Perlindungan Sosial dan Kemiskinan

Oleh humas on February 19, 2018

Jakarta (19/2) - Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kemungkinan peningkatan program bantuan sosial, Menko PMK Puan Maharani menggelar Rakor Terbatas membahas Penguatan Bansos Tahun 2019 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, hari ini (Senin).

Oleh humas on February 15, 2018

Bandung (15/02)--- Meningkatkan pemahaman; menumbuhkan komitmen dan aksi nyata seluruh komponen stakeholders dan masyarakat bagi upaya penghormatan, pemenuhan dan perlindungan hak-hak penyandang disabilitas dan lanjut usia; dan membangun sinergi dan kolaborasi dengan K/L dan stakeholders lainnya dalam pemberdayaan disabilitas dan lanjut usia mengemuka sebagai bahasan utama sosialisasi Rencana Kebijakan dan Program pemberdayaan disabilitas dan lansia oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK, di Kota Bandung, Kamis pagi.

Oleh humas on February 07, 2018

Jakarta (07/02) --- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb.

Oleh humas on February 07, 2018

Jakarta (07/02) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memastikan bahwa penyaluran Bantuan Sosial Pangan berjalan tahun 2018 berjalan lancar. Hal ini ditegaskan Menko PMK saat memimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang membahas evaluasi penyaluran bantuan sosial pangan di Ruang Rapat Lantai I, Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu pagi.

Oleh humas on February 05, 2018

Jakarta (05/02) – Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb. Ahmad Choesni  didampingi oleh Sekjen Kemensos Hartono Laras dan Asisten Deputi (Asdep) Bidang Kompensasi Sosial, Kemenko PMK, Herbin Manihuruk  memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Eselon I terkait dengan Progres Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Tahun 2018 di ruang rapat Kemenko PMK, Lt.3, Jakarta. Rakor diikuti perwakilan dari Kemenko Perekonomian, Kemenkeu, Kemendagri, Kemen PPN/Bappenas, Kemensos, Kemen BUMN, BI, OJK, KSP, TNP2K, Perum Bulog, BNI. BRI, Bank Mandiri dan BTN.  

Oleh humas on February 05, 2018

Jakarta (05/01)--- Kemenko PMK dalam Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (SKP)-nya masih terus mendorong percepatan penyusunan Peraturan Pelaksana Undang-undang No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas sekaligus memantaunya.

Oleh humas on February 01, 2018

Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni, hari ini memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergisitas Program Jamsos antara BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, ASABRI, Taspen, dan Jasa Raharja. Rapat yang diselenggarakan di ruang rapat lantai 4 Kantor Kemenko PMK ini adalah untuk menindaklanjuti hasil rakor yang dipimpin oleh Wakil Menteri Keuangan pada tanggal 29 Januari 2018.

Oleh humas on January 31, 2018

Jakarta (31/01)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni, siang tadi membuka sekaligus memberikan arahan dalam rapat koordinasi mengenai pemantauan perkembangan terkini penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) hasil turunan dari Undang-undang No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Oleh humas on January 31, 2018

Jakarta (30/01)--- Meningkatkan pemahaman, menumbuhkan komitmen  dan aksi nyata seluruh komponen stakeholders dan masyarakat bagi upaya penghormatan, pemenuhan dan perlindungan hak-hak penyandang disabilitas dan lanjut usia; serta membangun sinergi dan kolaborasi dengan K/L dan stakeholders lainnya dalam pemberdayaan disabilitas dan lanjut usia adalah dua thema pokok bahasan yang disebutkan oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia pada Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Ade Rustama, pagi tadi saat membuka sekal

Oleh humas on January 30, 2018

Jakarta (30/01) – Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Kemenko PMK, Sigit Priohutomo didampingi Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb. Achmad Coesni memimpin rapat koorsdinasi (Rakor) tingkar eselon I terkait perkembangan penanganan KLB Campak dan Gizi Buruk di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Hadir dalam rakor tersebut Kemendagri, Kemenkes, Kemen PUPR, Kemensos, Kemenag, Kemendikbud, Kemenhub, KSP, TNI, Polri serta Kementerian/Lembaga terkait.

Oleh humas on January 17, 2018

Jakarta (17/01)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, pagi tadi membuka sekaligus memberikan arahan dalam rapat koordinasi terkait tindak lanjut Inpres No.8/2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di runag rapat lt.4 gedung Kemenko PMK, Jakarta. “Dari diskusi kita ini saya berharap rencana aksi kita tidak hanya tertulis dan direncanakan begitu saja tetapi kita harus berkomitmen bahwa rencana itu akan kita laksanakan bersama,” kata Choesni dalam pengantarnya.

Oleh humas on January 16, 2018

Jakarta (16/01) – Pemerintah siap menyalurkan Bantuan Sosial Pangan tahun 2018. Untuk Bansos Rastra yang difokuskan pada 470 lokasi kabupaten/ kota, sedangkan BPNT berlokasi di 44 kota. 

Dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) hari ini,  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menjelaskan rencana persiapan pelaksanaan bantuan sosial pangan tahun 2018 yang akan dibagi menjadi 2, yaitu bantuan sosial rastra dan bantuan pangan non tunai. 

Oleh humas on January 12, 2018

Jakarta (12/01)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, siang tadi memimpin Rakornis terkait evaluasi penyaluran BPNT dan Rastra tahun 2017 dan persiapan penyaluran BPNT tahun 2018. Rakor berlangsung di ruang rapat lt.7 gedung Kemenko PMK. Hadir dalam rakor tersebut Perwakilan dari Kemensos, Bulog, Bank Indonesia, OJK, dan Bank-Bank yang tergabung dalam Himbara.

Oleh humas on January 11, 2018

Jakarta (11/01)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, siang tadi membuka sekaligus menyampaikan arahannya dalam rapat koordinasi dengan K/L terkait untuk membahas evaluasi kegiatan tahun 2017 dan rencana kegiatan tahun 2018 untuk berbagai isu disabilitas dan lanjut usia. Rakor berlangsung di ruang rapat lt.6 gedung Kemenko PMK.

Oleh humas on January 11, 2018

Jakarta(11/01)-- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni, hari ini memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama World Bank untuk membahas mengenai bantuan sosial. Rakor ini membahas paparan dari World Bank yang berjudul, “Towards a Comprehensive, Integrated, and Effective Social Assistance System in  Indonesia”. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan Kemenko PMK, yang merupakan inti dari pelaksanaan Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP). 

Oleh humas on January 10, 2018

Jakarta (10/01)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, pagi tadi memimpin sekaligus memberikan arahan dalam rapat koordinasi mengenai evaluasi Sistem Informasi Manajemen Program Keluarga Harapan (SIMPKH) di ruang rapat lt.4 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rakor dihadiri pula oleh K/L terkait terutama dari Kementerian Sosial selaku Pelaksana Program.

Oleh humas on December 21, 2017

Jakarta (21/12)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, membuka dan memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi sekaligus tinjauan evaluatif mengenai implementasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) pencegahan dan penanganan tindak pemasungan bagi Penyandang Disabilitas Mental/Orang Dengan Gangguan Jiwa (PDM/ODGJ), Kamis pagi di Jakarta.

Oleh humas on December 19, 2017

Jakarta (19/12) -- Menko PMK Puan Maharani, siang ini menghadiri rapat koordinasi guna membahas usulan beras sejahtera (Rastra) bulan ke-13 di Gedung Ali Wardhana Kemenko Perekonomian, Jakarta. Rapat yang dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution, ini juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita; Menteri Pertanian, Amran Sulaiman; dan Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo. Hadir juga pada kesempatan ini perwakilan dari Kementerian dan Lembaga terkait seperti Bulog, Kemensos, dan lainnya.

Oleh humas on December 19, 2017

Jakarta (19/12)--- Dunia usaha saat ini dinilai perlu untuk terus didorong keterlibatannya terutama ketika melaksanakan tanggung jawab korporasi mereka khususnya dalam bidang sosial, sambil menggugah kesadaran mereka juga akan keberadaan lansia dengan segala masalahnya. Topik ini mengemuka dalam rapat koordinasi hasil kerjasama Kemenko PMK melalui Asisten deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia dengan Friedrich Ebert Stiftung (FES) pada Selasa pagi.

Oleh humas on December 13, 2017

Jakarta (13/12)--- Jelang penghujung tahun 2017, penyusunan usulan rekomendasi kebijakan tengah dipersiapkan. Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia Kemenko PMK, Ade Rustama, pagi tadi membuka dan memimpin rapat koordinasi untuk membahas persiapan penyusuan usulan rekomendasi kebijakan pemberdayaan disabilitas dan lanjut usia.

Oleh humas on December 13, 2017

Jakarta (13/12) – Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Achmad Choesni, siang ini memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) tingkat eselon I guna membahas progress  tindak lanjut terkait dengan Defisit Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan.  Rakor ini dihadiri oleh perwakilan kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan BPJS Kesehatan.

Oleh humas on December 08, 2017

Jakarta (08/12) --- Pemerintah saat ini tengah serius mengupayakan agar pelaksanaan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dan Bansos Beras Sejahtera (Rastra) Tahun 2018 dapat tersalurkan tepat sasaran dan waktu. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT Tahun 2018, waktu pelaksanaan penyaluran BPNT, dan implikasi yang perlu diantisipasi serta menjadi perhatian, merupakan topik utama yang dibahas dalam Rakor Tingkat Menteri (RTM) hari ini di kantor Kemenko PMK.

Oleh humas on December 08, 2017

Jakarta(08/12)— Pemerintah telah mengeluarkan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Inpres ini untuk menjamin keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta JKN.

Oleh humas on December 06, 2017

Jakarta (06/12)--- Penyaluran bantuan sosial pangan, baik dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun Bansos Rastra untuk tahun 2018 akan disiapkan dengan lebih baik lagi. Komitmen ini mengemuka dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang dipimpin oleh Menko PMK, Puan Maharani, pagi ini di ruang rapat Lantai 1 Gedung Kemenko PMK, Jakarta. RTM ini merupakan tindak lanjut Rapat Terbatas dengan Presiden pada Rabu kemarin dan mengagendakan pembahasan evaluasi pelaksanaan BPNT 2017 dan rencana pelaksanaannya di tahun 2018.

Oleh humas on November 30, 2017

Jakarta (30/11)--- Pemerintah saat ini terus berupaya memelihara berkesinambungan demi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas rungu wicara melalui translasi berita TV ke dalam Bahasa Isyarat. Namun, terdapat salah satu kendala aspek hukum untuk penyediaan layanan teks/ close caption-nya. Masalah ini kemudian dibahas dalam rapat koordinasi tentang implementasi pemenuhan hak rungu wicara melalui translasi berita TV ke dalam Bahasa Isyarat, lalu coba dicarikan solusinya.

Pages

Subscribe to RSS - Perlindungan Sosial dan Kemiskinan