Perempuan dan Anak

Oleh humas on October 19, 2018

Plt Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra mendukung program sertifikasi EDGE (Economic Dividends for Gender Equality) dan berharap pencapaian lima perusahaan yang menjadi pelopor penerima sertifikasi tersebut dapat diikuti perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya.

Oleh humas on October 18, 2018

Jakarta (18/10) -- Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Ghafur Dharmaputra memimpin rapat koordinasi persiapan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 Days of Activism Against Gender Violence) di Kemenko PMK, Jakarta, Rabu pagi (17/10).

Dalam pengantarnya, Ghafur menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan Kampanye 16 Hari Tanpa Kekerasan Terhadap Perempuan, isu Perkawinan Anak merupakan salah satu bentuk kekerasan terhadap anak yang perlu dicegah. 

Oleh humas on October 18, 2018

Jakarta(17/10)-- Pemerintah Indonesia menaruh perhatian besar pada masalah kesetaraan gender. Pada tahun 2000 telah dikeluarkan Instruksi Presiden No. 9 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional. Masuknya isu kesetaraan gender di SGDs adalah keberhasilan Indonesia dan banyak negara berkembang dengan adanya upaya bersana dan kemitraan dalam mencapainya. Angka Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) saat ini masih berkisar pada angka 70 yang artinya pemberdayaan perempuan masih menjadi agenda yang belum terselesaikan. Demikian disampaikan Plt.

Oleh humas on October 17, 2018

Jakarta (17/10) -- Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Ghafur Dharmaputra memimpin rapat koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian (KSP) penanganan rehabilitasi anak paska bencana di Ruang Rapat Kemenko PMK, Jakarta, Senin pagi (15/10).

Oleh humas on October 11, 2018

Palangkaraya (11/10)—Plt. Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan Kemenko PMK, Wagiran, memandu diskusi sesi pertama rapat koordinasi nasional mengenai Pelembagaan Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Rakor diselenggara di Swiss-belhotel Danum, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis pagi (11/10). 

Oleh humas on October 11, 2018

Nusa Dua Bali (11/10) -- Inti dari pembangunan kesetaraan dan keadilan gender ialah menemukan koridor untuk saling berbagi secara adil dalam segala aktivitas tanpa membedakan laki dan perempuan. Demikian disampaikan Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK yang mewakili Menko PMK Puan Maharani dalam 2018 Tri Hita Karana Forum Sustainable Development yang merupakan rangkaian acara IMF dan World Bank Annual Meeting 2018.

Oleh humas on October 09, 2018

Jakarta (09/10)- Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Kemenko PMK, Wagiran memimpin Rapat Pembahasan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Bermasalah dari Johor Bahru, Malaysia Senin (08/10) di Kemenko PMK, Jakarta. Rapat dihadiri oleh perwakilan KJRI Johor Bahru, Kemsos, BNP2TKI, Kemlu, Kemnaker, dan KPPPA, bertujuan membahas permasalahan dan mencari alternative solusi bagi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Bermasalah dari Johor Bahru.

Oleh humas on October 09, 2018

Padang (09/10)--- Keberdayaan perempuan di bidang ekonomi merupakan salah satu indikator dalam pembangunan perempuan. Dengan komitmen yang tinggi dari pemerintah yaitu memastikan perempuan Indonesia memiliki lingkungan yang kondusif untuk ikut andil dalam pembangunan ekonomi nasional, capaian perempuan Indonesia di bidang ekonomi membawa kabar baik. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja perempuan meningkat dari 51,39 persen pada tahun 2012, menjadi 55,44 persen pada Februari tahun 2018 atau meningkat sebesar 4,05 persen poin.

Oleh humas on October 08, 2018

Jakarta (8/10) – Pemerintah menyadari masih banyak anak di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) belum tersentuh perlindungan dari kekerasan, belum mendapat akses pendidikan dan fasilitas kesehatan memadai. Karenanya dibutuhkan kerja keras dan sinergitas dari pusat dan daerah. 

Oleh humas on October 05, 2018

Semarang (5/10)-- Hari ke-2 pelaksanaan seminar Pembentukan Keluarga Berkarakter Melalui Konsep Mindful Parenting Kepada Para Remaja merupakan pendalaman materi yang disampaikan oleh Melly Kiong dan Yusri Heni dari Komunitas Management Keluarga Yayasan Karakter Eling Indonesia (YKEI). Kegiatan diselenggarakan di Hotel Gumaya Semarang, Jawa Tengah dan diikuti lebih dari 200 remaja dari berbagai latar belakang dan daerah se Jawa Tengah.

Oleh humas on October 04, 2018

Semarang (4/10) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Deputi Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak menyelenggarakan Seminar Pembentukan Keluarga Berkarakter Melalui Konsep Mindfull Parenting Kepada Para Remaja. Seminar dibuka oleh Gubernur Jateng yang di wakili oleh Plt. Kepala Dinas  Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah Sri Winarna. Seminar rencananya akan dilaksanakan pada 4-5 Oktober 2018 di Hotel Gumaya, Semarang, Jateng.

Oleh humas on October 03, 2018

Jakarta (03/10)—Deputi Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK siang tadi menggelar Rakor terkait Penetapan Peraturan Pemerintah Tentang Perlindungan Anak. Rakor yang digelar di Hotel Red Top Jakarta, di pimpin oleh Ghafur Dharmaputra selaku Plt. Deputi Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak.

Ghafur menjelaskan tujuan diadakannya rakor ini, “tujuan kita berkumpul disini adalah bagaimana menyikapi RPP koordinasi perlindungan anak, Kita akan mencoba berdiskusi tentang bagaimana mekanismenya”. Jelas Ghafur.

Oleh humas on September 28, 2018

Jakarta (28/09) – Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar Seminar Hasil Pilot Project Pembentukan Keluarga Berkarakter 

Melalui GenRe di Provinsi DKI Jakarta di hotel Santikan, Jakarta, Jumat (28/09). Nara Sumber yang dihadirka yakni para perwakilan Duta Genre DKI Jakarta dari 5 kota administrasi yang ada. Mereka  ini telah menjadi fasilitator dalam pelaksanaan pilot project pembentukan keluarga berkarakter tersebut.

Oleh humas on September 27, 2018

Solo (26/9) --- Dalam upaya pemenuhan hak pendidikan masih banyak ditemukan anak berkebutuhan khusus dan anak penyandang disabilitas yang ditolak di sekolah umum maupun sekolah inklusi. Berbagai pemasalahan-permasalahan yang melatarbelakangi antara lain karena tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum ramah anak, guru pendamping yang kurang, pembiayaan yang mahal untuk penyediaan guru pendamping, anak penyandang disabilitas rentan mendapat bully dan lainnya. 

Oleh humas on September 21, 2018

Jakarta (21/09)—Indonesia membagikan pengalamannya dalam penanganan TPPO kepada Delegasi  Papua Nugini yang berkunjung ke kentor Kemenko PMK hari ini (Jumat). Papua Nugini sendiri sangat konsen terhadap isu TPPO. 

Oleh humas on September 20, 2018

Jakarta (19/09) – Kesejahteraan keluarga menjadi kata kunci dalam perlindungan anak. Demikian dikatakan Plt Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Akbar Dharma Putra saat membuka Forum Diskusi Nasional (FDN) Perlindungan Anak Tahun 2018 di salah satu hotel  kawasan Jakarta Pusat.

Oleh humas on September 18, 2018

Jakarta (18/09)--- Caleg harus memahami tata cara pemutakhiran data pemilih pemilu sebagaimana yang telah diatur dalam Keputusan KPU Nomor 12 Tahun 2010 tentang  Pedoman Tata Cara Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah; Perlu dilakukan upaya serius dan membangun kesadaran politik masyarakat luas, memberikan peningkatan kapasitas bagi para pemilih khususnya perempuan sehingga tidak ada lagi perempuan yang tidak menggunakan hak pilihnya; Meminta kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memberi tanda silang atau men-

Oleh humas on September 18, 2018

Jakarta (17/09) - Perubahan iklim yang menjadi isu pembangunan global saat ini telah menjadi variabel penting yang mmpengaruhi kehidupan dan kesejahteraan komunitas. Berdasarkan hal tersebut, hari ini Friedrich Ebert Stiftung (FES) bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), hari ini menggelar pertemuan untuk memaparkan penelitian terkait gender dan iklim bertajuk "Ketangguhan yang Tersembunyi: Narasi Perempuan pada Strategi Bertahan dari Dampak Perubahan Iklim".

Oleh humas on September 17, 2018

Jakarta (17/09)--- Melihat kekerasan terhadap anak terjadi hampir merata di seluruh Indonesia, maka usaha membangun sistem perlindungan anak harus terus diupayakan hingga mencapai tingkat kabupaten/kota. Hal ini mendesak untuk dilakukan agar pencegahan dapat diantisipasi sedini mungkin dan upaya penanganan serta rehabilitasi korban juga dapat dilakukan seoptimal mungkin. Sistem perlindungan anak sebagai bentuk kehadiran Negara kepada seluruh anak Indonesia ini, diharapkan dapat menjangkau hingga ke pulau terluar, terdalam, dan wilayah perbatasan.

Oleh humas on September 15, 2018

Yogyakarta, (14/09) – Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra menghadiri Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia dan Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW) di Yogyakarta sejak Kamis 13/09.

Acara dibuka secara resmi Presiden RI Bapak Joko Widodo pada Jumat sore, 14/09. Dalam sambutannya, Presiden RI menegaskan kiprah perempuan Indonesia tak kalah dibandingkan dengan perempuan negara lain. 

Oleh humas on September 13, 2018

Jakarta (13/9) - Pemerintah terus berupaya maksimal  mempercepat rehabilitasi dan rekonstruksi NTB pasca terjadinya gempa bumi dan memastikan pengungsi terpenuhi segala kebutuhannya. Termasuk penanganan pada anak-anak dan perempuan yang terus menjadi perhatian Menko PMK, Puan Maharani. 

"Pesan Ibu Menko agar anak-anak mendapatkan prioritas penanganan, baik dari kebutuhan tempat tinggal, makanan, pendidikan dan kesehatan," ujar Sonny Harry B. Harmadi, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK. 

Oleh humas on September 06, 2018

Jakarta- Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemeterian Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Ghafur Dharmaputra, memimpin Rapat Koordinasi Revisi Perpres No 69 tahun 2008 tentang Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PP TPPO), di ruang rapat Lt. 7, Kemeterian Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kamis (06/08). 

Oleh humas on August 16, 2018

Jakarta (16/08) – Pesta demokrasi sudah di depan mata. Setiap partai politik telah membuka pendaftaran bagi calon anggota legislatif. Sayangnya setelah empat pemilu dilaksanakan secara demokratis, keterwakilan perempuan masih belum menembus angka 20% di tingkat nasional (DPR). Terkait dengan itu, Kemenko PMK pun mendorong agar keterwakilan perempuan di DPR, DPD dan DPRD bisa mencapai 30%.

Oleh humas on August 10, 2018

Jakarta (10/8) - Staf Ahli Menko PMK bidang Sustainable Development Goal's (SDGs), Ghafur Dharmaputra memandu Diskusi Kelompok Terarah terkait Kajian SDGs mengenai Pemberdayaan Perempuan. Diskusi dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jum'at (10/8).

Ghafur menyampaikan diskusi bertujuan mendapatkan masukan dalam menyusun strategi yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan. Strategi dikaitkan pada upaya penghentasan kemiskinan dan upaya peningkatan akses pendidikan dan kesehatan. 

Oleh humas on August 10, 2018

Jakarta, (10/08)- Pemerintah terus memberikan perhatian lebih terhadap penanggulangan perdagangan orang. Salah satu langkah yang dilakukan dengan upaya merevisi payung hukum yang ada. Kemenko PMK terus mendorong perubahan regulasi terkait PP TPPO dengan merevisi Perpres 69/2008 tentang Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PP TPPO).  

Pages

Subscribe to RSS - Perempuan dan Anak