Oleh humas2 on June 12, 2017

Jakarta (12/06)--– Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, hari ini memimpin rapat koordinasi tingkat menteri dengan sejumlah menteri terkait sesuai arahan Presiden dalam Ratas tanggal 24 Januari 2017 untuk menyusun road map percepatan pembangunan sepakbola Indonesia dan membentuk tim. Hadir dalam rakor hari ini Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi; dan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Sejumlah Rakornis dan Focus Group Discussions (FGD) telah dilangsungkan beberapa kali, dengan berbagai narasumber stakeholder persepakbolaan Indonesia untuk  mengidentifikasi beberapa isu strategis dalam Percepatan Pembangunan Sepakbola Indonesia. 

Rakor hari ini akan fokus pada rekomendasi yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo sebagai Laporan Kajian tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia. Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat disampaikan secara ringkas, bahwa terdapat enam isu strategis dalam percepatan pembangunan persepakbolaan Indonesia, yaitu pengembangan bakat, regulasi terkait pendanaan, kepelatihan dan wasit, tata kelola, infrastruktur dan sport science, serta kompetisi yang profesional.

Secara ringkas pula, peran strategis perlu dilakukan oleh setiap pemangku kepentingan dalam pembangunan persepakbolaan Indonesia, antara lain Peran strategis Pemerintah yang meliputi: revitalisasi sarana/prasarana, revitalisasi pendidikan, sinkronisasi kompetisi berbasis sekolah, dan regulasi pembinaan di sekolah; Peran strategis PSSI yang meliputi: standarisasi stadion dan pusat pelatihan klub, pembinaan kepelatihan, perwasitan, dan pemain, dan tata kelola kompetisi yang professional; Peran strategis klub yang meliputi: penyediaan lapangan dan pusat latihan, pusat pembinaan bakat, dan revitalisasi pengelolaan klub secara profesional; dan Peran strategis swasta: skema kemitraan yang saling menguntungkan, dan program kemitraan kompetisi dan pembinaan. (olv)