Oleh humas2 on March 15, 2017

Jakarta (15/03)--- Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani hadir dalam rapat terbatas (ratas) persiapan penyelenggaraan Asian Games ke-18 tahun 2018 yang dipimpin oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),Jakarta.

Dalam ratas tersebut, Menko PMK, menyampaikan paparannya tentang kesiapan atlet terpilih untuk bertanding. Menko PMK mengungkapkan sejumlah target prestasi yang ingin diraih Indonesia selaku Tuan Rumah Penyelenggara pesta olahraga se-Asia ini. Mengingat potensi yang dimiliki dari atlet terpilih yang berjumlah 877 orang itu, Indonesia menargetkan capaian peringkat ke-8 hingga 10 juara Asian  Games  2018. Dengan target peringkat ini, Indonesia setidaknya harus mampu memperoleh medali emas antara 13 hingga 20 medali. Para atlet yang tengah dipersiapkan diminta juga setidaknya mampu mengungguli para atlet lain yang sama-sama berasal dari kawasan Asia Tenggara. Mereka para atlet terpilih itu juga dipastikan bebas doping.

Sementara itu, saat konferensi pers seusai ratas,  Wapres  mengatakan  perhelatan pesta olahraga se-Asia atau Asian Games 2018 dipastikan  berjalan sesuai rencana dan menggunakan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Mengingat kebutuhan anggaran yang cukup besar terkait persiapan penyelenggaraan, Wapres juga menegaskan bahwa gelaran pesta olahraga itu digelar tidak terlalu mewah seperti negara lain.

Asian Games 2018 Jakarta Palembang akan diikuti oleh 45 negara dan mempertandingkan 484 nomor dari 42 cabanng olahraga. Venue cabang olahraga yang dipertandingkan akan mengambil lokasi di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat. Asian Games 2018 akan dihelat sesuai mekanisme empat sukses yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Administrasi, dan Sukses Ekonomi. (IN)