Oleh humas on July 12, 2018

Jakarta (12/07)—Bertempat di Hotel Grand Mecure Jakarta, Pagi ini Kemenko PMK mengadakan Rakor Tematik Komoditas Kelautan dan Perikanan. Rakor didahului oleh pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Rakor dibuka oleh pegantar dari Sonny Harry B. Harmadi selaku Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK. Dalam pengantarnya Sonny menjelaskan tujuan pelaksanaan rakor tsb.

“Rakor ini didorong atas semakin mendesaknya waktu pelaksanaan implementasi program kegiatan dalam capain RPJMN 2015-2019 untuk pengembangan ekonomi kawasan mendorong pusat pertumbuhan dan keterkaitan desa-kota’’. Jelas Sonny.

Selain itu Sonny juga menyampaikan beberapa masalah yang menjadi isu bersama.

“Ada beberapa masalah yang menjadi isu bersama kita yaitu Program dan Anggaran untuk program prioritas peningkatan keterkaitan desa-kota telah ada dalam Rencana Kerja Pemerintah beserta K/L, namun tidak sepenuhnya program tersebut dipergunakan di Lokasi KPPN (Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional), Belum optimalnya peran dan intervensi K/L mengisi KPPN sesuai masterplan, Belum adanya lembaga yang ditunjuk sebagai pengelola kawasan pedesaan”, Papar Sonny.

Diakhir pengantarnya Sonny berharap rakor ini dapat menghasilkan sinergi implementasi program dan kegiatan K/L untuk percepatan pembangunan KPPN komoditi kelautan dan perikanan, kemudian dapat tersusunnya strategi/terobosan dalam pembangunan KPPN komoditi kelautan dan perikanan.

Didalam rakor ini juga dilaksanakan diskusi kelompok. Hasil dari diskusi kelompok tersebut yaitu Bantuan KKP dapat diberikan kepada Kelompok berbadan hukum, Usulan proposal ditujukkan kepada Menteri KKP dengan tembusan UPT Dinas Perikanan Kab dan Dinas Perikanan Prov. Dinas ini diperlukan untuk verifikasi proposal, Kebutuhan intervensi program dapat diusulkan oleh Dinas Perikanan Kab kepada Menteri KKP dengan tembusan Dinas Perikanan Prov, Kebutuhan intervensi program dapat dipenuhi melalui DAK (Dana Alokasi Khusus) bid. Perikanan, Dinas Perikanan harus berkoordinasi dengan Bappeda kab untuk mengalokasikan DAK di lokasi KPPN, Informasi Juknis bantuan program KKP dapat di akses di http://kkp.go.id/page/144-juknis-bantuan-pemerintah, Daftar penerima bantuan program KKP dapat di akses di http://kkp.go.id/kategori/203-Bantuan-Langsung-Pemerintah, Surat dari Kemenko PMK untuk matriks disampaikan kepada unit teknis dan Sesditjen KL terkait,  KKP mendukung pembangunan kawasan perdesaan prioritas nasional.

Rakor dihadiri oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementarian PDTT, Kementerian ATR/BPN, K/L terkait, dll.

Categories: