Oleh humas2 on April 26, 2017

Jakarta (25/04)---Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sigit Priohutomo, sore tadi memimpin rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan rumah sehat/ rumah desa sehat, di ruang rapat lt. 3 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Hadir pula rapat ini perwakilan dari Kemendagri, Kemenkes, Kemendes PDTT, dan Lembaga terkait.

Mengacu kepada Surat dari Menteri Kesehatan yang dikirimkan ke Menko PMK, Kepala Bappenas, Menteri PUPR, Menteri Desa PDTT dan KSP, No. PR.02.03, Rumah Sehat yang bermakna hunian akan dibangun oleh Kementerian PUPR. Kemenkes bertanggungjawab terhadap penyempurnaan pedoman kriteria Rumah Sehat. Rumah Sehat yang bermakna sebagai lembaga kesehatan masyarakat di desa yang selanjutnya disebut “Rumah Desa Sehat” berjumlah 50.000 akan diwujudkan melalui pengembangan/revitalisasi/peningkatan pelayanan dari Poskesdes dan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Manusia) lainnya yang sudah ada di desa. “Upaya yang sangat mendasar dari pembentukan “Rumah Desa Sehat” ini adalah untuk membuat masyarakat lebih sehat,” papar Sigit.

Prinsip dari Rumah Desa Sehat adalah menumbuhkan jejaring UKBM berbasis Siklus Kehidupan (Life Cycles), di mana Setiap orang harus beraktifitas dan berusaha agar sehat dengan cara perubahan perilaku dan kebiasaan hidup sehat serta setiap orang bertanggungjawab supaya orang lain di sekitarnya juga sehat, sehingga keluarga sehat dan masyarakat sehat. “Untuk itu kita harus segera mulai pembangunan “Rumah Desa Sehat” tersebut,” tutup Sigit. (Frz)

 

Categories: