Oleh humas2 on February 17, 2017

Jakarta (17/02) -- Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Seskemenko PMK), Y. B Satya Sananugraha membuka rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan People-to-People Exchange Mechanism (PEM) ke-3 RI-RRT di ruang rapat lantai 6, Kemenko PMK, Jakarta. "Rakor ini dilaksanakan untuk membahas persiapan pelaksanaan PEM ke-3 RI-RRT tahun 2017 ini,"kata Seskemenko PMK saat membuka rakor.

Rakor yang selanjutnya dipimpin oleh Asdep Pendidikan Tinggi dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemenko PMK, Asril Umar ini membahas tiga agenda utama yaitu : 1. Pembahasan pelaksanaan kesepakatan kerja sama RI - RRT dalam PEM 1 dan 2; 2. Pembahasan Kerja sama yang akan diusulkan dalam PEM ke-3; dan 3. Pembahasan Agenda PEM ke-3.

Pada kesempatan ini, asril meminta kepada setiap peserta yang hadir untuk melaporkan progress kerjasama yang telah dilakukan masing-masing K/L dalam PEM 1 dan PEM 2. Sejumlah kerjasama yang telah dilakukan diantaranya pemberian beasiswa pendidikan yang terjalin antara RI-RRT melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pembangunan industri perfilman yang dijalankan oleh Badan Ekononomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Pemerintah juga tengah merencanakan pembangunan pusat kebudayaan di kedua Negara. "Melalui PEM ini, sejumlah kerjasama yg telah dan akan dilakukan perlu melibatkan peran Kemlu agar semuanya melalui satu pintu" jelas Asril.

Asril turut meminta agar semua kerjasama yang akan dilaksanakan ini memperhatikan hukum yang berlaku di kedua negara. Rakor pagi ini menghasilkan kesimpulan berupa penentuan waktu pelaksanaan yg masih perlu pertimbangan dan akan didiskusikan pada pertemuan berikutnya,  Status usulan program PEM ke-3 saat ini masih dalam proses penyiapan kedua belah pihak baik Indonesia maupun RRT,  dan Penentuan lokasi PEM ke-3 yang sementara ini masih berpegang pada dua lokasi yang sudah diusulkan pada rakor sebelumnya. Turut hadir dalam rakor kali ini, perwakilan dari K/L terkait seperti Kementerian Luar Negeri; Kementerian Kesehatan; Kementerian Pariwisata; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi;Bekraf; serta beberapa pegawai lingkup Kemenko PMK.

Categories: