Perlindungan Sosial dan Kemiskinan

Oleh humas on December 15, 2018

Tangerang (14/12) - Jelang Tahun 2019, Kedeputian Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK gelar pertemuan penguatan kegiatan dan tata kelola. Pertemuan yang berlangsung di Tangerang tersebut dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Tb Ahmad Choesni. 

Oleh humas on December 13, 2018

Jakarta (12/13)--- “Tujuan kita sebenarnya adalah bagaimana mengintegrasikan semua program K/L terhadap berbagai layanan Lansia di tanah air saling terintegrasi dan saling menguatkan. Kalau sudah begitu, tentu cita-cita kita mewujudkan Lansia yang happy, healthy, dan wealthy juga jadi mudah diwujdukan,” kata Asisten Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK, Ade Rustama, saat memimpin rapat persiapan penyusunan rekomendasi kebijakan pemberian pelayanan Home Care bagi Lansia di ruang rapat lt.4 gedung Kemenko PMK, Jakarta, Kamis sore.

Oleh humas on December 13, 2018

Jakarta (13/12) – Pemerintah telah menggelontorkan sekitar Rp 10 triliun untuk mengatasi defisit BPJS Kesehatan. Meski begitu, keuangan BPJS Kesehatan tak urung membaik. Terkait dengan itu, pemerintah tengah mencari cara mengatasi defisit BPJS Kesehatan dari banyak sumber. 

Oleh humasnew on December 04, 2018

Jakarta (04/12)--- Setelah tercatat sebagai negara dengan masyarakat yang paling gemar berdonasi menurut CAF World Giving Index 2017, Indonesia terus mengajak para pemangku kepentingan, dunia usaha, dan warga dunia untuk tetap bersemangat saling membantu sesama terutama dalam upaya memerangi kemiskinan dan masalah lain yang ditimbulkannya.  Pernyataan itu disampaikan oleh Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, saat mewakili Menko PMK pada pertemuan Yogya Rotary Institute Zone 6B-7A-10B  tahun 2018 di Hotel Tentrem, Yogyaka

Oleh humasnew on December 03, 2018

Jakarta (03/12)--- Setelah melewati rangkaian kegiatan jelang puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018, Indonesia turut memperingati HDI secara nasional. Dengan harapan makin meningkatnya kesadaran publik terhadap para penyandang disabilitas di tanah air, Pemerintah juga terus mengiringi upaya ini dengan memberikan banyak bantuan sosial.

Oleh humasnew on December 02, 2018

Cirebon (30/11) – Biro Perencanan dan Kerjasama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Kemenko PMK), hari ini, mengadakan pertemuan ikatan purnatugas Kemenko PMK di Cirebon, Jawa Barat. Dalam acara tersebut dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni. 

Oleh humasnew on November 29, 2018

Jakarta (29/11)--- Kondisi disabilitas seharusnya tidak menjadi halangan bagi penyandang disabilitas untuk memperoleh hak hidup dan hak mempertahankan kehidupannya. Dalam kehidupan beragama, para Penyandang Disabilitas masih banyak menghadapi kendala terbatasnya akses dan fasilitas ramah bagi penyandang disabilitas terutama dalam mendukung hak-hak mereka dalam beribadah dan mendalami agama. Masih belum banyak tempat ibadah yang cukup ramah serta belum dapat mengakomodasi kekhususan kebutuhan para  Penyandang Disabilitas.

Oleh humasnew on November 29, 2018

Jakarta (29/11)--- Kondisi disabilitas seharusnya tidak menjadi halangan bagi penyandang disabilitas untuk memperoleh hak hidup dan hak mempertahankan kehidupannya. Dalam kehidupan beragama, para Penyandang Disabilitas masih banyak menghadapi kendala terbatasnya akses dan fasilitas ramah bagi penyandang disabilitas terutama dalam mendukung hak-hak mereka dalam beribadah dan mendalami agama. Masih belum banyak tempat ibadah yang cukup ramah serta belum dapat mengakomodasi kekhususan kebutuhan para  Penyandang Disabilitas.

Oleh humasnew on November 28, 2018

Jakata (28/11) -- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Eselon I terkait Pelaksanaan Sosialisasi Penyaluran Bantuan dan Jaminan Sosial (KIS, KIP, PKH, Bansos Pangan). Rapat diselenggarakan di ruang rapat Lt.6 Kemenko PMK, pada Rabu siang (28/11).

Oleh humasnew on November 27, 2018

Jakarta (27/11)--- Kurang lebih satu minggu ke depan, perhelatan besar tahunan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 akan digelar. Segala persiapan teknis pun dilakukan, mengingat acara ini akan dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo. Untuk membahas teknis pelaksanaan utamanya untuk cluster kebudayaan, pariwisata, dan transportasi, Kemenko PMK melalui Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, menggelar rapat koordinasi.

Oleh humasnew on November 26, 2018

Jakarta(26/11)--Keberadaan lansia sering dianggap beban dalam keluarga sehingga mereka kurang mendapat perhatian. Padahal peran dan perhatian keluarga sangat menentukan terbentuknya lansia tangguh. Untuk memberikan motivasi dan penguatan peran pemangku kepentingan dan masyarakat dalam penghormatan dan perlindungan serta pemenuhan hak bagi Lansia, pagi ini Kemenko PMK melalui Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial menggelar workshop motivasi, yang diselenggarakan di Mercure Hotel, Jakarta Pusat.

Oleh humasnew on November 19, 2018

Jakarta(19/11)--Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, hari ini membuka rapat koordinasi untuk memantau perkembangan penyusunan RPP Permukiman, Pelayanan Publik yang Akses dan Penanggulangan Bencana bagi Penyandang Disabilitas. Rakor berlangsung di ruang rapat lt.4 gedung Kemenko PMK.

Oleh humasnew on November 15, 2018

Jakarta(15/11)—Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK, Ade Rustama, memimpin rapat koordinasi menindak lanjuti hasil seminar Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pemberian konsensi dan insentif bagi penyandang disabilitas.

Oleh humasnew on November 14, 2018

Jakarta (14/10)--- Untuk mewujudkan kehidupan yang inklusif bagi penyandang disabilitas diperlukan perubahan kultural yang salah satunya adalah melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai bentuk edukasi dan penyadaran bagi seluruh komponen stakeholders tentang isu disabilitas. Selain itu, cara yang harus ditempuh lainnya adalah dengan terbitnya regulasi turunan dari UU No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas agar pengarusutamaan isu disabilitas dapat dimulai dari sisi pemerintah.

Oleh humasnew on November 12, 2018

Jakarta (12/11) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri (RTM) tentang Evaluasi Sosialisasi Penyaluran Bantuan dan Jaminan Sosial (KIS, KIP, PKH, Bansos Pangan) di ruang rapat Lt. 1 Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin sore (12/11). RTM kali ini dilaksanakan sebagai upaya Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) program pemerintah.

Oleh humasnew on November 11, 2018

Boyolali (11/10)--- Sebagai salah satu program prioritas nasional saat ini, upaya meningkatkan kualitas hidup manusia dilakukan melalui skema pemberian bantuan sosial kepada masyarakat yang meliputi bidang kesehatan (KIS), pendidikan (KIP), dan ekonomi keluarga (PKH dan BPNT). Hari Sabtu ini, Menko PMK, Puan Maharani, hadir di Kab Boyolali, Jawa Tengah, untuk bersilaturahmi sekaligus memastikan bahwa bantuan sosial itu dilaksanakan dengan tepat sasaran dan tepat manfaat.

Oleh humasnew on November 09, 2018

Surakarta (9/11) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini melakukan rangkaian kunjungan kerja di Kota Surakarta. Menko PMK menyampaikan program bantuan sosial yang diberikan pemerintah sebagai komitmen dan kepedulian bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Oleh humasnew on November 09, 2018

Sukoharjo (09/11) -- Usai melaksanakan kunjungan kerja di Kota Surakarta, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya  untuk menyerahkan bantuan sosial pemerintah di Pendopo Bupati Sukoharjo.

Dalam sambutannya Menko PMK menyampaikan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah harus terus dijaga. Semua program bantuan yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan.

Oleh humasnew on November 09, 2018

Bogor (08/10)--- “Bicara masalah lansia adalah bicara tentang masa depan. Berbagai layanan dasar untuk lansia diselenggarakan negara adalah demi memenuhi hak-hak dasar mereka. Namun dalam menyelenggarakan layanan itu, Pemerintah pusat tidak mungkin bekerja sendiri tetapi butuh keterlibatan pemerintah daerah, masyarakat bahkan keluarga di mana para lansia itu tinggal.” Demikian penegasan Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Kemenko PMK, Ade Rustama, saat membuka rapat koordinasi kebijakan perlinduangan sosial bagi lansia di Kota Bogor, Jabar, Kamis pagi. 

Oleh humasnew on November 08, 2018

Jakarta (8/11) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) terkait Kesiapan Perluasan Penyaluran Bantuan pangan Non-Tunai (BPNT) Tahap IV November 2018. RTM dihadiri oleh Mensos Agus Gumingan Kartasasmita, Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widyanto, Kemendagri, Kemenkeu, Kemen PPN, Kemen BUMN, Bank Indonesia, KSP, Himbara, dan instansi terkait lainnya.  

Oleh humasnew on October 31, 2018

Jakarta (31/10) --- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. Ahmad Choesni, pagi ini membuka rapat koordinasi tindak lanjut Sistem Informasi Manajemen (SIM) Program Keluarga Harapan (PKH). Rakor bertempat di ruang rapat Hotel Haris Vertu, Jakarta.

Oleh humasnew on October 29, 2018

Jakarta (26/10) – Untuk menguatkan kegiatan dan tata kelola Kedeputian Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, selama dua hari (Jumat-Sabtu,26-27/10) diselenggarakan rapat terkait di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta.  

Oleh humasnew on October 25, 2018

Jakarta (25/10)--- Kemenko PMK tengah berupaya mendorong penguatan sinergitas antar K/L dengan berbagai organisasi disabilitas.

Oleh humasnew on October 19, 2018

Jakarta (19/10) – Hasil rakor pengawasan pelaksanaan program JKN pada 24 Agustus lalu mengamanatkan perlunya pembentukan Tim Pengawas Pelaksanaan Program JKN lintas Kementerian/ Lembaga (K/L). Jumat pagi ini rakor kembali digelar untuk menyempurnakan Tim Pengawas Pelaksanaan Program JKN lintas.

Oleh humasnew on October 18, 2018

Jakarta (18/10) – Pemerintah terus berkomitmen menggelontorkan program usaha ekonomi produktif bagi masyarakat kurang mampu. Terkait hal itu, pemerintah melalui Kemenko PMK tengah menjajaki kerjasama dengan Program Mekaar (Membina Keluarga Sejahtera) yang diinisiasi oleh Permodalan Nasional Madani (PNM). 

Pages

Subscribe to RSS - Perlindungan Sosial dan Kemiskinan