Oleh humas on October 18, 2019

Foto : 

  • Deputi 5

Bandung (18/10) – Kemenko PMK bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah Bengkulu, dan pemangku kepentingan lainnya meninjau proses pembuatan patung Hj. Fatmawati Soekarno pada 30 September lalu.  Patung yang kelak akan menjadi ikon kota Bengkulu tersebut telah selesai 100% pembuatannya. 

Peninjauan Patung Hj. Fatmawati Soekarno dilakukan , Asisten Deputi Warisan Budaya, Pamuji Lestari mewakili Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK di  Galeri Nyoman Nuarta di Kota Bandung, Jawa Barat. Pada kesempatan itu, Pamuji menjelaskan, peninjauan proses pembuatan patung Hj. Fatmawati Soekarno dilakukan sebagai upaya menindaklanjuti surat Gubernur Bengkulu tentang Usulan Pembangunan patung Pahlawan Fatmawati Soekarno yang ditujukan ke Kementerian Sosial dan ditembuskan kepada Kemenko PMK. “Kami sangat bersyukur dan mengapresiasi proses pembuatan Patung yang sudah selesai 100%. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu merealisasikan patung Fatmawati Soekarno ini,” ujarnya. 

Menurutnya, patung tersebut bukan hanya sebatas ikon Kota Bengkulu, melainkan upaya mengenang jasa Beliau sebagai Ibu Negara sekaligus upaya memelihara memori kolektif bangsa Indonesia. “Hj. Fatmawati Soekarno bukan hanya sekedar menjahit bendera. Butuh waktu sekitar 1,5 tahun bagi Beliau untuk menyelesaikan desain dan menyiapkan dengan matang agar Sang Saka Merah Putih berukuran 266 x 200 cm tersebut memiliki makna yang mendalam,” sebutnya.

Sebagai informasi, Hj. Fatmawati Soekarno merupakan salah satu Pahlawan Nasional. Berkat jasanya dalam merangkai untaian benang dan menjahit Sang Saka Merah Putih untuk dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 serta senantiasa mendampingi Presiden Soekarno dalam masa awal berdirinya Republik Indonesia, Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan berupa Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 118/TK/2000 tanggal 4 Nopember 2000 oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Rencananya patung Hj. Fatmawati Soekarno akan diletakkan di Simpang Lima Kota Bengkulu sebagai salah satu ikon Kota Bengkulu. Saat ini pengerjaan taman dan fondasi patung Fatmawati Soekarno di Simpang Lima, Kata Bengkulu sedang dalam proses penyelesaian. Peresmian Patung Hj. Fatmawati Soekarno di Kota Bengkulu rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2020 sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Kelahiran Hj. Fatmawati Soekarno.

Foto: Saifullah Asad El Bihar
Reporter: Usman Manor

Kategori: 

Reporter: 

  • Deputi 5

Editor: 

  • Ponco Suharyanto