Oleh humas on August 21, 2018

Jakarta (21/8) -- Asisten Deputi (Asdep) Bidang PAUD, Dikdas dan Dikmas Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri memimpin Rapat Koordinasi Teksis (Rakornis) Perisapan Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) PAUD dan Pendidikan Kesetaraan tahun 2019.Rakornis dilaksanakan di Hotel Oria, Jakarat (20/8) dan dihadiri oleh Kementerian/Lembaga terkait. 

Menurut Femmy, pelaksanaan rakornis ini dalam rangka melaksanakan fungsi koordinasi, singkronisasi dan pengendalian (KSP) Kemenko PMK dalam  mempersiapkan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pra Sekolaha, dan Pendidikan Kesetaraan. 

Dalam arahannya, Femmy juga menyampaikan bahwa SPM adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu layanan dasar yang menjadi urusan wajib pemerintah dan berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal."yang dimaksud pelayanan dasar adalah pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan dasar warga negara,"jelasnya.

Jenis Pelayanan tersebut, lanjut Femmy mencakup pelayanan dalam rangka penyediaan barang atau jasa terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. "Adapaun yang wajib menerapakan SPM adalah pemerintah daerah,"tegasnya.

Penerapan SPM yang dimaksud, menurut Femy harus dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, penghitungan kebutuhan, penyusunan rencana dan pelaksanaan pemenuhan pelayanan dasar."Untuk itulah kita berkumpul pada pagi ini untuk menkoordinasikan hal-hal yang terkait dengan siapa mengerjakan apa?"ungkapnya.

Categories: