Oleh humas2 on April 06, 2017

Jakarta (06/04)—Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau 'Gemarikan' merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan. Pencanangan Gemarikan merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang kuat, sehat, dan cerdas. Pemerintah, melalui Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, telah menjalin kerjasama dengan organisasi mitra Gemarikan antara lain: Kementerian/Lembaga terkait, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN), serta organisasi masyarakat lainnya, guna terus meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan.

Pagi ini, bertempat di Ballrom Tuna, Gedung Mina Bahari 4 lt. 15, Kantor Kementerian Kelatuan dan Perikanan, digelar rapat koordinasi nasional forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan).  Thema dari rakor ini adalah "Sinergisitas Program Peningkatan Konsumsi Ikan untuk Mewujudkan Generasi yang Sehat, Cerdas, dan Berdaya Saing." Acara diawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama baru antara Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dengan organisasi mitra Gemarikan. Dalam kesempatan ini Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK, I Nyoman Shuida, juga turut melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan KKP sebagai komitmennya untuk siap mendukung Gemarikan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di Kemenko PMK dan mensosialisasikannya.

Beberapa point rumusan hasil rakor ini dari paparan para narasumber dapat disimpulkan bahwa, FORIKAN memiliki peran yg stategis dlm mewujudkan visi laut sebagai masa depan bangsa untuk mendorong masyarakat mengonsumsi ikan, serta dapat mendorong sektor industri dalam produksi ikan. Saat ini FORIKAN sudah terbentuk di 34 provinsi di Indonesia. Selanjutnya,  dalam langka harmonisasi diperlukan sinergisitas antar K/L Pusat maupun Daerah, serta melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam mempromosikan Gemarikan baik melalui sosialisai maupun melalui media sosial. Program Gemarikan ini juga dapat mendukung program Germas dari Kemenkes yang salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi yaitu ikan. Terdapat  tiga program utama dari FORIKAN di tahun 2017 untuk Gemarikan yaitu, fish for baby, fish for school, dan yang ketiga adalah Harkanas 21 November 2017 ikan dan rumput laut. FORIKAN saat ini berkomitemen untuk menyukseskan Hari Ikan Nasional ke-4 yang akan berlangsung pada November 2017 mendatang.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Kantor Staf Presiden, Teten Masduki dan istri; para istri dari Gubernur: Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan Para Pejabat eselon l dan ll KKP, Ketua FORIKAN seluruh Indonesia, Perwakilan dari Kemenkes, K/L di tingkat pusat maupun daerah, Perwakilan dari Kemenkumham serta undangan lainnya. (fin)

Categories: