Oleh humasnew on April 12, 2018

Jakarta (10/04)--- Mewakili Seskemenko PMK, Kepala Perencanaan dan Biro Kerja Sama, Kemenko PMK, Yohan, pagi tadi membuka kegiatan sosialisasi e-Monev Generasi 3 di ruang Heritage gedung Kemenko PMK, Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Eselon II, III, dan para staf di lingkungan Kemenko PMK dan menghadirkan nara sumber dari Kedeputian Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan KemenPPN/Bappenas.

“Aplikasi e-Monev Ver 3.0 dapat digunakan sebagai alat bantu pelaksanaan pemantauan yang dapat menghasilkan pelaporan pemantauan yang bermanfaat untuk pengendalian pelaksanaan rencana dan menyediakan data bagi pelaksanaan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan, khususnya yang dibiayai oleh APBN,” kata Yohan dalam pengantarnya.

e-Monev Generasi 3.0 merupakan sistem pemantauan kinerja yang lahir pasca terbitnya PP No. 17/2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional. PP ini adalah hasil Kolaborasi Bappenas, Kementerian Keuangan dan Kementerian PAN-RB yang kemudian merumuskan Aplikasi bernama KRISNA  atau Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran.  Aplikasi ini diciptakan dengan tujuan untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan informasi kinerja, Aplikasi e-Monev Bappenas telah disesuaikan menjadi e-Monev Generasi 3 (e-Monev Ver3.0)

Referensi data yang digunakan e-Monev Generasi 3 sebagai dasar pelaksanaan pemantauan program dan kegiatan berasal dari data Renja K/L (data KRISNA) dan data RKA-KL. Ruang lingkup aplikasi dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu pertama, Input data realisasi komponen. Sesuai dengan struktur data Renja K/L 2018, pemantauan dilakukan mulai dari level komponen. Input data dilakukan untuk data realisasi anggaran dan fisik, yang dilengkapi dengan bukti dokumen, foto dan video. Input data pemantauan dilakukan setiap bulan atau setiap saat, tergantung kebutuhan masing-masing K/L; Kedua, Input data realisasi output dan indikator-indikatornya. Realisasi output dan indikator-indikatornya yang terdiri dari indikator output kegiatan, indikator kinerja kegiatan, indikator output program dan indikator kinerja program dilakukan dengan melihat realisasi komponen yang ada di masing-masing program/ kegiatan. Input data dilakukan jika output dan sasaran/target dari masing-masing indikator telah tercapai; Dan Ketiga, Verifikasi data. Verifikasi data realisasi ini dilakukan setiap tiga bulan sekali sesuai dengan PP 39/2006 Pasal 4 yang menyebutkan bahwa pelaporan pemantauan dilaksanakan secara triwulanan. Verifikasi dilakukan oleh Biro Perencanaan menggunakan User Biro Perencanaan di Aplikasi e-Monev ver 3.0.  adapun pelaporan yang berlaku dalam aplikasi ini dapat disampaikan setidaknya 14 hari di awal bulan per tri wulan waktu pelaporan. (*)

Categories: