Oleh humas2 on May 24, 2017

Jakarta (24/05)-- Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK, Nyoman Shuida hari ini memimpin rapat untuk menindaklanjuti laporan Ombudsman perihal pengelolaan asset program PPK/PNPM Mandiri Perdesaan dan tindak lanjut pelestarian dan penataan asset perguliran eks PNPM Mandiri perdesaan, di ruang rapat lt. 3 gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Di awal pengantar rapat, Nyoman Shuida memaparkan peran dan hal yang telah Kemenko PMK dalam pengelolaan asset program PPK/PNPM Mandiri Perdesaan dan tindak lanjut pelestarian dan penataan asset perguliran eks PNPM Mandiri perdesaan. Salah satunya adalah untuk mendorong percepatan penyelesaian Aset eks PNPM Mandiri, pada 7 April 2015 Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menerbitkan Kepmenko PMK No. 1 Thn 2015 tentang Tim Percepatan Pengalihan PNPM Mandiri Perdesaan dan Persiapan Pelaksanaan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Kepmenko PMK No. 2 Thn 2015 tentang Tim Koordinasi Penguatan Pemerintah Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan.

Lebih lanjut Nyoman Shuida menerangkan bahwa Kemenko PMK juga sudah melakukan koordinasi dan evaluasi peran Kemenko PMK. “Pada intinya semua yang telah di lakukan atau dikerjakan oleh Kemenko PMK belum tersosialisasikan kepada masyarakat sehingga banyak pihak yang tidak tahu atas apa yang di kerjakan Kemenko PMK," jelas Shuida. Dia Kembali menegaskan bahwa Kemenko PMK akan bersedia untuk melakukan audiensi dengan Asosiasi, dengan syarat asosiasi memang merepresentasikan lembaga resmi suatu asosiasi, bukan hanya sekumpulan UPK tertentu saja.

Selain dari kronologi yang telah disusun untuk menindaklanjuti laporan dari Ombudsman, Shuida juga meminta kepada peserta yang hadir di antaranya Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat, Magdalena; Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan Perdesaan, Awal Subandar; Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan Strategis dan Khusus, Wijanarko; Asisten Deputi Warisan Budaya, Pamuji Lestari; dan Perwakilan dari K/L untuk memberikan masukan. (fin)

Categories: