Oleh humas2 on March 16, 2017

Jakarta (16/03)--- Dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat koordinasi pada tanggal 31 Januari 2017 terkait dukungan program/kegiatan dari kementerian/Lembaga (K/L) untuk Ekspedisi NKRI koridor Papua Selatan tahun2017, Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, membuka dan memimpin rakor tindak lanjut dukungan program NKRI 2017, di ruang rapat Lt.7, Gd. Kemenko PMK.

Kegiatan Ekspedisi NKRI ini merupakan gabungan antara Ekspedisi Bhakti PMK dengan Ekspedisi NKRI yang rutin digelar setiap tahunnya. Untuk tahun ini nama kedua kegiatan itu menjadi Ekspedisi NKRI 2017, sedangkan tema yang diambil dalam kegiatan Ekspedisi tahun ini adalah “Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam Indonesia."

“Program-program yang sudah sudah diprogramkan didaerah nantinya akan dilihat dan disinkronkan kepada program di Eskpedisi NKRI 2017 untuk dijadikan satu dan dibicarakan dengan K/L terkait karena sudah ada anggarannya untuk bhakti PMK ini,” Ujar Yan.

Dalam tindak lanjutnya rakor ini agar K/L menyampaikan dukungan program/kegiatan di lokasi Ekspedisi NKRI, penjajakan kebutuhan dan rencana pelaksanaan kegiatan-kegiatan masing-masing K/L di wilayah Ekspedisi serta rencana rakor Ekspedisi di Kab Merauke pada minggu ke–1 April 2017.

Yan juga mengharapkan agar program yang sudah disusun Pemerintah,  harus dilakukan penyisiran dahulu oleh perwakilan daerah tersebut, sehingga sudah harus ada koordinasinya sebelum dilakukan survey oleh Pemerintah.Hadir dalam rakor ini perwakilan dari K/L seperti  Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Budaya, Kementerian Agama, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Perpusnas RI, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, BNPB,Kopassus, Kabagops Ekspedisi NKRI dan beberapa perwakilan K/L lainnya. (ris)