Oleh humas2 on March 01, 2017

Jayapura (28/02) – Asisten Deputi Urusan Pengurangan Resiko Bencana Kemenko PMK, Herbin Manihuruk mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Ekspedisi NKRI  Koridor Papua Selatan tahun 2017 di Jayapura, Papua. Rakor secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen yang didampingi oleh Palakar Ekspedisi NKRI 2017, Aster Kodam, Karo Ops Polda Papua dan diikuti oleh para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Propinsi, TNI/Polri, serta para pejabat daerah kabupaten yang menjadi lokasi kegiatan Ekspedisi NKRI 2017.

Menurut Herbin, diselenggarakannya rakor tersebut merupakan bentuk dari koordinasi, singkronisasi dan pengendalian (KSP) Kemenko PMK terhadap kegiatan Ekspedisi NKRI tahun 2017. Rakor ini juga dimaksudkan untuk mensosialisasika kegiatan Ekspedisi NKRI, komitmen bersama mensukseskan kegiatan serta menginventarisasi dukungan kegiatan berbagai pihak, khususnya dari pemerintah daerah dan SKPD terkait.

Herbin juga menerangkan bahwa Ekspedisi NKRI Kodridor Papua Selatan 2017 akan digelar dengan melibatkan 1000 orang mahasiswa/generasi muda dan dari unsur TNI/Polri, LSM, Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Kegiatan yang dilaksanakan pada Ekspedisi NKRI antara lain penjelajahan, pendataan dan pemetaan, Bhakti Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, pengabdian masyarakat, Gerakan Revolusi Mental/Gerakan Pengurangan Risiko Bencana,” jelas Herbin.

Selain itu, lanjut Herbin, tujuan penyelenggaraan ekspedisi  NKRI untuk melakukan identifikasi pengembangan potensi sumber saya alam, meningkatkan pelayanan kemasyarakatan dalam bidang pembangunannya manusia dan kebudayaan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat terutama generasi muda yang berkarakter dan berwawasan

“Waktu pelaksanaan ekspedisi NKRI pada bulan Juli sampai  Nopember 2017  dan lokasi tersebut meliputi kabupaten Asmat, Mappi, Boven Digoel dan Merauke yang dibagi dalam 5 sub Korwil, dengan puncak acara bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2017 di Merauke,” terang Herbin. (ed.deni)