Perlindungan Sosial dan Kemiskinan

Oleh humas on December 08, 2017

Jakarta (08/12) --- Pemerintah saat ini tengah serius mengupayakan agar pelaksanaan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dan Bansos Beras Sejahtera (Rastra) Tahun 2018 dapat tersalurkan tepat sasaran dan waktu. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT Tahun 2018, waktu pelaksanaan penyaluran BPNT, dan implikasi yang perlu diantisipasi serta menjadi perhatian, merupakan topik utama yang dibahas dalam Rakor Tingkat Menteri (RTM) hari ini di kantor Kemenko PMK.

Oleh humas on December 08, 2017

Jakarta(08/12)— Pemerintah telah mengeluarkan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Inpres ini untuk menjamin keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta JKN.

Oleh humas on December 06, 2017

Jakarta (06/12)--- Penyaluran bantuan sosial pangan, baik dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun Bansos Rastra untuk tahun 2018 akan disiapkan dengan lebih baik lagi. Komitmen ini mengemuka dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang dipimpin oleh Menko PMK, Puan Maharani, pagi ini di ruang rapat Lantai 1 Gedung Kemenko PMK, Jakarta. RTM ini merupakan tindak lanjut Rapat Terbatas dengan Presiden pada Rabu kemarin dan mengagendakan pembahasan evaluasi pelaksanaan BPNT 2017 dan rencana pelaksanaannya di tahun 2018.

Oleh humas on November 30, 2017

Jakarta (30/11)--- Pemerintah saat ini terus berupaya memelihara berkesinambungan demi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas rungu wicara melalui translasi berita TV ke dalam Bahasa Isyarat. Namun, terdapat salah satu kendala aspek hukum untuk penyediaan layanan teks/ close caption-nya. Masalah ini kemudian dibahas dalam rapat koordinasi tentang implementasi pemenuhan hak rungu wicara melalui translasi berita TV ke dalam Bahasa Isyarat, lalu coba dicarikan solusinya.

Oleh humas on November 29, 2017

Jakarta (29/11)--- Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia pada Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, siang tadi menggelar rapat koordinasi lanjutan untuk membahas perkembangan terkini penyaluran Program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) dan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) secara non tunai.

Oleh humas on November 22, 2017

Jakarta (22/11)--- Jelang puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang rutin diperingati setiap tanggal 3 Desember, Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia Kemenko PMK, hari ini menggelar seminar yang mengambil topik sama dengan thema HDI 2017 di Indonesia yaitu “ Menuju Masyarakat Inklusi, Tangguh, dan Berkelanjutan.” Seminar dibuka oleh Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni; dan dihadiri oleh para perwakilan K/L, dinas sosial daerah, dan para pengurus organisasi disabilitas.

Oleh humas on November 15, 2017

Jakarta (15/11)--- Setelah menggelar rakor serupa pada 8 November 2017 lalu, Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK melalui Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, hari ini kembali menggelar rapat koordinasi dan masih dalam rangka mendorong percepatan penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas (PD).

Oleh humas on November 14, 2017

Yogyakarta (14/11) – Setelah menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Program BPNT dan Rencana Perluasan BPNT Tahun 2018 untuk wilayah Indonesia Barat di Padang, Sumatera Barat, Kemenko PMK menggelar kegiatan yang sama untuk wilayah Indonesia Tengah dan Timur di Yogyakarta.

Oleh humas on November 10, 2017

Jakarta (10/11)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, beserta jajarannya, Jumat pagi menerima audiensi dengan para Anggota Komisi B DPRD Kab Kebumen, Jawa Tengah. Audiensi jajaran Komisi B DPRD Kab kebumen ini diketahui ingin berkonsultasi terkait berbagai program peningkatan kesejahteraan rakyat yang tengah dijalankan oleh Pemerintah khususnya untuk berbagai program penanggulangan kemiskinan.

Oleh humas on November 08, 2017

Jakarta (08/11)--- Masih dalam rangka mendorong percepatan penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas (PD), kerja Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian Kemenko PMK hari ini kembali menggelar rapat koordinasi untuk membahas percepatan penyusunan Peraturan Pelaksana Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dan penyusunan tujuh RPP turunan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 serta dukungan/penugasan dari K/L terkait.

Oleh humas on November 02, 2017

Jakarta (2/11) – Seiring dengan berlakunya Perpres No.63 Tahun 2017, tentang Penyaluran Bansos Secara Non Tunai, pemerintah melalui Kemenko PMK, hari ini (Kamis, 2/11) akan memperluas program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018.

Oleh humas on October 31, 2017

Jakarta (31/10)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, Selasa pagi tadi membuka sekaligus memberikan arahan dalam rapat koordinasi terkait persiapan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2017.

Oleh humas on October 30, 2017

Jakarta (30/10)--- Koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian memang terus diupayakan Kemenko PMK untuk mendorong upaya percepatan realisasi penyaluran program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) dan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB). Untuk mengetahui perkembangan terkini kedua program itu di lapangan, Kemenko PMK Senin pagi menggelar rakor program ASLUT dan ASPDB di ruang rapat lt.6 gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on October 21, 2017

Bandung (21/10)--- Plt. Asdep Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Wagiran, menjadi salah satu Narasumber pada Seminar Nasional tentang Komitmen Kota Bandung dalam mewujudkan Indonesia Bebas Anak Jalanan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial (Forkomkasi) di Aula Universitas Pasundan, Bandung.

Oleh humas on October 17, 2017

Jakarta (17/10) – Deputi bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Sujatmiko, pagi ini menjadi Narasumber dalam rapat koordinasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) ke–2 Tahun 2017. Rakor ini bertempat di ruang rapat lt.8, Direktorat Jenderal Imigrasi. Hadir dalam rakor ini perwakilan dari Dirjen Imigrasi Bareskrim, Kemdikbuid, BNP2TKI dan beberapa perwakilan lainnya

Oleh humas2 on October 16, 2017

Jakarta (16/10) – Program “Menuju Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017” (MIBAJ 2017) telah memasuki tahun ketiga. Jumlah anak jalanan masih terhitung banyak. Pemerintah pun berusaha mempercepat penanganan jumlah anak jalanan tersebut.

Oleh humas2 on October 09, 2017

Kuala Lumpur, Malaysia (06/10)---Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, mewakili Menko PMK, Puan Maharani, menghadiri pertemuan tingkat Menteri antar negara ASEAN guna membahas upaya penanggulangan kemiskinan dan pembangunan kawasan perdesaan di Kuala Lumpur, Malaysia,  Jumat lalu.

Oleh humas2 on September 29, 2017

Jakarta (28/09)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, siang tadi memimpin rapat koordinasi untuk membahas persiapan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2017 di ruang rapat lt.4 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Seperti negara lain di dunia, HDI 2017 di Indonesia juga akan diperingati dan pada rakor hari ini dibahas thema peringatan yang akan dipilih, pembentukan panitia inti acara, dan sebagainya.

Oleh humas2 on September 29, 2017

Nunukan, Kaltara (27/09)---- Deputi bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Sujatmiko; dan Asdep Pemberdayaan Perempuan, Wagiran, bersama dengan BNP2TKI meninjau perkembangan pelaksanaan Program Poros Sentra Pelatihan dan Pemberdayaan TKI di Kab Nunukan, Kalimantan Utara. Program yang diinisiasi oleh BNP2TKI dan KPK ini telah diluncurkan oleh Menko PMK pada 16 Februari 2016 lalu.

Oleh humas2 on September 27, 2017

Padang (27/09)-- Setelah melakukan kunjungan di Rumah Gadang Datuak Kayo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani  menuju  lapangan Batipuh, Kab Tanah Datar dan langsung disambut oleh tari Randai.

Oleh humas2 on September 22, 2017

Jakarta (22/09)--- “Indonesia dengan senang hati mengambil peran sebagai Pathfinder dalam upaya global untuk melindungi anak-anak dari kekerasan dan eksploitasi.” Demikian antara lain yang disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB ke-72, Kamis kemarin waktu setempat.

Oleh humas2 on September 19, 2017

Jakarta (18/09) -- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Tb. A. Choesni, siang ini memimpin rapat koordinasi (rakor) guna membahas rencana perluasan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Rakor yang dilaksanakan di ruang rapat lantai 4 Kemenko PMK, Jakarta ini dihadiri oleh perwakilan dari K/L terkait seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta TNP2K.

Oleh humas2 on September 14, 2017

Jakarta (14/09)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, pagi tadi membuka sekaligus memberikan arahan dalam rapat koordinasi yang membahas soal penyampaian draft final Rancangan Perpres (RPerpres) dan tinjauan Cost and Benefit Analysis (CBA) tentang Komisi Nasional Disabalitas (KND).

Oleh humas2 on September 12, 2017

Jakarta (11/09)--- Kemenko PMK siang tadi menggelar rapat Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) terkait persiapan usulan aksi nyata Gerakan Indonesia Mandiri di lingkup Kemenko PMK di ruang rapat lt.4 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Deputi bidang Koordinasi Penanggulangana Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, terpilih sebagai Penanggung Jawab dari Gerakan Indonesia Mandiri di lingkup Kemenko PMK ini, sedangka Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Ade Rustama, bertindak sebagai Koordinator kegiatan.

Oleh humas2 on September 09, 2017

Jakarta (08/09) – Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, siang tadi menjadi Narasumber dalam forum diskusi bersama media dan membahas ketimpangan yang ada di Indonesia dan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Diskusi hari ini di hadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang P. S. Brodjonegoro;  Pengamat Ekonomi, Tony Prasetiantono; dan Direktur INFID, Sugeng Bahagijo. Diskusi bertempat di ruang Roeslan Adbul Gani Lt. Dasar gedung depan Kemkominfo, Jakarta.

Pages

Subscribe to RSS - Perlindungan Sosial dan Kemiskinan