Oleh humas on October 29, 2018

Jakarta (29/10) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Menko PMK, Nyoman Shuida menyampaikan pidato sambutan pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-POLRI (FKPPI) di Jakarta Convention Center (JCC), Senin pagi(29/10). Seminar yang bertemakan “Peran Serta FKPPI dalam Membina Keluarga untuk Memperkuat Nilai-Nilai Kebangsaan” diikuti oleh Keluarga Besar Pengurus Pusat dan Wilayah FKPPI. 

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Panitia Penyelenggara Seminar Nasional FKPPI, karena telah mengajak para anggota yang bernaung dalam Keluarga Besar FKPPI untuk mengambil peran dalam upaya membina keluarga untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan,” Kata Menko PMK.

Menurut Menko PMK, generasi muda pada waktunya akan melanjutkan kepemimpinan dalam membangun bangsa dan negara. Apa jadinya bangsa dan negara Indonesia, apabila generasi mudanya dibangun berlandaskan nilai-nilai anti Pancasila, anti kesantunan, tidak bertanggung jawab, dan budaya jalan pintas. 

Oleh karena itu, lanjut Menko PMK, melalui penempaan diri pada Organisasi Kemasyarakatan seperti FKPPI, generasi muda  dapat dibekali dengan nilai-nilai akhlak yang baik, jiwa kebangsaan berlandaskan Pancasila, kesantunan, keterampilan, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Menurut Menko PMK, Indonesia yang diwariskan kepada generasi muda adalah Indonesia yang memiliki keragaman etnik, suku, bahasa, agama, dan budaya. “Tidak ada satupun bangsa di dunia ini yang mempunyai keragaman seperti Indonesia,” ujarnya.

Untuk menjaga keragaman tersebut, menurut Menko PMK, para pendiri bangsa sudah mewarisi kepada bangsa ini kode pemersatu, yaitu Pancasila. Meninggalkan Pancasila sama halnya mencabut jati diri kita dari akar terdalamnya. Meninggalkan Pancasila berdampak pada hilangnya karakter sebagai bangsa yang ramah dan toleran.

“Mari yakini, pelajari dan bumikan Pancasila, karena hanya dengan Pancasila itu kita dapat bersatu. Pancasila yang mempersatukan keragaman Indonesia,” ajak Menko PMK.

Dalam pidato tersebut, Menko PMK juga mengajak Keluarga Besar FKPPI untuk kerja nyata dan gotong royong bersama seluruh komponen bangsa untuk mempercepat kemajuan bangsa dan negara, menjaga Pancasila serta keragaman bangsa Indonesia.

“Saya mengharapkan agar dalam seminar ini, keluarga besar FKPPI dapat memformulasikan kerja nyata dalam ikut menjadi agen kemajuan, berperan aktif dalam menjaga Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai sistem sosial budaya,” kata Menko PMK.

Turut hadir dalam pembukaan seminar tersebut, Ketua Umum FKPPI Ponco Soetowo, dan Ketua Panitia seminar Linda Agum Gumelar.

Categories: