Oleh humas on November 06, 2017

Jakarta (06/11) --  Kedeputian bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, hari ini menerima kunjungan kerja Komisi C DPRD Kab Jepara di Ruang Rapat Lantai 5 Kemenko PMK, Jakarta. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk mengetahui upaya pembinaan dan pengembangan prestasi atlet serta peningkatan sarana dan prasarana olahraga pada umumnya, terutama di Kab Jepara. Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jepara, Sunarto, ini  diterima oleh Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida. Pada pertemuan ini, Nyoman menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi yang dijalankan Kemenko PMK sebagai salah satu kementerian koordinator.  Nyoman juga turut menjelaskan arah kebijakan dan strategi pemerintah dalam bidang keolahragaan yang telah termuat pada RPJMN 2015-2019.

“Berdasarkan  RPJMN 2015-2019, sasaran pembangunan bidang keolahragaan adalah meningkatnya budaya dan prestasi olahraga di tingkat regional dan internasional, yang ditandai dengan meningkatnya penduduk usia 10 th keatas yang berolahraga, posisi papan atas pada SEA GAMES dan ASEAN PARA GAMES 2015 dan 2017, dan meningkatnya perolehan medali pada ASIAN GAMES (AG) dan ASIAN PARA GAMES (APG) 2018,” jelas Nyoman.

Tambahnya lagi, pemerintah saat ini sedang gencar melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga yang ada di Indonesia, salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga. Pada Perpres ini, ruang lingkup peningkatan prestasi olahraga nasional meliputi pengembangan bakat calon atlet berprestasi, seleksi calon atlet berprestasi dan calon pelatih atlet berprestasi, pelatihan performa tinggi atlet berprestasi, pembinaan kehidupan sosial atlet berprestasi, pembiayaan, hingga pengawasan dan pelaporan.

Dalam pandangannya, Nyoman menilai bahwa pemilihan cabang olahraga prioritas di masing-masing daerah menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam mendukung pelaksanaan Perpres No 95 Tahun 2017 tentang peningkatan prestasi olahraga. Pemilihan cabang olahraga prioritas ini dapat disesuaikan dengan kondisi geografis dan karakteristik masyarakat di masing-masing daerah tersebut. Pada kesempatan itu, Nyoman juga mengharapkan masing-masing daerah khususnya Kabupaten Jepara ini dapat semaksimal mungkin memanfaatkan dana desa yang diberikan pemerintah untuk mendukung peningkatan  prestasi atlet serta sarana prasarana olahraga di daerahnya. (rhm)