Oleh humas on July 31, 2018

Jakarta (31/07)--- Penuaan adalah konsekuensi yang tidak dapat dihindari sebagai bagian dari siklus hidup manusia sebelum akhirnya meninggal dunia. Penuaan dapat didefinisikan sebagai menurunnya fungsi tubuh manusia untuk melakukan perbaikan akibat kerusakan yang terjadi. Namun demikian, penuaan bukanlah penyakit, tetapi murni kondisi fisiologis. Semakin menuanya usia, berbagai fungsi tubuh yang menurun dapat menyebabkan para lanjut usia itu mudah terserang penyakit.

Maka, perawatan jangka panjang (Long Term Care) yang mencakup berbagai pelayanan perawatan sosial dan rehabilitasi menjadi suatu kebutuhan. Long Term Care adalah suatu sistem dari kegiatan-kegiatan terpadu yang dilakukan oleh tenaga professional dan atau tenaga informal (keluarga, tetangga, pengasuh, relawan, atau kader-kader lainnya) bagi para lanjut usia yang tidak mampu atau kurang mampu dalam merawat diri sendiri dalam rangka menjaga kualitas hidupnya. Sasaran dari Perawatan Jangka Panjang adalah para lanjut usia yang berisiko tinggi yaitu lanjut usia berumur 60 tahun atau lebih yang mempunyai disabilitas fisik dan atau mental dan sosial.

Perawatan Jangka Panjang bagi para lansia di tanah air sebenarnya sudah dilaksanakan, meskipun memang cakupannya tidak luas dan masih dilakukan secara parsial. Kementerian Kesehatan misalnya, melaksanakan layanan ini dengan fokus pada kegiatan yang dilakukan oleh care giver (pengasuh/pelaku rawat) informal atau profesional untuk memastikan bahwa lanjut usia yang tidak sepenuhnya mampu merawat diri sendiri, dapat menjaga kualitas tertinggi kehidupannya, sesuai dengan keinginannya, dan dengan kemungkinan memiliki kebebasan, otonomi, partisipasi, pemenuhan kebutuhan pribadi serta kemanusiaan, sementara BKKBN menyelenggarakan layanan ini sepenuhnya dalam program kerja bernama Bina Keluarga Lansia.

Untuk membahas masalah Perawatan Jangka Panjang ini, Kemenko PMK menggelar rapat koordinasi pelaksanaan program perawatan jangka panjang bagi lansia. Rakor siang tadi dimaksudkan untuk  mengetahui deskripsi mengenai perawatan jangka panjang yang telah dilakukan oleh Kemensos, Kemenkes dan BKKBN; mengetahui program-program perawatan jangka panjang yang telah dilakukan oleh kemensos, kemenkes dan BKKBN; dan KSP program perawatan jangka panjang yang telah dilakukan oleh Kemensos, Kemenkes dan BKKBN. (sumber:  Kedep II Kemenko PMK)