Oleh humas2 on May 29, 2017

Jakarta (29/05) – Persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 semakin dimatangkan. Sejumlah proyek infrastruktur telah sesuai dengan target penyelesaiannya, termasuk sponsorship yang diharapkan dari swasta dan BUMN. Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani seusai Rapat Terbatas (Ratas) terkait dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Kantor Wakil Presiden, Jakarta.

Kepada awak media, Menko PMK menjelaskan bahwa Ratas tersebut menyoroti banyak hal, mulai dari cabang olahraga (Cabor), infrastruktur, venue hingga prestasi atlet. Dalam hal Cabor misalnya, telah disetujui sebanyak 39 cabor telah ditetapkan dalam Asian Games 2018. Sementara dari 431 nomor pertandingan, pemerintah juga berharap hal itu dapat dikurangi. “10 even (Nomor) pertandingan kita harap dapat dikurangi. Kita harap Inasgoc mampu menegosiasikannya dengan Olympic Council of Asia (OCA). Jadi kita akan fokus pada nomor pertandingan yang potensial meraih medali emas,” ungkap Menko PMK.

Menko PMK menambahkan, pada awal tahun 2018 akan diselenggarakan tes even untuk 10 cabor. Tes even itu untuk mengetahui sejauhmana kemampuan para atlet juga untuk melihat bagaimana venue dan fasilitas olahraga lainnya dapat berfungsi. Terkait perlu dibentuknya Badan Layanan Umum (BLU) untuk cairkan dana Asian Games 2018, Menko PMK berharap dalam satu-dua minggu ini akan selesai. “Mudah-mudahan tidak ada masalah,” ujarnya. Sementara, tentang sponsorship diakuinya sudah banyak swasta yang berminat menjadi sponsor. Untuk Asian Games melalui BLU pula, pemerintah akan mendorong BUMN untuk berpartisipasi. “Satu-dua bulan ini akan kelihatan berapa uang atau pemasukan dari sponsorship yang bisa kita dapat untuk pelaksanaan Asian Games,” cetusnya.

Sementara, terkait belum turunnya uang saku atlet yang mengikuti Pelatnas, Menko PMK mengatakan, hal tersebut akan menjadi perhatian pemerintah. “Kita akan evaluasi dan secepatnya diadakan rapat khusus terkait hal-hal teknis berkaitan prestasi atlet,” terangnya. Rapat itu nantinya akan menghadirkan Kemenpora, Satlak Prima hingga KONI. Menurut Menko PMK, Sukses penyelenggaraan Asian Games 2018 ditentukan oleh penyelenggaraan, infrastruktur dan prestasi. Ia sendiri sangat bersyukur persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 sudah tepat berada di jalurnya. PS