Oleh humas2 on April 17, 2017

Jakarta (17/04) – Di hadapan akademisi, praktisi dan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Pancasila, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Kependudukan Kemenko PMK, Sonny Harry Budiutomo Harmadi, mengatakan praktik ilmu komunikasi yang ditampilkan melalui Media TV, media sosial online, media cetak, radio, dan lainnya, saat ini sering ditampilkan sebagai ilmu yang seolah-olah netral dari nilai. Dengan menguasai kecanggihan ilmu komunikasi maka dapat dibangun sebuah realitas pencitraan yang berbeda dari kenyataannya sehingga publik dapat termotivasi, terdoktrin, terteror dan sebagainya tergantung digunakan untuk apa. "Inilah tantangan yang kita hadapi. Kemajuan ilmu komunikasi, di tengah globalisasi dan pasar bebas, yang dimanfaatkan untuk mengeksploitasi masyarakat demi kepentingan tertentu. Ilmu Komunikasi seolah-olah netral," ujar Menko PMK.

Atas dasar itu, pada Pembukaan Festival Komunikasi Universitas Pancasila, Menko PMK mengajak semua pihak untuk ikut bergotong royong mempercepat kemajuan Indonesia dengan membangun praktik dan budaya yang bermartabat, beretos kerja, dan berjiwa gotong royong. "Jadikanlah pengabdian ilmu komunikasi untuk mempercepat kemajuan Indonesia," pintanya.

Dikatakannya, Festival Komunikasi Universitas Pancasila sangat penting untuk mendorong kreatifitas dan produktivitas para insan muda yang menggeluti bidang komunikasi. "Untuk itu, saya berharap Festival Komunikasi ini dapat menjadi wahana untuk menampilkan karya dan kreativitas para mahasiswa Ilmu Komunikasi serta mendorong prestasi, menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan, serta sebagai media untuk menerapkan knowledge dan skill yang dimiliki," katanya.

Saat ini, menurutnya, industri kreatif yang sedang dan pesat berkembang adalah dalam bidang komunikasi khususnya dengan kemajuan perkembangan teknologi informasi komunikasi. Oleh karena itu, ajang festival seperti ini patut mendapatkan apresiasi karena dapat menciptkan entrepreneur baru dan lapangan kerja baru.

Setelah membacakan sambutannya, Menko PMK yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Kependudukan Kemenko PMK  secara resmi membuka Festival Komunikasi Universitas Pancasila. Festival yang merupakan forum komunikasi dan kompetisi ilmiah ini digelar untuk memperingati 10 tahun berdirinya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila Jakarta. PS

Categories: