Pendidikan

Oleh humas on October 09, 2019

Jakarta (9/10) -- Plt. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Darmin Nasution memimpin rapat internal dengan Pejabat Eselon I Kemenko PMK. Rapat dilaksanakan di ruang rapat lantai 8 Kemenko PMK, Jakarta, Rabu sore(9/10). 

Turut Hadir dalam rapat tersebut, Sesmenko Perekonomian Susiwijono, Staf Ahli Menko PMK Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial dan Jatidiri Bangsa Haswan Yunaz, Staf Ahli Menko PMK Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif Aris Dharmansyah serta beberapa pejabat Eselon II Kemenko PMK

Oleh humas on October 07, 2019

Jakarta (7/10) -- Guna meningkatkan kualitas lulusan siswa tingkat menengah yang memiliki keahlian, pemerintah telah memutuskan mengembangkan pendidikan vokasi disertai berdirinya politeknik. Hal itu dipercaya dapat mengatasi persoalan meningkatnya pencari kerja setiap tahunnya. 

Oleh humas on September 27, 2019

Meksiko (26/9) – Menko PMK Puan Maharani, kamis ini bertemu dengan Menteri Pendidikan Meksiko Esteban Moctezuma. Dalam pertemuan ini, Menko Puan berharap terjalinnya kerjasama Indonesia dan Meksiko dalam pengembangan pendidikan vokasi. 

Oleh humas on September 27, 2019

Mexico City (26/9) -- Hubungan kerja sama Indonesia dan Meksiko kemudian semakin terbuka dan meningkat dalam berbagai bidang, termasuk kerja sama sosial budaya. Salah satunya yaitu pembukaan sekolah Meksiko bernama Indonesia dan sekolah Indonesia bernama Meksiko. Pada tahun 1959, Presiden Soekarno meresmikan sekolah dasar La Escuela Republica de Indonesia di Tacuba, Mexico City.

Oleh humas on September 20, 2019

Jakarta (20/09) - Menko PMK yang diwakili Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama Agus Sartono, pagi ini hadir dan memberikan keynote speech dalam acara Seminar nasional pengembangan SDM unggul untuk memanfaatkan peluang bonus demografi menuju Indonesia maju pada RPJMN 2020-2024 di Lemhanas, Jakarta. 

Indonesia saat ini sedang mengalami bonus demografi yang diperkirakan akan berakhir pada 2037. Namun, bonus demografi ini tidak diperoleh secara otomatis, tetapi memerlukan prasyarat utama yaitu tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. 

Oleh humas on September 19, 2019

Yogyakarta (19/09)--- Seiring berjalannnya waktu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) terus mengubah dirinya tentu ke arah yang lebih baik. Tidak hanya soal nama, FEB UGM kini terus berusaha memperbaiki diri agar dapat semakin berkiprah di kancah internasional. Yang terbaru adalah FEB UGM menginisiasi program internasionalisasi baik di level strata satu maupun starta dua serta program staff and faculty exchange. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM merupakan satu-satunya Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Indonesia yg terakreditasi oleh ASCSB.

Oleh humas on September 19, 2019

Yogyakarta (19/09)--- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengadakan acara penguatan lembaga kursus dan pelatihan dalam mendukung penyiapan sumber daya manusia (SDM) unggul, Rabu pagi (18/09) di Kota Yogyakarta. Acara dibuka langsung oleh Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Agus Sartono.

Pada lima tahun yang lalu pemerintah fokus terhadap pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Guna memdukung infrastruktur yang telah tersedia, di lima tahun ke depan pemerintah menjadikan pembangunan SDM fokus utamanya.

Oleh humas on September 17, 2019

Jakarta (17/9) -- Plt. Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan dan Kerukunan Umat Beragam Kemenko PMK, cecep Khairul Anwar menerima audiensi Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) dalam rangka persiapan Festival Perdamaian yang rencananya akan dislenggarakan di Syahidah Inn, Ciputan, Tanggerang Selatan akhir September mendatang. Audiensi dilaksanakan di ruang rapat lantai 13 Kantor Kemenko PMK, Jakarta (17/9).

Oleh humas on September 13, 2019

Tangerang Selatan (13/9) – Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (RAN PAUD HI) Tahun 2019 akan segera berakhir. Pemerintah lintas sektoral (Kementerian/Lembaga/Daerah) saat ini tengah menyiapkan RAN PAUD HI Tahun 2020-2024.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) besama Koalisi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan program kerja sama pemerintah Indonesia dan Australia (KOMPAK), serta UNICEF mengadakan rapat koordiansi guna membahas percepatan persiapan RAN PAUD HI Tahun 2020-2024.

Oleh humas on September 09, 2019

Jakarta (9/9) – Sebagai tindak lanjut rapat Dewan Penyantun Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang berlangsung pada 21 Agustus lalu, Kemenko PMK senin sore menggelar Rapat Tingkat Menteri (RTM) Dewan Penyantun LPDP di Ruang Rapat lantai 8 Kemenko PMK, Jakarta. 

Oleh humas on September 05, 2019

Jakarta (05/09)--- Pembiayaan gaji guru yang bukan berstatus PNS jika sesuai anggaran dapat dimungkinkan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) itu pun dengan terlebih dulu memiliki norma atau payung hukumnya. Pembiayaan itu akan berlaku bagi para guru dengan status PNS atau  status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Dengan demikian, masalah kekurangan atau pun kelebihan guru perlahan dapat dituntaskan.

Oleh humas on September 03, 2019

Jakarta (03/09)--- Merubah bentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dinilai masih memerlukan banyak pertimbangan termasuk evaluasi menyeluruh dan tidak hanya secara kelembagaan, tetapi juga sumber daya kependidikan yang ada. Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Agus Sartono mengungkapkan hal itu saat memimpin Rapat Koordinasi yang membahas mengenai perubahan bentuk IAIN menjadi UIN Bengkulu di ruang rapat lt.9 gedung Kemenko PMK, Jakarta, Selasa pagi.
 

Oleh humas on August 30, 2019

Jakarta (30/8) ---- Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, pagi ini memimpin rapat akselerasi akreditasi perguruan tinggi yang bertempat di ruang rapat lantai 3, Kemenko PMK, Jakarta.

Agus menjelaskan tujuan rapat kali ini adalah mencari langkah terobosan untuk the bottlenecking penyelenggaraan akreditasi Perguruan Tinggi dan inventarisasi permasalahan dan kendala dalam pelaksanaan akreditasi Perguruan Tinggi. 

Oleh humas on August 27, 2019

Jakarta (27/8) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan segera meluncurkan gerakan gotong royong membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas melalui Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Oleh humas on August 27, 2019

Jakarta (27/8) -- Mewakili Menko PMK, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Supapto dan Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. A. Choesni mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Gabung Komisi IX dan XI terkait dengan tindak lanjut hasil audit dengan Tujuan Tertentu BPKP terhadap BPJS Kesehatan dan Penyampaian Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2019-2024. Rapat dibuka oleh  Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX Dewi Asmara.

Oleh humas on August 27, 2019

Jakarta (27/8) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama sejumlah kementerian terkait mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk memperkuat komitmen di dalam menjalankan amanat PP 2/2018 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang PAUD usia 5-6 tahun.

Asisten Deputi PAUD, Dikdas, dan Dikmas Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri menekankan bahwa implementasi PP 2/2018 sangat penting dalam rangka meningkatkan kesiapan anak bersekolah untuk mendukung program pemerintah wajib belajar 12 tahun.

Oleh humas on August 26, 2019

Jakarta (26/08) – Sehubungan dengan rencana diterapkannya aplikasi pelaporan bantuan operasional sekolah (RKAS) pada tahun 2019, Kemenko PMK mengadakan rakor penggunaan dana BOS tahun 2020 di ruang rapat lantai 4 Kemenko PMK, Jakarta. Rapat ini dipimpin oleh Asisten Deputi PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Masyarakat, Femmy Eka Kartika Putri. 

Oleh humas on August 23, 2019

Depok, Jabar (23/08)--- Sebagai anak muda, para mahasiswa baru memiliki karakter yang dinamis dengan selalu ingin mengetahui hal baru demi mendapatkan pengalaman baru, sekaligus mencari tantangan yang memberi semangat. Namun, jangan sampai terombang-ambing dalam arus negatif pergaulan dan penyesatan yang dapat menghancurkan masa depan mahasiswa. Misalnya, jerat Narkoba dan obat terlarang, minuman keras, pergaulan bebas, dan berbagai hal negatif lainnya.

Oleh humas on August 22, 2019

Jakarta (22/) - Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) menjadi kunci untuk membangun kekuatan daya saing agar menghasilkan produk bernilai tambah dan memberikan keunggulan kompetitif. 

Demikian disampaikan Menko PMK, Puan Maharani yang diwakilkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Prof. Agus Sartono saat memberikan sambutan dalam LIPI Sarwono Award XVIII dan Sarwono Memorial Lecture XI Tahun 2019 yang diselenggarakan di Auditorium LIPI, Jakarta.

Oleh humas on August 19, 2019

Jakarta (19/8) ---- Merujuk pada salah satu Program Prioritas Presiden RI 2020-2024, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pendidikan vokasi (keterampilan), Kedeputian Koordinasi bidang Pendidikan dan Agama, melalui Asisten Deputi Pendidikan Menengah dan Keterampilan Bekerja, Wijaya Kusumawardhana, menggelar rakor pembahasan roadmap revitalisasi kursus dan pelatihan yang bertempat di ruang rapat lt.4, Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on August 18, 2019

Semarang (18/8) -- Menko PMK Puan Maharani membuka Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2019. Pada kesempatan itu, Menko Puan berpesan agar para mahasiswa tidak melupakan akarnya sebagai orang Indonesia. 

Oleh humas on August 14, 2019

Surabaya (13/8) – Menyongsong Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, pemerintah mengusung tema Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju. Tema tersebut sejalan dengan upaya Presiden Jokowi yang telah menempatkan SDM unggul sebagai pengarusutamaan dalam strategi pembangunan bangsa Indonesia ke depan.

Oleh humas on August 09, 2019

Jakarta (09/08)--- Pascakunjungan kerja Menko PMK pertengahan Maret 2019 lalu, melalui Kedeputian terkait yaitu Kedeputian bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, digelar rapat koordinasi yang membahas mengenai perkembangan terkini penyaluran bantuan pendidikan yang diberikan Menko PMK secara simbolis saat Kunkernya ke wilayah Solo Raya itu. Terdapat tiga kabupaten yang dikunjungi Menko PMK dan diberikan banyak bantuan antara lain untuk Kab Karanganyar, Sukoharjo, dan Sragen. Kunker Menko PMK itu sendiri berlangsung selama tiga hari mulai 15 hingga 18 Maret 2019.
 

Oleh humas on August 05, 2019

Jakarta (05/08)--- Matematikawan muda Indonesia kembali menorehkan prestasi di International Mathematics Competition (IMC) 2019 di Bulgaria. Pada ajang bergengsi yang berlangsung pada 28 Juli hingga 3 Agustus 2019 ini, enam mahasiswa Indonesia diketahui berhasil meraih tiga medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Oleh humas on July 31, 2019

Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Prof Agus Sartono menjadi narasumber dalam rapat koordinasi bersama pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk membahas perencanaan dan rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) untuk tahun 2019 sampai 2024, di Hotel Bidakara,  Jakarta.

Pages

Subscribe to RSS - Pendidikan