Kependudukan dan KB

Oleh humas on October 15, 2019

Jakarta (15/10) – Penyelenggaraan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan kependudukan (KKBPK) di daerah masih kurang optimal, salah satunya ditenggarai masih belum efektifnya advokasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE). Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto didampingi oleh Asdep Bidang Kependudukan dan KB, Kemenko PMK, Imam Pasli, pagi ini membuka pertemuan KSP kebijakan Advokasi-KIE tentang Program KKBPK ke seluruh wilayah dan kelompok di Jakarta.

Oleh humas on September 30, 2019

Jakarta (30/9) -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan  Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto memberikan arahan  dalam rapat koordinasi Peningkatan Pembinaan Peserta  Keluarga Berencana (KB). Rapat diselenggarakan di Harris  Vertuu Hotel, Jakarta, Senin (30/9).

Mengawali arahannya, Agus mengingatkan bahwa program KB  merupakan investasi mendalam dan jangka panjang dalam jangka membangun perekonomi Indonesia, sebab dimensi  dari  KB adalah membangun orangnya atau manusianya. 

Oleh humas on September 13, 2019

Tangerang Selatan (12/09) – “ Saya mengapresiasi Koalisi Kependudukan Indonesia sebagai lumbung pikir yang secara konsisten terus memperjuangkan pembangunan berwawasan kependudukan di seluruh pelosok negeri. Memastikan bahwa pembangunan didasarkan pada situasi kependudukan yang ada serta menempatkan penduduk sebagai subyek dan obyek pembangunan “. Demikian sambutan Menko PMK saat dibacakan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Agus Sandjojo, saat membuka Musyawarah Nasional IV koalisi Kependudukan Nasional 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Oleh humas on August 27, 2019

Malang (27/8) - Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Sonny Harry B. Harmadi memberikan sambutan pembukaan di Universitas Brawijaya, Malang dalam rangka Aksi Nyata Gerakan Revolusi Mental dalam Pembangunan Manusia Inklusi yang  mengangkat tema "Menuju Indonesia Inklusif, Setara, Semartabat". 

Sonny menyampaikan, bahwa salah satu visi yang ingin diwujudkan dalam visi Indonesia 2045 tentang masyarakat yang inklusif adalah terwujudnya akses terhadap keadilan, partisipasi dalam penyusunan kebijakan, serta pengentasan kesenjangan sosial.

Oleh humas on August 21, 2019

Jakarta (21/8) - Saat ini, kita berada dalam lingkungan jaman yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahun, teknologi, inovasi, dan kreatifitas yang sangat dinamis.  Penentu kemajuan tersebut, bertumpu pada kualitas sumber daya manusia Indonesia . Apalagi sekitar tahun 2030 Indonesia akan mengalami bonus demografi, apabila kita tidak menyiapkan SDM unggul, maka bonus demografi akan menjadi beban pembangunan.

Oleh humas on April 29, 2019

Jakarta (26/4) -- Staf Ahli Menteri Bidang Sustainable Development Goals (SDGs) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Ghafur Dharmaputra mengadakan rapat terkait kajian pembangunan Sumber Daya Manusia. Sesuai dengan arahan Presiden RI, bahwasanya tahun 2019 – 2024 kita membangun sumber daya manusia guna menyiapkan bonus demografi yang akan diterima oleh Indonesia.

Oleh humaspmk on July 06, 2018

Manado (06/07)--- Pemerintah kembali mewujudkan apresiasinya kepada para individu, keluarga, tokoh masyarakat, mitra kerja, maupun kepala daerah yang dinilai telah menunjukkan komitmen dan dukungan, serta berjasa dalam program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) di wilayahnya. Mereka yang dinilai berhasil itu sebelumnya mendapatkan penilaian yang meliputi dua aspek yaitu aspek dukungan komitmen dan aspek capaian program KKBPK, serta telah melalui proses peninjauan lapangan dari tim Sekretariat Militer Kepresidenan dan BKKBN.

Oleh humaspmk on May 21, 2018

Menko PMK menerima audiensi BKKBN dalam Rangka Persiapan Penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018 yang rencananya akan diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, Juli mendatang. Audiensi dilakukan di Ruang Rapat Menko PMK, Senin (21/5).

Oleh humaspmk on November 28, 2017

Yogyakarta (28/11) – Menko PMK Puan Maharani, selasa pagi membuka “14th International Inter Ministerial Conference On Population And Development 2017” di Hotel Hyatt Yogyakarta. Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan dampak urbanisasi.  

Oleh humaspmk on October 30, 2017

Jakarta (30/10) --Staf Ahli Bidang Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sonny Harry Harmadi, pagi hari ini membuka rapat persiapan Partner in Population and Development (PPD) annual meeting 2017. Rapat yang diselenggarakan di Hotel Four Point Jakarta itu membahas dua hal utama di antaranya persiapan PPD annual meeting 2017 dan draft Deklarasi Yogyakarta. "Pertemuan hari ini salah satunya dilaksanakan guna membahas sejauh mana persiapan PPD annual meeting 2017 di Yogyakarta nanti," jelas Sonny. 

Oleh humaspmk on October 21, 2017

Jakarta (21/10) – Keluarga menjadi wahana pertama dan utama dalam pembangunan karakter bangsa. Pembentukan perilaku yang berbudi pekerti, memiliki semangat pantang menyerah, dan berjiwa gotong royong, dimulai dari keluarga. Demikian dikatakan oleh Menko PMK Puan Maharani dalam Festival Keluarga Maslahah dan Rakornas Lembaga LKK PBNU di Hotel Aryaduta Jakarta. 

Oleh humaspmk on October 13, 2017

Jakarta (12/10)--- Asisten Deputi Kependudukan dan KB pada Kedeputian bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Imam Pasli, (tengah) memimpin rapat koordinasi untuk membahas perumusan draf buku pedoman operasional integrasi program pembangunan lintas sektor dalam Kampung KB di ruang rapat lt.2 gedung Kemenko PMK, Jakarta, Kamis pagi kemarin. (*)

Oleh humaspmk on October 12, 2017

Jakarta (12/10) – Asisten Deputi (Asdep) Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, Kemenko PMK, Marwan Syaukani memimpin rapat koordinasi (rakor) Perlindungan Anak dari NAPZA dan Penyalahgunaan Obat di ruang rapat Lt.6 Kemenko PMK, Jakarta. Hadir dalam rapat tersebut perwakilan BNN, BPOM, Kepolisian serta instansi terkait.

Oleh humaspmk on October 11, 2017

Muna (10/10)--- Ekspedisi NKRI yang di dalamnya termasuk ekspedisi Bhakti PMK ini merupakan janji presiden Joko Widodo untuk membangun dari pinggiran. Daerah kepulauan dan perbatasan diyakini menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia di masa depan.

"Ekspedisi NKRI ini pernah dilakukan di Sabang dan terakhir akan ditutup di Merauke" ungkap Staf Ahli Menko PMK Sonny Harry B Harmandi saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Muna, di Raha, Selasa Malam (10/10).

Oleh humaspmk on October 11, 2017

Raha (10/10) Kedatangan Tim ekspedisi Bhakti PMK 2017 bersama KRI Banjarmasin-592 Dermaga Nusantara Raha, Selasa (10/10) di sambut meriah oleh masyarakat Muna. Bupati dan jajaran secara langsung menyambut rombongan peserta yang dipimpin oleh Staf Ahli Menko PMK , Sonny Harry B Harmandi.

Oleh humaspmk on September 25, 2017

Jakarta (25/09)-- Rendahnya capaian medali yang diraih kontingen Indonesia pada ajang Sea Games 2017 Kuala Lumpur, Agustus lalu, menurut hasil evaluasi Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) bersama Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), salah satunya disebabkan oleh rumitnya birokrasi keuangan untuk atlet dan ofisial. Kerumitan prosedur keuangan itu, membuat proses pembiayaan kontingen Indonesia di Sea Games di Kuala Lumpur terhambat. Uang saku atlet terlambat, pengadaan fasilitas latihan tersendat, dan berakibat konsentrasi atlet terganggu.

Oleh humaspmk on August 07, 2017

Jakarta (07/08)--- Untuk mengetahui perkembangan Program Kampung KB secara langsung, Staf Ahli Bidang Kependudukan Kemenko PMK, Sonny HB   Harmadi, melakukan kunjungan lapangan (monitoring) dan berdialog langsung dengan masyarakat serta pemangku kepentingan Kampung KB di Kabupaten Gorontalo, Sabtu lalu (29/07). Lokasi pelaksanaan monitoring tepatnya di Kampung KB Harapan, Desa Motinelo, Kec Tabongo, Kab Gorontalo.

Oleh humaspmk on July 15, 2017

Bandar Lampung(15/07)—Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menekankan pentingnya arti keluarga dalam kehidupan pada puncak peringatan hari keluarga nasional (HARGANAS) XXIV di Provinsi Lampung. “Peringatan hari keluarga nasional menjadi wadah untuk mengingattkan kembali akan pentingnya arti keluarga bagi kita semua," tutur Menko PMK saat memberikan sambutan.  

Oleh humaspmk on July 11, 2017

Jakarta (11/7) – Memperingati Hari Kependudukan Dunia 2017 yang jatuh pada 11 Juli setiap tahunnya, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Diskusi Hari Kependudukan 2017 yang mengangkat tema “Demografi Indonesia: Masa Depan yang Diinginkan” di Gedung Bappenas, Selasa pagi.

Oleh humaspmk on July 03, 2017

Jakarta (03/07)--- Staf Ahli Bidang Kependudukan Kemenko PMK, Sonny Hary B Harmadi; bersama Staf Ahli Bidang UKM, Ekonomi Kreatif, dan Ketenagakerjaan Kemenko PMK, Sidqy Lego P Suyitno; pada tanggal 19 dan 20 Juni 2017 lalu melakukan kunjungan lapangan (monitoring) dan berdialog langsung dengan masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya untuk mengetahui secara langsung tentang perkembangan pelaksanaan Program Kampung KB di dua kabuoaten di Sulawesi Selatan.

Oleh humaspmk on June 29, 2017

NARASI TUNGGAL

Jakarta -- Setelah 24 tahun, peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) akhirnya kembali ke rumahnya, Lampung. Dalam sejarahnya, Hari Keluarga Nasional pertama kali dicetuskan pada tahun 1993 di Provinsi Lampung. Dan, pada tahun ini, Hari Keluarga Nasional akan kembali diperingati di Provinsi Lampung pada tanggal 29 Juni. Untuk peringatan tahun ini, HARGANAS akan mengambil tema, “Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan.”

Oleh humaspmk on June 16, 2017

Jakarta (16/06) – Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2017 sudah di depan mata. Bulan Juli nanti, Harganas 2017 akan diselenggarakan di Pringsewu, Provinsi Lampung. Terkait dengan hal tersebut, hari ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menerima audiensi Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty di ruang rapat lantai 1 Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humaspmk on March 02, 2017

Jakarta (02/03)--- Kepemilikan akte kelahiran merupakan salah satu bukti telah terpenuhinya hak anak berupa hak terhadap identitas diri. Semua anak harus didaftarkan segera setelah kelahirannya sehingga dapat menjamin kepastian hukum terkait nama, kewarganegaraan, asal usul, dan usia.

Oleh humaspmk on February 07, 2017

Jakarta (07/02) – Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Sigit Priohutomo, hadir dan memberikan keynote speech dalam Rakornas Kependudukan, Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga (RKP) Tahun 2017.

Oleh humaspmk on December 30, 2016

Jakarta (30/12) – Deputi bidang  Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Sigit Priohutomo, pagi ini memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) tindak lanjut UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah di Ruang Rapat lt. 3 Kemenko PMK, Jakarta. Turut hadir dalam rakornis ini Sekretaris Utama (Setama) BKKBN, Nofrijal; dan perwakilan dari K/L terkait seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Hukum dan HAM.

Pages

Subscribe to RSS - Kependudukan dan KB