebijakan Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan (Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional)’ di salah satu hotel di bilangan Pasar Baru, Jakarta. 

Oleh humas on November 13, 2018

Jakarta (12/11)--Program hasil sinkronisasi program pemberdayaan perempuan di berbagai kementerian dan lembaga nantinya akan diujicobakan pada tahun 2019. Hal ini diungkapkan Plt. Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan, Kemenko PMK, Wagiran saat memimpin rapat koordinasi sinkronisasi program pemberdayaan perempuan di berbagai kementerian dan lembaga, di Jakarta, Selasa (13/11). Tujuan dari rakor ini adalah untuk memadukan program dan kegiatan K/L untuk merencanakan uji coba pemberdayaan perempuan secara komprehensif tahun 2019.

Oleh humas on November 13, 2018

Jakarta (13/11) – Setelah melalui serangkaian proses pembahasan yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Pemerintah menerbitkan Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019.

Keputusan Bersama ini ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.

File Pendukung: 

Oleh humas on November 13, 2018

Bali (13/11)--Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK menyelenggarakan Rapat Koordinasi Peran Pendidik dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Era Disrupsi Teknologi. Rakor ini dimulai dengan sambutan dari Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Agus Sartono dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Bali,  I Wayan Koster.  Turut menjadi narasumber, yakni Staf Ahli Mendikbud bidang Pembangunan Karakter,  Arie Budhiman,  Kepala Dinas

Oleh humas on November 12, 2018

Jakarta (12/11)--Asisten Deputi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Kemenko PMK, Wahyuni Tri Indarty memimpin rapat Peningkatan Kualitas Penulisan Pidato/Sambutan yang dilaksanakan di Grand Mercure, Jakarta, Senin siang (12/11).

Oleh humas on November 12, 2018

Jakarta (12/11) --- Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra, pagi ini membuka rakor lanjutan mengenai peningkatan pemahaman caleg perempuan terhadap proses pemilu dengan menghadirkan empat Narasumber dari Direktur Instrumen HAM Direktorat Jenderal HAM Kemenkumham, Timbul Sinaga; Anggota KPU, Hasyim Asyari;  Kepala Bagian Temuan dan Laporan Pelanggaran Bawaslu, Yusti Erlina; dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhani. Rakor ini bertempat di Hotel Santika Premier, Jakarta.

Oleh humas on November 12, 2018

Jakarta (12/11) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri (RTM) tentang Evaluasi Sosialisasi Penyaluran Bantuan dan Jaminan Sosial (KIS, KIP, PKH, Bansos Pangan) di ruang rapat Lt. 1 Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin sore (12/11). RTM kali ini dilaksanakan sebagai upaya Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) program pemerintah.

Oleh humas on November 12, 2018

Jakarta (12/11) – Menko PMK Puan Maharani mengarahkan langkah percepatan pembangunan/ perbaikan rumah pasca bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam Rakor Tingkat Menteri (RTM) Percepatan Penanganan Pemulihan Pasca Bencana Gempa Bumi NTB yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK Jakarta, Menko Puan juga mengarahkan percepatan hal lainnya. 

Oleh humas on November 12, 2018

Jakarta (12/11) -- Festival Janadriyah ke 33 akan diselenggarakan pada 1-21 Januari 2019. Untuk kesekiankalinya, Indonesia akan mengikuti festival ini. Karena itu, Kemenko PMK menggelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Festival Janadriyah ke 33 di Ruang Rapat Utama Lantai 7 Kemenko PMK, Jakarta. 

Oleh humas on November 11, 2018

Klaten (10/11)--- Usai menyambangi Boyolali, Menko PMK dan rombongan di hari kedua kunkernya di Jawa Tengah, Sabtu (10/11), melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Klaten. Bertempat di Pendopo Kabupaten, Menko PMK kembali menegaskan bahwa bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah harus benar-benar bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ke depan diharapkan mampu menciptakan kemandirian ekonomi keluarga.

Oleh humas on November 11, 2018

Boyolali (11/10)--- Sebagai salah satu program prioritas nasional saat ini, upaya meningkatkan kualitas hidup manusia dilakukan melalui skema pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang meliputi bidang kesehatan (KIS), pendidikan (KIP), dan ekonomi keluarga (PKH dan BPNT). Hari Sabtu ini, Menko PMK, Puan Maharani, hadir di Kab Boyolali, Jawa Tengah, untuk bersilaturahmi sekaligus memastikan bahwa bantuan sosial itu dilaksanakan dengan tepat sasaran dan tepat manfaat.

Oleh humas on November 10, 2018

Tangerang (10/11) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menerima penghargaan Juara Kantin Sehat dan Penyelenggara Ruang ASI Terbaik Tahun 2018. Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD), Tangerang Banten.

Oleh humas on November 10, 2018

Surakarta (10/11)--Keberpihakan Pemerintah bagi masyarakat yang tidak mampu, agar dapat hidup layak sangat tinggi. Berbagai kebijakan dan program Pemerintahan Presiden Joko Widodo terus dilaksanakan di semua sektor dan manfaatnya dirasakan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani saat menjadi pembicara dalam Dialog Nasional Indonesia Maju, di Diamond Solo Convention Center, Surakarta, Sabtu pagi (10/11).

Oleh humas on November 10, 2018

Bogor (9/11) -- Asisten Deputi Bidang Penanganan Kemiskinan Kemenko PMK, Suharmansyah memimpin rapat Penguatan Kegiatan dan Tata Kelola Kedeputian Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK. Rapat dilaksanakan di Bogor, Jum'at malam (9/11).

Oleh humas on November 09, 2018

Surakarta (9/11) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini melakukan rangkaian kunjungan kerja di Kota Surakarta. Menko PMK menyampaikan program bantuan sosial yang diberikan pemerintah sebagai komitmen dan kepedulian bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Oleh humas on November 09, 2018

Sukoharjo (09/11) -- Usai melaksanakan kunjungan kerja di Kota Surakarta, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya  untuk menyerahkan bantuan sosial pemerintah di Pendopo Bupati Sukoharjo.

Dalam sambutannya Menko PMK menyampaikan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah harus terus dijaga. Semua program bantuan yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan.

Pages

Subscribe to Berita dan Artikel