Oleh humas on June 06, 2018

Jakarta (06/06)--- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Rabu siang ini memimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang membahas tentang sinergitas penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 (AG dan APG 2018). Terdapat beberapa poin penting yang dikoordinasikan Menko PMK dalam RTM kali ini antara lain me-monitoring dan evaluasi seluruh kesiapan peneyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018; memastikan bahwa seluruh kesiapan itu sudah berjalan sesuai rencana (on track); berdasarkan hasil paparan dari kementerian/lembaga negara terkait dalam RTM ini diketahui bahwa K/L sudah mengambil berbagai langkah efektif untuk segala kesiapan pelaksanaan Asian Games dan Asian Para Games 2018; dan negara peserta yang sudah mengkonfirmasi untuk hadir adalah 45 negara peserta dalam Asian Games 2018 dan 43 negara untuk Asian Para Games 2018.

“Waktu kita sudah semakin sempit, ada libur cuti lebaran pula. Maka, segala kendala yang masih ada harus segera kita bereskan. Seluruh hal teknis penyelenggaran, saya minta tolong mohon segera dibereskan, kita harus bekerja lebih keras lagi, kita saling perkuat sinergi, kolaborasi, dan koordinasi kita,” ajak Menko PMK dalam RTM ini. Menko PMK juag mendorong para K/L penyedia layanan dasar atlet seperti layanan kesehatan dan informasi, untuk menggelar berbagai simulasi penyelenggaraan, gencarnya promosi dan sosialiasi, undangan VVIP, dan akuntabilitas penyelenggaraan.

“Sinergi ini kita perlukan mengingat adanya keberlanjutan setelah penyelenggaraan Asian Agmes pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 lalu lanjut Asian Para Games di 6-13 Oktober 2018. Selain itu, yang harus dikedepankan adalah terjadinya efisiensi, efektivitas, dan juga sportifitas yang tidak hanya untuk para atlet tetapi oleh kita semua. Rapat hari ini diketahui bahwa tidak ada hal krusial sebenarnya yang perlu dibahas tetapi seluruhnya adalah terkait berbagai hal teknis penyelenggaraan,” kata Menko PMK usai RTM kepada para awak media.

Dalam RTM yang dihadiri oleh Menpora, Imam Nachrawi; Mensos, Idrus Marham; Menkominfo, Rudiantara; Wagub DKI Jakarta, Sandiaga S Uno; CDM Asian Games, Syafruddin; CDM Asian Para Games, Arminsyah; jajaran perwakilan dari Kemenkes, Kemenpar, Kemenhub, Kemen PUPR, INASGOC, INAPGOC, dan K/L terkait lainnya. (*)