Oleh humas on January 24, 2017

Jakarta (24/01)--- Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK yang diwakili oleh Asisten Deputi bidang Koordinasi Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama dan Keagamaan,  Sahlan, hari ini memimpin Rapat Koordinasi tentang Persiapan Penyelenggaraan STQN XXIV Tahun 2017 dan MTQN XXVII Tahun 2018. Rapat berlangsung di ruang rapat lt.3 Gedung Kemenko PMK, Jakarta. Hadir dalam rapat antara lain Direktur Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, H. Muchtar Ali dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara, Suriansyah, serta Perwakilan dari K/L, Pemerintah Provinsi terkait.

Rapat hari ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persiapan STQN XXIV Tahun 2017 di Kalimantan Utara dan MTQN XXVII Tahun 2018 di Sumatera Utara selaku Tuan Rumah; untuk meningkatkan koordinasi dengan Pemda Kaltara dalam persiapan dan pelaksanaan STQN XXIV Tahun 2017 dan Pemda Sumut dalam persiapan MTQN XXVII Tahun 2018; untuk memastikan penyelenggaraan STQN XXIV Tahun 2017 di Kaltara dan MTQN XXVII Tahun 2018 di Sumut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini Sahlan juga menyampaikan Sasaran Rakor yaitu terkoordinasinya penyelenggaraan STQN XXIV Tahun 2017 di Kaltara dan MTQN XXVII Tahun 2018 di Sumut; terwujudnya komitmen K/L terkait dan seluruh Pemda dalam mendukung suksesnya STQN XXIV Tahun 2017 di Kaltara dan MTQN XXVII Tahun 2018 di Sumut; menjadikan Pelaksanaan STQN XXIV Tahun 2017 di Kaltara dan MTQN XXVII Tahun 2018 di Sumut Sebagai STQN dan MTQN yang bersih, tanpa masalah.

Pada akhirnya, rakor hari ini menyepakati beberapa hal yakni Pembukaan STQ direncanakan dihadiri oleh Presiden RI pada tanggal 15 Juli 2017 dan penutupan oleh Wakil Presiden pada tanggal 21 Juli 2017. Untuk itu Pemerintah Provinsi segera menyiapkan surat yang ditujukan kepada Presiden dan Wakil Presiden serta ditembuskan kepada Menag dan Kemenko PMK; Pelaksanan Launching STQ akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2017 bertempat di Aula Auditorium HM Rasjidi, kantor Kemenag di Jl. Thamrin, Jakarta Pusat dan direncanakan dihadiri oleh seluruh Pejabat, Pusat, LPTQ, dan para juara STQ dari seluruh Indonesia dan lembaga terkait; STQN dan MTQN merupakan event KeagamaanNasional, diharapkan dapat mendukung program pembangunan nasional pemerintah Jokowi,  tertutama harus di arahkan untuk mewujudkan Program Revolusi mental, Integritas, Etos Kerja dan Gotong Royong; Adapun thema dan Subthema STQN dan MTQN harus mengacu ketiga nilai Revolusi Mental. Di dalamnya diharapkan ada lima Program Gerakan Nasional Revolusi Mental: Indonesia Bersih, Melayani, Mandiri, Tertib, dan Gotong royong,  sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor: 12 Tahun 2016. (sumber:Aziz/Dep. IV Kemenko PMK)

Categories: