Oleh humas on June 04, 2018

Siaran Pers Nomor: 117/Humas PMK/V/2018
Mendampingi Presiden Jokowi, Menko PMK Hadiri Upacara Hari Peringatan Hari Lahir Pancasila
Jakarta (01/06)--- Pancasila merupakan suatu berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 yang kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, tampak diantara para menteri, mendampingi Presiden Jokowi pagi ini.
Sudah 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Pancasila juga sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya dan sudah menjadi rumah bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. 
Presiden Jokowi menambahkan Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 
"Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita," ujar Presiden Jokowi dalam amanatnya.
Ditambahkan Pressiden, pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 
"Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi, serta harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif," tambah Presiden.
Presiden Jokowi yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para Games yang diselenggarakan tahun ini. Semangat berprestasi ini diyakini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.
Diakhir sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada founding fathers atas warisan luhur negara kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang bisa dinikmati saat ini dan mengharapkan agar para ulama, tokoh agama, para guru dan ustadz, para politisi dan jajaran aparat Pemerintah, Polri, TNI dan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian. 
"Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya," pungkas Presiden.
Hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla; Presiden ke-5 RI Megawati; Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno; Wakil Presiden ke-11 Boediono; Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Agama, Lukman Hakim S; Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Asman Abnur; Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir; Menteri Sekretariat Kabinet, Pramono Anung; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy; Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Zulkifli Hasan; serta perwakilan lembaga negara lainnya. 
Secara serentak, seluruh instansi pemerintah, baik pusat, daerah, maupun perwakilan pemerintah di luar negeri, serta BUMN/BUMD juga menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2018. 
*********************
*Bagian Humas & Perpustakaan*,
*Kementerian Koordinator Bidang *Pembangunan Manusia dan Kebudayaan*
*roinfohumas@kemenkopmk.go.id*
*www.kemenkopmk.go.id*
*Twitter@kemenkopmk*
*IG: kemenko_pmk*
*Fb: @kemenkopmkRI*