Oleh humas on February 13, 2018

Jakarta (13/02)- Capaian-capaian indikator makro di bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan (PMK) yakni indeks pembangunan manusia (IPM), tingkat kemiskinan, gini ratio mengalami tren perbaikan. Namun perbaikan yang ada belum signifikan. Untuk itu diperlukan terobosan dari sisi program/ kegiatan sehingga target-target dalam RPJMN 2015-2019 dapat tercapai.

Sekretaris Kemenko PMK, YB Satya Sananugraha, dalam sambutannya saat memberikan arahan pada acara diskusi “Konsolidasi Program/Kegiatan Bidang PMK” di Ruang Rapat Lt 7, kantor Kemenko PMk,  berharap melalui kegiatan ini tugas koordinasi, singkronisasi dan pengendalian (KSP) di lingkup koordinasi Kemenko PMK dapat berjalan lebih baik lagi.

“Semua peserta saya harapkan antusias mengikuti kegiatan ini. Sehingga permasalahan yang ada dapat diperoleh solusinya. Silakan ungkapkan dan berani  bertanya jika memang ada yang belum dipahami,” pesan Sesmenko.

Sementara itu, Kepala biro perencanaan Kemenko PMK, Yohan dalam pengantarnya menyampaikan bahwa Kemenko PMK sesuai dengan tugas dan fungsinya, yaitu koordinasi, singkronisasi, pengendalian (KSP), maka perlu melakukan konsolidasi dari mulai tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan agar target-target khususnya di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan dapat tercapai.

Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019, tambahnya, mengambil tema ‘Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas’ dengan 5 prioritas nasional yaitu pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar. Pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri, dan jasa produktif. Pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air serta stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

“Dari 5 prioritas nasional, memang tidak semuanya berhubungan langsung dengan program/kegiatan dalam lingkup tugas kemenko PMK,” ungkapnya

Oleh karenya, Yohan, berharap usai kegiatan ini kementerian /lembaga dapat melakukan indentifikasi dan kegiatan berdasarkan evaluasi program 2017 dan rancangan RKP 2019. Unit kerja teknis Kemenko PMK akan berkordinasi lebih mendalam dengan kementerian/lembaga mitranya, terkait program, kegiatan dan proyek prioritas nasional dan rancangan awal RKP 2019.

“Kami mohon setiap triwulan dapat melaporkan capaian kinerja program dan realisasi anggaranK/L dilingkup Kemenko PMK serta sharing data informasi terkait program dan kegiatan di bidang PMK tahun anggaran 2018. Sehingga upaya efetifitas KSP dapat tercapai,” harapnya.

Categories: