Oleh humas2 on March 17, 2017

Kapuas Hulu (16/03) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, berpesan agar seluruh bantuan yang diterima oleh masyarakat penerima manfaat KIS, KIP, PMT dan PKH dapat digunakan secara efektif dan efisien serta jangan berlebihan. 

"Saya berpesan agar dapat digunakan secara efektif dan efisien serta jangan berlebihan. Kalau menggunakannya dengan berlebihan, tidak baik," tutur Menko PMK saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada perwakilan penerima manfaat di halaman  Kantor Kecamatan Badau, Kamis siang.

Pada kesempatan ini, Menko PMK dalam sambutannya juga melaporkan bahwa alokasi Bansos Tunai dan Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) untuk kabupaten Kapuas Hulu. Untuk PKH Tunai diberikan kepada 4.973 keluarga dengan anggaran sebesar Rp9,39 milyar dan untuk PKH Nontunai sebesar Rp948,7 juta untuk 502 keluarga.  Selain itu, ada Bansos Disabilitas untuk 10 jiwa sebesar Rp30 juta dan bantuan  sosial lansia untuk 75 orang dengan alokasi sebesar Rp150 Juta. Untuk program Rastra di Kabupaten Hulu Kapuas sebesar Rp17,59 milyar untuk 12.830 keluarga. 

Menko PMK juga mengungkapkan bahwa acara ini dihadiri peserta KIP sebanyak 515 siswa yang terdiri atas siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kab Kapuas Hulu dengan rincian 237 anak dari Kec Badau, 218 anak dari Kec Batang Lupar, dan 60 anak dari Kec Empenang. Penerima manfaat Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebanyak 127.  Di samping  itu, hadir pula penerima Program Makanan Tambahan (PMT) yang terdiri atas 50 ibu hamil, 450 anak sekolah dan 100 ibu menyusui. 

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Kab Kapuas Hulu, Provinsi Kalimatan Barat. Kehadiran Presiden kali ini untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Nanga Badau, Kab Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Usai meresmikan PLBN Terpadu Nanga Badau, Presiden melanjutkan kegiatan acara penyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada perwakilan penerima manfaat. 

Turut hadir dalam kegiatan bersama Presiden dalam kunjungan kerja kali ini, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis; Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung; Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F. Moeloek; Mendikbud, Muhadjir effendi; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basoeki Hadimoeljono; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Gatot Nurmantyo; serta Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fachmi Idris. (yan)