Pendidikan

Oleh humas on August 14, 2017

Surakarta (14/08)—Saat ini pembangunan nasional masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemajuan kapabilitas sumber daya manusia Indonesia. Salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat peningkatan keterampilan sumber daya manusia Indonesia adalah melalui program peningkatan kualitas pendidikan kejuruan atau Revilitasi Vokasional. Demikian yang diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, pada saat melakukan kunjungan kerja di SMK Negeri 2 Manahan, Solo.

Oleh humas on August 14, 2017

Surakarta (14/08)— Pagi ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, memberikan materi kuliah umum dengan tema “Pentingnya Revolusi Mental bagi Mahasiswa dalam menghadapi Era Globalisasi dan Tantangan masa depan yang semakin berat dan kompleks” di Universitas Sebelas Maret (UNS), Jawa Tengah.

Oleh humas2 on August 11, 2017

Jakarta (11/08) – Sebagai tindaklanjut dari Rapat Koordinasi (Rakor), Rancangan Perpres tentang Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Formal di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta akhir Juli lalu, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) hari ini menggelar rapat yang sama di Oria Hotel, Jakarta. Rapat masih membahas rancangan Perpres tentang Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Formal yang dipaparkan oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, Hamid Muhammad.

Oleh humas2 on August 11, 2017

Makassar (10/10)--- Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang dilaksanakan setiap tahun harus mampu memberi semangat inovasi akan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Inovasi IPTEK juga harus dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.

Oleh humas2 on August 07, 2017

Bogor (07/08)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini berkesempatan menghadiri sekaligus menyampaikan orasinya pada Dies Natalis ke-12 Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Komplek Kampus Dramaga IPB, Kab Bogor, Jawa Barat. Acara turut dihadiri oleh Walikota Bogor, Bima Arya S; Wakil KEIN, Arief Budimanta; Rektor IPB, Herry Suhardiyanto; Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono; Dekan FEMA IPB, Arif Satria; Jajaran Rektorat, Dekan Fakultas, dan Dosen FEMA IPB; Mahasiswa dan media.

Oleh humas on August 02, 2017

Jakarta (02/08) --- Terkait dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memfungsikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara elektronik seperti ATM, Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Agus Sartono, hari ini  mengundang kementerian terkait dan mengadakan rapat koordinasi eselon I tentang Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) 2017.

Rapat hari ini juga membahas jumlah KIP yang terdaftar pada Dapodik berdasarkan jenjang pendidikan tahun 2017, penyaluran manfaat KIP 2017 dan upaya percepatannya, serta rencana pencetakan dan penyaluran KIP ATM 2017.

Oleh humas2 on August 01, 2017

Jakarta (27/07) – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) tengah membahas Rancangan Perpres tentang Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Formal di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Rapat ini merupakan tindaklanjut dari Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Eselon I tentang Implementasi Permendikbud No.23 Tahun 2017 pada awal Juli lalu. Rapat kali ini berisikan paparan rancangan Perpres tentang Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Formal.

Oleh humas2 on July 20, 2017

Kediri (18/7/2017) –Pendidikan Karakter berbasis Pancasila akan bisa mewujudkan siswa yang berintegritas, ber-etos kerja tinggi, dan berjiwa gotong royong.

Oleh humas2 on July 05, 2017

Jakarta (05/07)---Menindaklanjuti hasil Rapat Terbatas pada tanggal 19 Juni 2017 lalu, Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, hari ini memimpin Rapat Koordinasi Eselon I tentang Implementasi lima Hari Sekolah. Hadir dalam rapat ini perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Hukum dan HAM, Sekretariat Kabinet, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan PP Muhammadiyah. 

Oleh humas2 on June 22, 2017

Jakarta(22/06)—Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono , pagi ini menerima dialog dan pelepasan siswa peserta lomba karya ilmiah di Salem, Oregon, AS yang akan diselenggarakan pada 1 hingga 8 Juli 2017 nanti. Dialog yang bertempat di ruang rapat lt.6 dihadiri oleh Ketua Dewan Sekolah Alam Indonesia, Nugroho; Guru Pembimbing penelitian karya ilmiah dan Pendamping selama di USA, Ainun; Guru Bahasa Inggris sekaligus mewakili Kepala Sekolah Alam Indonesia, Miss Mimi; dan juga anak-anak sekolah alam Indonesia yang akan berlomba.

Oleh humas2 on June 19, 2017

Jakarta (19/06)—Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono , sore ini memimpin rapat koordinasi (rakor) dalam rangka persiapan People-To-People Exchange Mechanism (PEM) RI-RRT tahun 2017 di Hotel Grand Mercure Jakarta.  Tujuan rakor pada hari ini di antaranya memperoleh update terkini dari masing-masing K/L atas perkembangan pelaksanaan kesepakatan yang ditandatangani pada PEM pertama dan kedua; membahas persiapan kegiatan PEM ke-3 dengan agenda untuk mendorong dimulainya implementasi kesepakatan-kesepakatan yang telah ditandatangani pada PEM sebelumnya

Oleh humas2 on June 19, 2017

Jakarta(19/06)-- Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, sore ini melakukan pertemuan dengan Gubernur Provinsi Guizhou, di ruang Taskin, kantor Kemenko PMK, Jakarta. Pertemuan ini dimaksudkan untuk bertukar pikiran dan pandangan dalam meningkatkan people-to-people exchange and coorperation antara RRT dan Indonesia. Menko PMK dalam kesempatan ini di dampingi oleh Sekretaris Kemenko PMK, Y.B.

Oleh humas2 on June 19, 2017

Jakarta(19/06)—Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, hari ini menggelar rapat koordinasi terbatas guna melakukan analisis kebijakan tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.

Oleh humas2 on June 12, 2017

Jakarta (12/06)--Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Agus Sartono, pagi ini memimpin rapat koordinasi (rakor) Akreditasi pada Satuan Pendidikan Dasar di ruang rapat lantai 3 Kemenko PMK, Jakarta. Tujuan diadakannya rakor pada hari ini adalah untuk memastikan tercapainya persentase SMP berakreditasi minimal B pada tahun 2017 sebesar 74,8 persen, dan memastikan persentase/jumlah satuan pendidikan dasar yang terakreditasi sesuai standar Nasional pendidikan mencapai target RPJMN 2019. "Bicara soal akreditasi, pasti berkaitan dengan upaya memastikan mutu pada satuan pendidikan.

Oleh humas2 on June 07, 2017

Jakarta (07/06)-- Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK,  Agus Sartono, hari ini memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) untuk membahas penguatan kelembagaan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di ruang rapat lt. 3 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rapat ini diselenggarakan dengan tujuan menyusun Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) terkait LPDP untuk penguatan kelembagaannya serta menentukan rencana tindak lanjut dalam penyusunan Rancangan Perpres itu. "Rapat hari ini merupakan rapat yang keempat kalinya dilaksanakan oleh kemenko PMK bersama K/L terkait.

Oleh humas2 on June 05, 2017

Seoul (05/06) – Setelah mengunjungi Korea Institute of Sport Science (KISS), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Seoul Institute of Technology and  Education (SITE) Jungbu Campus. Kunjungan Menko PMK ini untuk melihat langsung pengalaman Korea Selatan dalam membangun pendidikan vokasional dan melihat fasilitas serta proses pendidikan di SITE yang meliputi pendidikan dan pelatihan kuliner, permesinan, pertukangan, dan pemograman aplikasi tiga dimensi.

Oleh humas2 on June 02, 2017

Jakarta (02/06) – Masih dalam rangkaian kegiatan pekan Pancasila yang bertema “Saya Indonesia, Saya Pancasila”,  hari ini Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali menggelar kegiatan Dongeng dan Dialog Interaktif dengan narasumber Kak Seto di Gedung Heritage Kemenko PMK, Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 150 anak-anak yatim dari tingkat SD sampai SMP. 

Oleh humas2 on June 02, 2017

Jakarta (31/05)--- Asisten Deputi Pendidikan Menengah dan Keterampilan Bekerja (PMKB) Kemenko PMK, menyelenggarakan Rapat Sinkronisasi Progres Revitalisasi SMK yang bertujuan memastikan Inpres No. 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK memberikan dampak signifikan bagi masyarakat. Tidak hanya itu, menurut Asdep PMKB,Wijaya Kusumawardhana, berharap dapat mengetahui peta persebaran revitalisasi SMK yang up to date dari Kementerian dan Lembaga.

Oleh humas2 on May 30, 2017

Jakarta (30/5) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar kegiatan Pekan Pancasila dengan mengusung tema “Saya INDONESIA, Saya PANCASILA”. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2017. Pemerintah, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Oleh humas2 on May 26, 2017

Surakarta (26/05) – “Pemerintah akan terus fokus dan berupaya meningkatkan pendidikan vokasional atau kejuruan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia," tegas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, saat melakukan kunjungan kerja di Surakarta, Jawa Tengah, Jum’at pagi ini dalam rangka peluncuran Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sekaligus pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Oleh humas2 on May 24, 2017

Jakarta (24/05) -- Asisten Deputi Pendidikan Menengah dan Keterampilan Bekerja, R Wijaya Kusumawardhana, pagi ini memimpin rapat koordinasi (rakor) tindak lanjut pengalihan kewenangan Personil, Pendanaan, Sarana/Prasarana dan Dokumen (P3D) di ruang rapat lantai 3 Kemenko PMK, Jakarta. "Rakor ini diselenggarakan dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2014 pada bidang pendidikan menengah di tahun 2017 serta menindaklanjuti hasil rakor pada bulan Februari lalu" ucap Wijaya saat membuka rakor.

Oleh humas2 on May 23, 2017

Jakarta (23/05)--- Deputi Bidang Koordinasi pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, memimpin Rapat Koordinasi Terakhir Terkait Persiapan Agenda Kunjungan Kerja Menko PMK, Puan Maharani, beserta Delegasi RI pada Konferensi Internasional IAEA di Austria. Rakor ini bertempat di ruang rapat lt.6, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas2 on May 19, 2017

Jakarta (19/05)—Asisten Deputi Pendidikan Tinggi dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemenko PMK, Asril, hari ini memimpin rapat koordinasi teknis penanganan perguruan tinggi kesehatan milik pemda (PT kesda). Rakor yang diselenggarakan di ruang rapat lt. 3 Kemenko PMK, Jakarta, ini turut dihadiri oleh perwakiln dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Bappenas, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Badan Kepegawaian nasional (BKN).

Oleh humas2 on May 16, 2017

Palu (16/5) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mendampingi Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Kongres XIX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Auditorium Masjid Agung Darussalam, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa pagi ini. Pembukaan kongres ditandai dengan pemukulan bedug.

Oleh humas2 on May 15, 2017

Seluma (15/05) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini (Senin, 15/05) mengawali  kunjungan kerjanya di Provinsi Bengkulu dengan menyambangi SDN 61 dan PAUD Melati yang terletak di Desa Dusun Baru, Kecamatan Seluma, Kabupaten Seluma. Dalam kunjungan kerjanya di SDN 61 Seluma, Menko PMK menyerahkan bantuan berupa ; Biaya Rehabilitasi Ruang Kelas sebesar Rp. 2.107.926.000 serta  Bantuan TIK sebesar Rp. 600.000.000, penyerahan simbolis dalam bentuk 5 laptop.

Pages

Subscribe to RSS - Pendidikan