Oleh humas on October 08, 2019

Foto : 

  • Anggun Wahyu P

Jakarta (08/10) - Mewakili Deputi Koordinasi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Pagi ini, Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia, Ade Rustama, membuka sekaligus memberikan arahan dalam acara lokakarya memperingati hari lanjut usia internasional "The Journey of Age Quality" Di Ruang Heritage, Kemenko PMK, Jakarta. 

Dalam arahannya, Ade menjelaskan bahwa tema the journey of Age quality sejalan dengan visi pemerintah dalam strategi kelanjutusiaan untuk mewujudkan lanjut usia yang sejahtera dan bermartabat. 

"Kita patut bersyukur karena kegiatan ini diinisiasi berbagai organisasi dan tentunya menjadi hal yang baik, karena organisasi ini memiliki konsen dan perhatian sensitifasi isu-isu kelanjutusiaan,” ujar Ade. 

Lebih lanjut, Ade menjelaskan bahwa kegiatan hari ini merupakan sensitifikasi isu-isu lanjut usia, mengingat dari tahun ke tahun di Indonesia jumlah lansia semakin meningkat. Tantangan pemerintah pada lansia, tentunya bagaimana lansia bisa tetap sehat, aktif dan mandiri. Konsep penuaan aktif harus dimaknai, bagaimana memberikan perhatian optimal agar para lansia selain tidak mudah terpapar penyakit tentu harapanya memiliki kemampuan kognitif yang bagus, dan kapasitas fungsional yang tidak terganggu, sehingga dapat menjalani hidup dengan sehat dan mandiri. 

"Isu ini harus menjadi isu semua kelompok umur dengan mempersiapkan menjadikan lansia menua secara aktif, sehat, tangguh, terlindungi, dan menjadikan orang tua sebagai raja di usia lanjutnya,” tambah Ade.

Selanjutnya, Ade menjelaskan, ada Beberapa isu penting dalam melihat kebijakan kelanjutusiaan yang tepat bagi Indonesia. Pertama, harus diakui bahwa kebijakan kelanjutusiaan harus dinamis dan mudah beradaptasi dengan kondisi baru. Kedua, sebagian besar perawatan dan sumber daya yang disediakan lansia di Indonesia, terutama berasal dari keluarga mereka sendiri dan sebagian besar lansia Indonesia lebih memilih menerima perawatan dari anggota keluarga sendiri. Ketiga, berkaitan dengan perkembangan sistem jaminan sosial nasional yang dapat memberikan manfaat bagi lanjut usia Indonesia. 

Setelah paparan dari Ade Rustama, dilanjutkan dengan diskusi dengan menghadirkan narasumber Mantan Komisioner Komnas HAM, Zumrotin da Yakkum Emergency Unit, Sari Mutia Timur.

Reporter: 

  • Anggun Wahyu P

Editor: 

  • Siti Badriyah