Oleh humas2 on September 14, 2017

Jakarta (14/09) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menandatangai Prasasti Peresmian Indonesia Museum of Health and Medicine (iMuseum), di Aula Gedung Indonesia Medical Education And Research Institute (IMERI), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Salemba, Jakarta, Kamis pagi (14/09).

Dalam sambutannya, Menko PMK menyambut baik  serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh civitas akademika UI, karena upaya FK UI dalam membangun iMuseum yang ditujukan sebagai museum pusat rujukan nasional, sebagi tempat belajat dan pendidikan di bidang kesehatan dan ilmu kedokteran satu-satunya di Indonesia.

Menurut Menko PMK, iMuseum sangat penting keberadaannya tidak hanya bagi dunia pendidikan kedokteran dan kesehatan, tetapi juga bagi masyarakt luas yang dapat digunakan sebagai pusat informasi terkait pendidikan  dini masalah kesehatan manusia.

“Saya kira ini menjadi modal utama kita dalam pembangunan manusia Indonesia, yaitu meningkatkan kondisi kesehatan diri kita,”terang Menko PMK.

Namun demikian,lanjut  Menko PMK, tantangan utama didalam mengelola museum adalah bagaimana museum dapat menarik minat masyarakat dan bagaimana museum mampu menghidupkan dirinya sendiri.

Menurut Menko PMK, agar museum dapat menarik minat masyarakat maka museum harus menjadi tempat yang nyaman, mudai dicapai oleh masyarakat, ada unsur hiburan, pendidikan, serta dibuat event-event yang menarik dan gratis yang dipublikasikan secara terencana kepada publik sehingga masyarakat mau hadir dan sekaligus mengunjungi museum.

“Yang tidak kalah penting, museum harus dikelola secara profesional sehingga museum bisa mendapatkan dana baik dari masyarakat, Corporate Socail Responsiblity (CSR), maupun pemasukan lain yang legal,”harap Menko PMK.

Untuk bisa mendapatkan dana dari berbagai pihak, menurut Menko PMK, museum harus bisa berinovasi  sehingga para pengusaha atau masyarakt umum mempunyai keinginan untuk memberikan  bantuan.

Diakhir sambutannya, Menko PMK berpesan kepada semua pihak untuk menjaga keberlanjutan dan memanfaatkan semaksimal mungkin fungsi dari museum  sehingga pada akhirnya dapat mendukung dalam membangun kesadaran kemaun dan kemampuan masyarakat dalam pembangunan kesehatan yang berkualitas.

“Beri peluang kepada anak-anak kita, adik-adik kita untuk bisa memanfaatkan secara maksimal fasiltas yang telah dibangun ini. iMuseum ini bisa menjadi museum yang hidup, bisa menjadi bagian hidup masyarakat,”harap Menko PMK.  

Hadir dalam peresmian iMuseum, Rektor UI, Prof. dr.  Muhammad Anis, Dekan FK UI, dr. Ratna Sitompul, Direktur IMERI, Prof. Heigar, Direktur RSCM, Direktur RS Persahabata, dan para Dekan FK Se-Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK juga menyempatkan untuk melihat secara langsung koleksi yang dimiliki iMuseum.  DAM 

 

Categories: