Oleh humas on July 24, 2018

Jakarta ( 24/7) --- Untuk lebih mengetahui mendapatkan informasi terkait Program Sertifikasi Guru di lingkungan Kemenag, Kemenko PMK melalui Keasdepan Pembinaan Umat Beragama Pendidikan Agama dan Keagamaan menggelar Rakor Sertifikasi Guru di Lingkungan Kementerian Agama di Kemenko PMK, Jakarta. 

Asisten Deputi Pembinaan Umat Beragama Pendidikan Agama dan Keagamaan, Sahlan, yang membuka dan memimpin rakor ini menjelaskan, rakor diadakan untuk mendapatkan informasi terkait Program Sertifikasi Guru di lingkungan Kemenag. Diantaranya terkait data, sasaran, ketersediaan anggaran, model atau bentuk pendidikan sertifikasi, sistem rekrutmen, LPTK penyelenggara, pembayaran TPG dan  permasalahan-permasalahannya. Termasuk menguatkan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian (KSP) pada Kebijakan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Dijelaskannya, di dalam perpres Nomor 79 Tahun 2017 tentang RKP tahun 2018 terkait arah Kebijakan bidang Pendidikan  sudah dijelaskan point-point penting. Salah satunya adalah meningkatkan profesionalisme, kualitas, pengelolaan, dan penempatan guru yang harus merata karena itu menjadi penting untuk semuanya.

Tujuan diadakannya sertifikasi guru sendiri adalah untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran, meningkatkan profesionalitas guru, meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, meningkatkan martabat guru dan mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional.

Sahlan berharap agar kedepannya terkait RKP 2018 tentang serfikasi guru menjadi lebih baik lagi guna mempercepat terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Hadir dalam rakor ini perwakilan dari Direktur Pendidikan Agama Islam, Direktur Pendidikan Kristen, Direktur Pendidikan Katolik, Direktur Pendidikan Hindu dan Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Kementerian Agama. Ris

 

Categories: