Oleh humas2 on March 14, 2017

Jakarta (14/03) - Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak  Kemenko PMK hari ini menggelar Rapat Koordinasi Tentang Anak Jalanan. Anak Jalanan adalah anak yang melakukan aktivitas ekonomi dan/atau aktivitas lainnya di jalan secara langsung, termasuk didalamnya balita yang dimanfaatkan.

Anak jalanan memiliki berbagai gambaran situasi buruk, seperti gangguan kesehatan, tidak mengenyam pendidikan, putus sekolah, kekerasan fisik, psikis, dan seksual yang mereka alami, kecanduan rokok, alkohol, hingga narkoba, perilaku seks bebas, rawannya tindak kejahatan, dieksploitasi, hingga tidak mempunyai identitas.

Tahun ini, akan dideklarasikan Indonesia Bebas Anak Jalanan (IBAJ) 2017. Bebas anak jalanan adalah situasi dimana anak tidak lagi beraktifitas ekonomi dan aktifitas lainnya di jalanan secara langsung karena tersedianya sistem yg mampu melakukan penjangkauan, pendampingan dan pembinaan serta pengentasan anak di jalanan.

Kementerian/lembaga, pemda, iNGO, NGO, dan dunia usaha secara bersama-sama akan berupaya untuk dapat memberikan perlindungan bagi anak-anak jalanan. Mengkoordinasikan program antara K/L terkait penanganan Anak Jalanan. Kemenko PMK, dalam hal ini akan mengkoordinasikan penyiapan sistem penanganan anak jalanan dan keluarganya di tingkat provinsi dan Kabupaten Kota bersama Kemendagri.

Target IBAJ 2017 adalah tersedianya sistem yg mampu melakukan penjangkauan, pendampingan dan pembinaan serta pengentasan anak di jalanan, workshop/seminar/lokakarya, pemberian akta kelahiran, pemetaan Anjal di 26 Kota, aksi  Pelayanan, Pengawasan, Pengendalian, dan Pengawasan Sosial di 26 Kota, dan Kampanye Sosial “Anjal Kembali ke Desa” di Kota Malang.

Pada tanggal 23 Maret 2017, Peringatan Hari Anak Jalanan 2017 akan diselenggarakan dengan salah satu agendanya adalah pembagian akte kelahiran pada anak-anak jalanan. Salah satu organisasi pelindung hak anak-anak, Plan International, dari tahun 2014 hingga tahun ini menargetkan akan membantu mencatat dan menyerahkan 1.700 akte kelahiran bagi para anak jalanan. (olv)

Categories: